Uncategorized

Tips Cara Membasmi Rayap Secara Alami

Rayap adalah masalah umum di rumah atau furnitur kayu. Kehadiran rayap tidak hanya mengganggu, tetapi juga tidak menjadikan material rumah dan furniture kayu menjadi permanen.

Sebenarnya ada banyak cara untuk membasmi rayap, namun Anda tidak boleh mengandalkan obat kimia untuk membasmi rayap karena risiko kesehatan yang ditimbulkannya. Di sisi lain, membasmi rayap secara alami dianggap lebih aman. Untuk Anda yang menghadapi masalah serupa, yuk intip beberapa tips cara membasmi rayap dengan cara alami!

1. Cara termudah untuk membasmi rayap: jangan pelit ventilasi!

Rayap cenderung menyukai tempat yang lembab dan hanya memiliki sedikit sinar matahari. Jika Anda memiliki rumah dan banyak furnitur kayu, cara pertama membasmi rayap adalah dengan memastikan ventilasi yang memadai agar sinar matahari bisa masuk ke setiap sudut rumah. Dengan begitu, furnitur kayu tidak mudah dimakan rayap.

Jika beberapa furnitur kayu sudah terlanjur diserang rayap, cara membasmi rayap selanjutnya adalah dengan mengeringkan furnitur di luar ruangan. Hal ini memudahkan rayap dibunuh oleh sinar matahari langsung.

2. Gunakan AC

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, rayap menyukai tempat yang lembab. Karena itu, paparan suhu ekstrem adalah salah satu cara paling efektif untuk membasmi rayap.

Selain menghangatkannya di bawah sinar matahari, mendinginkan ruangan juga menjadi cara jitu untuk membasmi rayap. Anda dapat mengatur AC ke suhu serendah mungkin.

Perubahan suhu yang tiba-tiba dapat dengan mudah membunuh rayap. Jika perlu, singkirkan sementara furnitur yang dipenuhi rayap di dalam ruangan ber-AC.

3. Pasang perangkap dengan kotak karton

Salah satu cara untuk membasmi rayap tanpa memindahkan furnitur Anda dalam keadaan kering atau dingin adalah memasang perangkap. Cara membasmi rayap adalah dengan melembabkan kotak karton. Tidak harus terlalu basah, cukup basahi kotaknya.

Sebelum menggunakan cara ini untuk membasmi rayap, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah di mana letak sarang rayap. Letakkan kotak di sana sampai bau kayu keluar dari kotak dan menarik rayap.

Jika rayap sibuk memakan selulosa karton, pindahkan kotak karton tersebut ke tempat yang besar dan aman untuk membakar kotak karton dan rayap.

4. Bersihkan pekarangan dari genangan air

Rayap berkembang biak di tempat-tempat yang airnya tergenang. Cara membasmi rayap dari luar rumah adalah dengan mencegah genangan air baik di pekarangan maupun selokan.

Cara membasmi rayap ini harus dilakukan terutama pada musim hujan. Daripada memiliki banyak genangan air, ada baiknya Anda memiliki tandon air hujan seperti kolam agar lebih mudah dibersihkan. Bersihkan talang secara teratur. Selain membunuh rayap, nyamuk juga bisa dibunuh.

5. Biarkan air sabun menyemprot

Cara membasmi rayap ini sangat mudah dilakukan dengan bahan-bahan di rumah Anda sendiri. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyediakan botol semprot kosong, sabun cair, dan air.

Caranya adalah dengan mencampurkan empat sendok makan sabun cair dan segelas air bersama-sama lalu kocok hingga semuanya tercampur rata. Kemudian tuangkan larutan sabun ke dalam botol semprot. Semprotkan larutan sabun ke area yang terkena.

Cara membasmi rayap ini bertujuan untuk mengganggu sistem pernafasan rayap sehingga rayap mati dengan sendirinya. Lakukan cara ini untuk membunuh rayap beberapa kali dalam sehari hingga rayap benar-benar mati.

Lagi butuh jasa anti rayap batam? Anda bisa gunakan layanan dari Fumida yang sudah trusted di berbagai kota besar Indonesia.

Similar Posts