Berita Kesehatan

Yuk! Cari Tahu Apa Itu Betahistine dan Info Seputar Obat di SehatQ.com

 

Beberapa merek obat Betahistine di Indonesia berfungsi mengobati penyakit Meniere yang mengakibatkan tekanan cairan berlebihan di telinga bagian dalam. Penyakit ini membuat penderitanya merasakan vertigo, telinga berdenging, serta gangguan pendengaran, berikut ini ulasan singkat mengenai obat telinga ini.

Deskripsi Obat

Termasuk obat golongan analog histamin, Betahistine mengurangi tekanan serta memperbaiki sirkulasi darah lewat pembuluh kecil arteriol, kapiler, dan venula. Sirkulasi tersebut dinamakan mikrosirkulasi.

Jika tekanan di bagian dalam telinga berkurang, maka gejala penyakit Meniere dapat mereda. Obat resep berbentuk tablet ini dikonsumsi oleh orang dewasa dan disesuaikan petunjuk dokter.

Karena, dosis obat setiap orang berbeda-beda, sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter. Agar obat yang dikonsumsi tetap aman, dan mencegah hal yang tidak diinginkan.

Efek Samping

Ketika Anda mengonsumsi obat, belum tentu merasakan efek samping. Tetapi, jika terjadi efek samping yang sangat mengganggu atau buruk setelah meminum, maka segera hubungi dokter.

Berikut ini, efek samping yang dapat terjadi setelah mengonsumsi obat telinga ini secara umum, sebagai berikut.

1. Mual

Selain mual, efek samping lainnya yang dapat terjadi adalah sakit perut ringan, atau perut kembung. Sebaiknya, obat ini dikonsumsi setelah makan, serta hindari makanan pedas atau yang rasanya kuat, agar rasa mual berkurang. Tetapi, Anda harus mengunjungi dokter, jika gejala seperti ini terus terjadi secara berkepanjangan.

2. Sakit Kepala

Setelah ini meminum obat telinga ini, pastikan tubuh beristirahat, lalu konsumsi banyak air putih dan hindari alkohol. Bisa juga meminum obat penghilang rasa sakit setiap hari, contohnya seperti konsumsi paracetamol.

Jika sakit kepala terjadi lebih dari satu pekan atau bertambah parah, maka segera konsultasi dengan dokter.

3. Pencernaan Terganggu

Efek samping dari obat ini bisa membuat pencernaan terganggu, karena itu lebih baik dikonsumsi setelah makan. Perlu diingat, ketika Anda mengalami gangguan pencernaan berulang, maka jangan tunda waktu untuk mengunjungi dokter. Namun, gejala ini bisa mereda dengan meminum antasida, tetapi konsultasi ke dokter jangan ditunda.

4. Alergi

Obat telinga ini juga bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit, seperti ruam, meradang, dan gatal. Selain itu, bisa terjadi pembengkakkan di area wajah, lidah, bibir, atau leher.

Perhatian Khusus

Sebelum mengonsumsi obat telinga ini, Anda perlu memberi tahu dokter jika memiliki riwayat penyakit. Anda perlu berhati-hati mengonsumsi obat ini jika sedang mengalami kondisi asma bronkial, biduran, luka pada pencernaan, kehamilan.

Selain itu, orang yang memiliki penyakit jantung dan pembuluh darah, serta luka pada dinding lambung, juga perlu berhati-hati.

Macam-macam Merek Obat di SehatQ.com

Anda bisa mendapatkan info obat telinga yaitu Betahistine di platform SehatQ.com. Salah satu, merek obat di SehatQ.com yang berfungsi untuk mengobati penyakit Meniere adalah Vesitab, yang termasuk obat keras.

Vesitab yang berbentuk tablet ini memiliki zat aktif betahistin mesilat, dengan kelas terapi antivertigo. Klasifikasi obat ini termasuk antihistamin generasi ke-1. SehatQ.com juga menyediakan obat merek Vertigosan yang menjadi obat vertigo dan pusing, dan memiliki kandungan betahistin mesilate.

Penyakit Meniere juga menyebabkan penderitanya mengalami vertigo. Adapun, merek obat lainnya yang beredar di Indonesia yaitu Versyl, Vercure, Versilon, Vastigo, Rotaver, Meristin, Merislon, Kurtigo, dan sebagainya.

Jadi, obat Betahistine termasuk obat tablet yang tergolong keras, sehingga membutuhkan resep dokter sebelum mengonsumsinya. Obat yang beredar di pasaran juga perlu persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Similar Posts