Tips Trik

Tips Memilih Water Heater Yang Benar

Tips Memilih Water Heater yang Benar!

Saat ini, kebutuhan dan jenis alat elektronik rumah tangga sudah makin berkembang. Oleh karena itu, banyak keluarga di era sekarang yang lebih selektif  dan memilih elektronik rumah tangga yang simple dan sesuai dengan kebutuhan keluarganya. Nah sekarang ada peralatan rumah tangga yang bernama water heater yang berfungsi untuk memanaskan air, dan tips untuk memilih water heater yang baik yaitu:

Water Heater Listrik-

1. Pilih water heater berdasarkan bentuknya

Umumnya, ada dua jenis water heater yang dijual di pasaran, yakni storage tank dan on-demand. Jenis storage tank adalah tipe kovensional yang masih menggunakan tangki penampungan air. Ini berbeda dengan jenis on-demand yang sudah tidak menggunakan tangki sama sekali. Jenis on-demand sering juga disebut tankless.

2. Sesuaikan dengan Jumlah Penghuni Rumah

Pertimbangkan pertama yang perlu diperhatikan adalah jumlah penghuni rumah yang nantinya berkaitan dengan menentukan kapasitas tangki air yang diperlukan. Jangan sampai salah memilih tangki air yang dimiliki water heater, karena dapat mengakibatkan waktu yang cukup lama untuk menunggu ketersediaan air panas.

Untuk tangki 15 liter idealnya untuk dua orang penghuni rumah, sedangkan tangki 30 liter bisa diperuntukkan untuk 3 hingga 4 orang. Nah, cocoknya memilih Elterra Water Heater dengan kapasitas 30 liter yang penggunaanya pas untuk 3-4 orang dan hanya membutuhkan 350 watt saja. Kebutuhan air panas untuk mandi terpenuhi, biaya listrik per bulan pun tetap terjangkau.

3. Ketahui jenis daya yang digunakan

Sebelum membeli, sebaiknya Anda mempelajari kelebihan dan kekurangan water heater berdasarkan sumber daya yang digunakan. Ada  Handal Water Heater yang menggunakan gas atau listrik, dan ada juga tipe hybrid.

 

Tipe gas, lebih hemat energi

Water heater yang sumber dayanya berasal dari gas merupakan tipe paling jadul di antara pilihan lainnya. Konsepnya sama seperti memasak air menggunakan kompor gas, tetapi dalam bentuk water heater. Karena menggunakan gas untuk menghangatkan air, instalasinya harus sangat memperhatikan sirkulasi udara agar tidak terjadi kebakaran. Selain itu, Anda tidak boleh meletakkan barang yang mudah terbakar di dekatnya.

Kelebihan dari penggunaan water heater tipe gas adalah lebih hemat energi dibandingkan tipe elektrik. Satu hal yang perlu Anda perhatikan saat memasang yang tipe gas adalah memastikan jenis gas yang dibutuhkan. Umumnya, water heater menggunakan gas propana atau gas natural.

Tipe elektrik, pemasangannya lebih ekonomis, tetapi biaya operasionalnya tinggi.

Jenis water heater yang cukup modern adalah tipe elektrik. Di pasaran,  tipe elektrik juga memiliki variasi yang paling beragam sehingga Anda tidak akan kehabisan pilihan. Water heater elektrik juga lebih aman karena tidak ada risiko kebocoran gas yang bisa menyebabkan kebakaran. Ruang yang harus Anda siapkan juga lebih kecil karena tidak perlu memikirkan tentang saluran gas.

Water heater elektrik memang berpotensi meningkatkan biaya listrik bulanan Anda dengan signifikan. Namun, biaya pemasangan pertama jauh lebih murah dibandingkan tipe gas. Selain itu, water heater elektrik juga jauh lebih tahan lama dibandelektrikingkan tipe gas. Hal ini berkat komponennya yang lebih simpel dan tidak bersentuhan langsung dengan panas.

Dari segi kinerjanya, water heater elektrik juga jauh lebih efisien dan cepat dalam memanaskan air. Water heater tipe gas memerlukan ventilasi untuk mengurangi tekanan udara di dalam tangki agar tidak meledak. Sementara itu, tipe elektrik tidak memerlukan ventilasi sehingga proses pemanasan air bisa berjalan dengan cepat dan efisien.

Tipe hybrid, lebih mahal saat instalasi, tetapi hemat biaya operasional.

Water heater tipe hybrid, atau lebih dikenal dengan heat pump, memanfaatkan panas dari udara untuk menghangatkan air. Produk tipe ini bisa dibilang paling modern di antara tipe lainnya. Kelebihannya adalah lebih hemat secara biaya bulanan dibandingkan tipe elektrik.

Biasanya, water heater jenis hybrid memiliki electric heat pump di bagian atas tangki. Electric heat pump berfungsi menangkap udara panas dari luar tangki, lalu menggunakannya untuk memanaskan air di dalam tangki. Bagian electric heat pump yang berperan dalam melakukan hal tersebut adalah kompresor dan evaporator. Water heater hybrid lebih efisien dalam hal penggunaan energi hingga 60%.

Biaya pemasangannya mungkin jauh lebih mahal dibandingkan water heater tipe lainnya. Namun, water heater yang efisien ini akan lebih menguntungkan jika dilihat dalam jangka waktu 3–4 tahun. Biaya listrik bulanan yang Anda keluarkan akan jauh lebih kecil dibandingkan water heater tipe elektrik.

 

4. Pilih yang Awet dan Garansinya Lama

Seorang ibu juga dituntut untuk teliti mengurus masalah keuangan. Begitu juga saat membuat keputusan membeli water heater. Sebaiknya pilih produk yang sudah terkenal awet dan memiliki garansi perbaikan yang cukup lama. Seperti Elterra Water Heater yang terbuat dari material dengan tingkat ketahanan yang tinggi dan dilengkapi juga dengan garansi tangki dan heating element-nya hingga 10 tahun.

 

5. Pilih yang kapasitasnya mencukupi kebutuhan Anda

Untuk water heater jenis storage tank, Anda perlu memperhatikan kapasitas penyimpanan airnya. Lebih baik jika kapasitasnya disesuaikan dengan kebutuhan keluarga Anda. Ketika Anda kehabisan air panas, water heater tipe storage tank memerlukan beberapa waktu untuk memanaskan airnya lagi. Jadi, jika kapasitasnya terlalu kecil akan sangat merepotkan. Sementara untuk water heater jenis on-demand, pastikan aliran air panas per menitnya sesuai dengan kebutuhan Anda atau keluarga.

 

6. Sesuaikan ukurannya dengan tempat yang Anda sediakan

Water heater merupakan alat elektronik yang berukuran kecil hingga sedang. Anda perlu mempertimbangkan tempat instalasinya agar muat dengan ukuran water heater yang Anda beli. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa seberapa besar water heater yang ingin Anda beli. Pertimbangkan juga jalur instalasinya karena biasanya water heater dilengkapi kabel atau pipa untuk mengalirkan air.

 

Similar Posts