Travelling

Punthuk Setumbu Nirvana Sunrise : Nikmati Sunrise di Borobudur

punthuk setumbu

Sunrise? Siapa yang tidak suka dengan pemandangan eksotis sunrise? Pasti Anda juga salah satu penggemarnya. Tapi bagaimana jadinya, kalau sunrise yang satu ini bisa dilihat dari sebuah gardu pandang yang tak biasa? Bahkan pemandangan sunrise di sana pun juga tak biasa? Sangat penasaran, kan? Namanya adalah Punthuk Setumbu.

Nah, kalau begitu, Anda perlu ke Magelang, dan pergi ke Punthuk Setumbu Nirvana Sunrise. Dari namanya saja, Anda sudah bisa berdecak kagum. Nama yang sangat elok. Nirvana, adalah sebuah nama yang paling indah untuk menggambarkan suatu tempat.

Lalu, apakah benar, kalau di Punthuk Setumbu ini benar-benar sesuai dengan Nirvana? Jawabannya, ya! Anda hanya perlu membuktikannya.

Jika Anda merasa sulit bangun pagi, atau mungkin Anda buta arah Jogja, tapi ingin sekali menyaksikan sunrise yang indah di Punthuk Setumbu, Anda bisa sewa paket wisata Jogja, paket wisata murah Jogja, dan mencari agen wisata terbaik Jogja, atau sewa mobil Jogja dan agen wisata murah Jogja untuk menemani perjalanan Anda.

Tapi sebelumnya, tengok keindahannya dulu yuk!

Meneropong Sunrise Punthuk Setumbu yang Tiada Duanya.

Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit setinggi kurang lebih 400 meter dpl yang terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Dulu, tempat ini merupakan ladang penduduk. Akan tetapi, berkat seorang fotografer bernama Pak Parno.

Hasil foto bidikan beliau dari atas sana, membuat para wisatawan berbondong-bondong mencari tahu tempat tersembunyi yang merupakan tempat Pak Parno membidik. Akhirnya, jadilah tempat wisata yang dinamakan Punthuk Setumbu Nirvana Sunrise.

Panorama alam yang disajikan memang tidak berbohong. Jika Anda naik ke puncak ini pada jam sunrise, Anda benar-benar akan disuguhi sebuah karya ciptaan Tuhan yang tiada duanya. Kabut tebal akan menyelimuti sebagain kota. Lampu-lampu kota berpendar temaram, dan Gunung Merpapi dan Merbabu akan sedikit demi sedikit terlihat gagah di belakang.

Pemandangan seperti ini lah yang nantinya bisa Anda dapatkan jika Anda benar-benar ingin berburu sunrise di tempat ini. Mengejar sunrise di sini memang tiada duanya. Apalagi dengan Candi Borobudur yang terlihat kecil namun masih terkesan megah menyembul diantaranya. Anda pasti juga akan rela bangun pagi untuk momen seperti ini.

Waktu Terbaik Mengunjungi Punthuk Setumbu Nirvana Sunrise

Jika Anda memang ingin berburu sunrise di Jogja terutama di Punthuk Setumbu ini, sebaiknya Anda juga perlu memperhatikan waktu-waktu terbaik untuk mengunjungi Punthuk Setumbu. Jika tidak, mungkin Anda tidak akan bertemu dengan panorama yang Anda harapkan.

Anda bisa datang ke sini pada saat musim kemarau, yakni sekitar bulan Juni sampai dengan bulan Agustus. Nah, kebetulan sekali kan, bulan-bulan tersebut merupakan bulan libur panjang. Jadi, Anda bisa dengan mudah untuk mengagendakan perjalanan liburan Anda ke sini bersama teman atau keluarga.

Anda juga bisa berkunjung ke sini untuk berburu sunrise pada skeitar jam 4 atau jam 5 pagi untuk mendapatkan sunrise yang sempurna. Kesiangan sedikit, mungkin Anda akan kehilangan momen emas tersebut.

Jadi, waktu itu juga sangat penting ya. Jika Anda nekat mengunjungi Punthuk Setumbu pada saat musim penghujan, dikhawatirkan trek yang nantinya akan Anda lalui berubah menjadi licin dan akan sangat berbahaya.

