Kesehatan

Tanda Serangan Awal Stroke

Tanda serangan awal stroke ada beberapa macam dan itu semua mungkin bisa diketahui setelah anda membaca artikel ini. Stroke memang merupakan penyakit yang sangat berbahaya karena bisa berefek pada kematian atau disfungsi sebagian tubuh kita. Maka dari itu tidak heran jika banyak orang ingin menghindari penyakit ini. Seperti halnya yang dilansir oleh Caring, menurut data dari American Heart Association, stroke dapat terjadi setiap 45 detik sekali. Namun ternyata resiko stroke dapat diminimalkan asal penderita segera mendapat penanganan dari dokter. Maka dari itu jika anda melihat tanda awal stroke pada teman, saudara atau keluarga, segera menghubungi dokter sehingga resiko stroke dapat dikurangi.

Berikut ini adalah tanda serangan awal stroke yang bisa kita lihat atau rasakan, yaitu :

1. Sakit Kepala Tanpa Sebab

Jika anda tiba-tiba sakit kepala yang tidak diketahui apa sebabnya ada kemungkinan itu adalah gejala awal stroke. Segera kunjungi dokter dan periksakan apa masalahnya. Sakit kepala yang merupakan awal serangan stroke adalah kepala tiba-tiba sakit dengan luar biasa, leher terasa kaku, ada rasa nyeri pada wajah dan ada rasa mual ingin muntah. Ada juga, rasa sakit kepala ini dibarengi dengan gejala pendarahan intracranial atau yang disebut dengan stroke merah.
2. Sulit Berjalan atau Kehilangan Keseimbangan

Orang yang menderita stroke akan kehilangan keseimbangan dalam berjalan. Sehingga mereka lebih cenderung memakai kursi roda atau bahkan hanya tidur saja di tempat tidur. Anda semua pastinya tidak ingin mengalami hal itu, jika anda melihat atau tiba-tiba merasa sulit berjalan, tidak mampu mengontrol keseimbangan tubuh anda, kalau bisa dibilang mirip orang yang sedang mabuk, jalan tidak bisa tegak, tersandung bahkan jatuh. Selain itu ada juga yang tiba-tiba kehilangan kemampuan motorik halus sehingga berjalan dengan kaki lebar atau kehilangan kemampuan untuk menulis, ada kemungkinan anda mengalami gejala awal stroke, segera periksa ke dokter agar diagnosa dapat dilakukan dan anda segera mendapat penanganan.

3. Kesulitan Berbicara dan Kebingungan

Salah satu gejala awal stroke adalah kesulitan dalam berbicara dan kebingungan. Kebingungan disini artinya adalah kesulitan dalam memahami sesuatu. Tanda umum dan yang sering dialami oleh penderita stroke adalah sulitnya dalam berbicara dan ini terjadi secara tiba-tiba. Jika anda ingin memastikan mengenai keadaan tersebut, mengacu pada stroke atau bukan, tes dia dengan cara menirukan apa yang anda ucapkan, misalnya “besok saya ingin ke surabaya.” Jika begitu saja dia mengalami kesulitan berarti dia telah mengalami gejala awal stroke.

4. Masalah Penglihatan

Gejala stroke yang lainnya adalah adanya masalah dengan penglihatan. Masalah penglihatan disini artinya pandangannya menjadi kabur dan ganda, dia mengalami kesulitan atau mungkin tidak bisa melihat dengan menggunakan satu mata, selain itu dia juga tidak bisa melihat dari kiri atau kanan. Itulah tanda-tanda yang umum diderita oleh penderita stroke dari segi penglihatan.

5. Tiba-tiba Mati Rasa

Penderita stroke pasti akan mengalami mati rasa. Dimana sebagian dari anggota tubuhnya tidak bisa digerakkan, hal ini biasa terjadi pada bagian wajah, lengan dan kaki. dan mati rasa ini tidak terjadi pada kedua sisi tubuh (kanan dan kiri) melainkan pada salah satu sisi tubuh saja. Yang biasa kita lihat dari perubahan penderita stroke adalah mulutnya. Mulut penderita stroke tidak simetris kanan dan kiri. Jika anda ingin memastikannya coba minta dia untuk tersenyum. Jika senyum itu terasa berat, kalaupun bisa namun salah satu sisi terkulai dan lainnya. Untuk perubahan pada lengan, penderita stroke secara tiba-tiba akan mengalami kesulitan dalam menggerakkan lengan dan jari. Untuk mengetesnya kita bisa minta dia untuk menutup mata dan mengangkat kedua lengannya, jika salah satu lengan tiba-tiba terkulai, itu berarti dia telah mengalami gejala awal stroke.

Tanda-tanda yang terjadi ini mungkin tidak akan terjadi secara bersama. Namun ada yang satu persatu, jika anda sudah melihat salah satu dari gejala awal stroke, segera hubungi tim medis agar dia segera mendapat penanganan dan pencegahan dini bisa dilakukan. Jika dia menolak berikan pemahaman mengenai apa yang terjadi, dan apa yang ingin anda lakukan untuknya. Yang pasti kita semua ingin yang terbaik baginya. Itulah yang bisa kami sampaikan semua artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan penderita stroke dapat dikurangi.

Similar Posts