Uncategorized

Tips Penting Pada Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

20 Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan dan Tipsnya

Mencari pekerjaan selalu diawali dengan usaha. Setiap individual bisa membuat surat lamaran kerja sebaik mungkin agar dapat dibaca dengan seksama oleh HRD. Terdapat tips yang bisa dilakukan ketika menulis surat. Berikut adalah tips penting pada contoh surat lamaran kerja tulis tangan antara lain :

  1. Memperkenalkan kemampuan diri sebaik mungkin

Jikalau sudah siap untuk bekerja maka Anda juga dapat menonjolkan diri. Ketika hendak mengirim surat lamaran kerja, Anda bisa mengisi point di CV berupa kemampuan ekslusif yang bahkan tidak dimiliki oleh pelamar lainnya. Keunikan serta spesialisasi yang Anda miliki akan berpeluang mendapatkan pekerjaan sesuai bidangnya.

 

  1. Menggunakan kata – kata padat, singkat dan jelas

Pemilihan kata menjadi sangat penting untuk surat lamaran kerja. Dianjurkan untuk memakai kata – kata yang padat, singkat dan jelas. HRD ingin bahwa surat lamaran kerja yang diterimanya mudah dibaca dan tidak bertele – tele. Jikalau Anda menggunakan kalimat yang mudah dimengerti maka akan semakin berpeluang besar Anda diterima bekerja. Ini adalah cara terbaik untuk segera mendapatkan pekerjaan.

 

  1. Mencantumkan biodata diri

CV menjadi point yang memiliki peranan besar di dunia pekerja. Perlu diketahui bahwa isi CV pada surat lamaran kerja Anda adalah salah satu cara agar Anda dapat segera dipanggil interview. Biodata diri Anda yang akan menjadikan Anda memiliki peluang diterima bekerja. Seorang HRD akan melihat basic skill, informasi diri serta jenjang sekolah yang sudah Anda tempuh. Apabila semuanya sesuai kriteria perusahaan, maka Anda akan mendapatkan informasi berupa pesan. Informasi ini berupa interview yang akan memiliki jadwal wawancara tersendiri.

 

  1. Memilih bahasa indonesia sebagai bahasa yang baik dan benar

Surat lamaran kerja adalah sebuah pesan tertulis yang bersifat formal. Ketika hendak menulis surat lamaran kerja tulis tangan. Penting untuk memperhatikan penggunaan bahasa. Bahasa yang baik adalah bahasa resmi Indonesia. Tujuan dari penggunaan bahasa Indonesia karena Anda bertempat tinggal di Negara Indonesia sehingga diharuskan untuk membuat lamaran dalam bahasa Indonesia. Anda bisa menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.

 

  1. Dengan melampirkan sertifikat kompetensi

Sertifikat adalah sarana kuat yang dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan. Jika Anda juga mempunyai sertifikat baik itu magang, pelatihan dan penghargaan lainnya. Maka Anda bisa melampirkannya di surat lamaran kerja tulis tangan. Sertifikat inilah yang akan menjadi nilai tambah Anda diterima bekerja. Para pelaku industri cukup detail dalam melihat peluang yang besar sehingga keterampilan Anda akan benar – benar diperhatikan. Dengan adanya sertifikat maka Anda yang sedang diuji didepan penguji akan dapat menonjolkan diri.

 

  1. Menyiapkan berkas materai

Bagian yang juga tidak kalah penting adalah materai. Anda yang hendak melamar kerja juga memerlukan materai sebagai cara resmi untuk surat lamaran kerja tersebut. Cantumkan materai dan jangan lupa untuk menandatangani surat dan materai. Tujuannya agar surat Anda terlihat resmi dan spesifik untuk tujuan tertentu.

 

  1. Mengenal tempat kerja lebih detail

Seorang HRD bisa saja melihat sisi lain dari usaha Anda. Bagi yang sedang melamar kerja maka point yang bisa Anda jadikan acuan adalah tentang tempat kerja yang Anda lamar. Jika Anda sudah mengetahui tentang tujuan Anda melamar hingga bidang yang Anda pilih maka peluang untuk interview juga semakin besar.

 

Surat lamaran kerja adalah sebuah solusi untuk siapapun yang ingin cepat bekerja. Dengan memahami dan menerapkan tips penting pada contoh surat lamaran kerja tulis tangan maka hasil yang didapat akan lebih maksimal.

Similar Posts