Dan, Anda mungkin tidak akan bisa menyaksikan sunrise dengan sempurna karena tertutup mendung, dan kabut yang tebal. Anda mungkin hanya bisa membidik Candi Borobudur pada saat terselimuti kabut tebal saja tanpa cahaya matahari yang baru akan bersinar.

Rute dan Jarak ke Punthuk Setumbu Nirvana Sunrise

Jika Anda memang ingin pergi ke Punthuk Setumbu Nirvana Sunrise, Anda harus rela bangun bagi dan menempuh perjalanan sekitar 15-30 menit untuk trekking sampai ke puncak. Meskipun sedikit melelahkan, namun Anda tidak akan menyesal saat berada di puncak nanti.

Tenang saja, di atas sana sudah ada beberapa bangku kayu, dan gazebo untuk Anda bisa beristirahat sejenak. Anda juga bisa sembari meminum bekal minuman Anda, dan meneropong Candi Borobudur yang terlihat eksotis.

Lalu, untuk lokasi Punthuk Setumbu ini berada tidak jauh dari Candi Borobudur. Lokasinya berada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. Jika Anda dari pusat kota Jogja, Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 1 jam perjalanan.

Rute perjalanan yang bisa Anda tempuh juga cukup mudah. Sudah terdapat banyak petunjuk arah yang mengarah ke lokasi. Dari depan Taman Wisata Candi Borobudur, Anda bisa melaju menuju Hotel Manohara. Dari hotel Manohara, Anda bisa langsung lurus terus menuju perbukitan Menoreh.

Tak jauh dari situ, ada sebuah pertigaan dan petunjuk arah yang bertuliskan Borobudur Nirvana Sunrise. Anda hanya tinggal belok kanan mengikuti petunjuk arah, hingga sampai ke tempat parkir Bukit Punthuk Setumbu Nirvana.

Untuk bisa akses masuk ke sini, Anda hanya butuh membayar 15.000 per orang, sedangkan untuk wisatawan asing, Anda hanya tinggal membayar sebesar 25.000 per orang. Sangat terjangkau kan? Anda bisa pergi dengan kendaraan pribadi maupun dengan menggunakan sewa mobil Jogja lepas kunci yang terjangkau.

Aktivitas Seru yang Bisa Anda Lakukan Saat Berkunjung ke Punthuk Setumbu Nirvana Sunrise

punthuk setumbu
sumber: idnwisata.com

Di sini, Anda bisa melakukan beberapa aktivitas seru. Aktivitas seru ini mungkin bisa menjadi referensi bagi Anda yang mungkin sedang mencari referensi berlibur. Yuk cari tahu:

Sunrise Seeing

Aktivtas utama yang bisa Anda lakukan adalah Sunrise Seeing. Anda bisa menyaksikan pertunjukan elok semesta menyajikan sunrise yang hebat untuk Anda. Di sana mungkin Anda bisa berdecak kagum, menganggumi keindahan semesta, pasalnya keindahan sunrise di sana tidak bisa Anda bandingkan dengan sunrise yang lain. Maka jangan sampai melewatkan aktivitas sunrise seeing ini ya dari Puncak Punthuk Setumbu. Nanti Anda menyesal karena malas bangun pagi dan kesiangan.

Hunting Foto

Selain menyaksikan sunrise, Anda juga bisa berburu foto-foto instagramable dari puncak. Kapan lagi kan, Anda bisa berpose dari atas ketinggian dengan latar belakang alam yang indah, makanya tak heran jika banyak fotographer yang rela trekking ke sana untuk berburu foto epik menganggumkan.

Trekking

Berkunjung ke Punthuk Setumbu, Anda juga bisa melakukan aktivitas trekking. Aktivitas trekking di sini juga lumayan membakar lemak lho. Jadi, bagi Anda yang ingin liburan tetap sehat, Anda bisa menjadikan Punthuk Setumbu sebagai destinasi wisata terbaik Anda di Jogja. Bangun pagi, dan trekking ke puncak, sungguh sebuah revolusi liburan yang menyenangkan.

Nah, Anda sudah tidak sabar ingin cepat berganti hari dan menyaksikan sunrise di Punthuk Setumbu. Kalau begitu, langsung saja ya, hubungi kami untuk mendapatkan kualitas wisata yang seru, hemat dan aman. Anda tidak perlu repot lagi menyiapkan segalanya. Anda tinggal pilih paket wisata yang Anda suka bersama kami. Happy Holiday!

 

Similar Posts