Uncategorized

Wisata Pulau Padar Kembali Dibuka untuk Umum

Kawasan wisata Pulau Padar, Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat ulang diakses bagi wisatawan sesudah di awalnya sempat ditutup sejak 5 Juli dengan alasan pandemi Covid-19.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina dihubungi Antara berasal dari Kupang

“Iya telah diakses ulang sesudah sempat ditutup sepanjang tidak cukup lebih 14 hari gara-gara alasan pandemi Covid-19,” katanya.

Walau telah diakses kembali, wisatawan diharapkan senantiasa mematuhi protokol kebugaran yang telah ditetapkan dengan pada BPOLBF dan juga Balai Taman Nasional (BTN) Komodo itu sendiri ataupun yang ingin tour labuan bajo.

Shana mengatakan, sebagian hal yang dapat jadi perhatian wisatawan adalah kuota masuk per hari ke kawasan Taman Nasional Komodo maksimal 300 orang.

Hal itu gara-gara cuma ada satu jalur trekking yang diakses sepanjang tidak cukup lebih 522 meter.

Selain itu terdapat pula tiga proporsi jam kunjungan bagi wisatawan, yaitu 05.30-07.30 WITA, kemudian 08.00 WITA hingga 10.00 WITA, dan paling akhir adalah 15.00-18.00 WITA.

“Pembagian jam masuk ini punya tujuan untuk mengurangi penumpukan serta wisatawan di kawasan TN Komodo,” ujar dia.

Ia memberikan wisatawan yang tiba di pulau Padar diwajibkan untuk manfaatkan masker atau face shield.

Saat tiba di dermaga kehadiran petugas juga bakal melakukan pengecekan suhu tubuh.
Wisatawan cuma diperbolehkan beraktivitas sepanjang 10 menit di Puncak Padar Selatan dan diimbau supaya senantiasa jaga jarak sekurang-kurangnya sekitar satu meter.

Di tengah pandemi virus corona, perjalanan wisata masih dikategorikan sebagai perjalanan bukan darurat, supaya sebaiknya tidak dilakukan demi menghindar penyebaran dan penularan Covid-19, khususnya di tempat yang masih minim layanan kesehatannya.

Jika hendak melakukan perjalanan antarkota atau antarnegara, jangan lupa menaati protokol kebugaran pencegahan virus corona, dengan mengenakan masker, mencuci tangan, serta merawat jarak fisik antarpengunjung. Jangan singgah pas sakit dan pulang di dalam kondisi sakit.

 

Similar Posts