Travelling

Self Traveller di Jepang

Sebagai salah satu negara dengan kunjungan wisatawan yang selamanya tinggi setiap tahunnya, Jepang sesungguhnya banyak diincar para wisatawan. Ada yang menentukan datang dengan rombongan sekalian pemandu, namun tidak sedikit yang menentukan untuk solo traveling. Buat anda yang sudi ke Jepang sendiri, tidak mesti khawatir. Ada banyak tips dan trik ringan yang mampu anda jadikan pedoman.

Mau jalan-jalan ke Jepang sendiri bahkan untuk pertama kalinya kemungkinan terdengar menakutkan. Apalagi bahasa yang digunakan sebagai pengantar bukanlah bahasa Inggris. Supaya perjalananmu lancar, review langkah-langkah persiapan liburan ke Jepang untuk para solo traveler selanjutnya ini!

 

Bawa Barang Bawaan Secukupnya

Untuk yang ingin melaksanakan perjalanan sendiri, mempunyai banyak barang kemungkinan bukan ide yang bagus. Bawalah busana dan perlengkapan secukupnya dengan ransel agar anda lebih ringan berpindah dari satu daerah ke daerah lain. Kalaupun ingin mempunyai koper, pilihlah yang ukurannya tidak amat besar agar ringan dibawa ke mana-mana. Jangan lupa mengatur style busana yang bakal anda bawa dengan musim kunjunganmu ke sana, ya.

 

Pilih Akomodasi yang Murah Namun Nyaman

Kalau sudi ke Jepang sendiri, anda mampu melacak penginapan untuk 1 orang atau single bed. Di Tokyo khususnya, bukan hal yang sulit mendapatkan hotel-hotel layaknya ini. Selain lebih nyaman, anda juga tidak mesti tinggal sekamar dengan orang lain yang baru dikenal. Biayanya juga jauh lebih hemat ketimbang mesti menyewa kamar yang diperuntukkan bagi 2 tamu.

 

Riset perihal Transportasi yang Tersedia

Jepang tenar dengan sistem transportasinya yang nyaman dan teratur. Pilihannya juga amat banyak mulai dari kereta api, bus sampai kapal laut. Kamu mampu menentukan moda transportasi sesuai dengan kota yang bakal anda tuju.

 

Khusus untuk perjalanan dengan pakai kereta api, ada baiknya anda menyiapkan kartu Japan Rail Pass. Ini merupakan kartu sakti yang mampu anda pakai untuk naik kereta punya Japan Railway Group tanpa batas dan tanpa biaya tambahan. Kenapa disarankan pakai kartu ini? Karena biaya perjalanan dengan tiket biasa mampu amat mahal. Misalnya saja dari Tokyo ke Hakodate, untuk sekali jalan anda mampu dikenakan biaya lebih dari 19.000 yen (sekitar Rp2 jutaan).

 

Dibandingkan dengan harga Japan Rail Pass yang mampu dibeli dengan kisaran harga sama, tentu jauh lebih untungkan sebab mampu digunakan sepanjang masa berlakunya tetap aktif. Selain untuk kereta, kartu ini juga mampu digunakan untuk antar jemput bandara, naik bus bahkan sepeda. Karena tidak ada di Jepang, anda mampu membelinya di tanah air melalui travel agent online sebelum saat berangkat.

 

Biaya Harian

Selain transportasi dan penginapan, biaya harian layaknya makanan juga mesti dipertimbangkan dengan baik. Untuk satu kali makan, umumnya biaya yang dihabiskan pada 400-600 yen. Menunya pada lain adalah ramen, nasi kari atau beef bowl. Bento atau kotak makan cepat saji di swalayan harganya berkisar pada 300-700 yen per porsi. Untuk restoran, tarifnya tentu bakal lebih mahal lagi. Dengan perkiraan ini, anda mampu memperkirakan berapa duit yang mesti anda bawa waktu sudi ke Jepang sendiri. Untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya juga mempunyai kartu debit dan kartu kredit milikmu.

 

Siapkan Wi-Fi Portable

Jika anda berpikir canggihnya Jepang mampu membuatmu mendapatkan akses internet gratis di mana saja, sepertinya anda mesti bersiap kecewa. Internet gratis ternyata terbatas keberadaannya hanya di bandara, kafe dan stasiun saja. Buat anda yang sudi ke Jepang sendiri, ini bakal amat menyulitkan. Pasalnya anda bakal butuh jaringan internet sepanjang hari untuk beragam keperluan. Daripada mesti repot melacak Wi-Fi corner, anda mampu menyewa Wi-Fi portable atau membeli SIM card lokal.

 

Selain menyiapkan diri dengan 5 tips di atas, jangan lupa juga membuat itinerary dan pakai aplikasi penerjemah online agar perjalananmu makin lancar. Sudah siap sudi ke Jepang sendiri?

Similar Posts