General

Pilihan Tanaman Gantung untuk Dekorasi Rumah

Tanaman gantung dianggap sebagai salah satu dekorasi terbaik untuk mempercantik bagian-bagian tertentu dari rumah. Baik digunakan untuk keperluan indoor maupun outdoor, hanya dibedakan berdasarkan jenis tanamannya saja.

 

Tidak semua jenis tanaman terlihat sebagus tanaman gantung. Ada beberapa tanaman yang cocok untuk digantung sebagai hiasan, baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

 

semua cuaca di luar ruangan jenis tanaman gantung

Sifat-sifat tanaman outdoor sangat bagus untuk Anda tempatkan di luar ruangan karena memiliki ketahanan yang baik terhadap perubahan cuaca. Beberapa di antaranya adalah jenis bunga seperti junction cactus, petunia, begonia dan tapakdala.

 

kaktus persimpangan

Jika kita melihat namanya, zygocactus (Schlumbergera Truncate) adalah keluarga kaktus dengan ciri khas bunga. Tanaman ini dikenal tahan terhadap cuaca panas, sehingga bisa bertahan hidup meski terkena suhu ekstrim.

 

Tidak heran jika junction cacti adalah tanaman gantung untuk area luar ruangan karena toleransi panasnya. Bunga yang tumbuh di batang kaktus juga cantik dan terlihat sangat eksotis.

 

warna ungu tua

Petunia sangat bagus untuk aksesori gantung karena memiliki daun yang sangat lebat dan melebar. Warna juga diredam, seringkali dalam kombinasi seperti ungu dan putih.

 

Petunia akan tumbuh dengan baik di hampir semua jenis tanah asalkan media tanamnya memiliki drainase yang baik. Jika Anda menggantung tanaman ini, pastikan wadahnya mampu mengalirkan air agar akarnya tidak kewalahan.

Baca Juga : snake plant temperature tolerance outside

Begonia

Tanaman gantung selanjutnya adalah crabapple, cocok untuk daerah dengan iklim subtropis seperti Indonesia. Bentuk daunnya sangat unik karena tumbuh bergerombol, sehingga terlihat kuat dan berwarna-warni.

 

Salah satu warna paling populer untuk crabapple adalah merah muda dengan gradasi putih. Karena tahan terhadap cuaca panas, sangat cocok sebagai dekorasi eksterior (dalam ruangan).

 

Tapak Dara (periwinkle Madagaskar)

Tapak Dara, atau periwinkle Madagaskar dalam bahasa Latin, adalah tanaman gantung terbaik untuk hiasan gantung. Ciri khas tanaman ini adalah mengandalkan sinar matahari untuk terus tumbuh.

 

Tak heran tapak dara mampu bertahan di bawah sinar matahari langsung karena tahan panas. Oleh karena itu, sangat cocok ditempatkan di luar rumah sebagai dekorasi.

 

Jenis Tanaman Gantung Dalam Ruangan untuk Dekorasi Kamar

Selain mendekorasi pajangan di luar ruangan, Anda juga bisa menempatkan tanaman eksotis di dalam rumah yang bisa Anda gantung. Fungsinya tetap sama yaitu mempercantik tampilan dekorasi rumah dan membuatnya terlihat lebih menarik.

 

pedagang

Jika Anda menginginkan bentuk daun yang minimalis, Tradescantia mungkin bisa menjadi pilihan terbaik. Tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus, karena Anda hanya perlu menyiram secara teratur selama musim panas agar daunnya tetap segar.

 

Tanaman gantung ini sangat cocok untuk Anda tempatkan sebagai penghias ruang tamu karena bentuknya yang minimalis. Anda juga bisa meletakkannya di balkon atau teras rumah, asalkan tidak terkena sinar matahari langsung.

 

Ivy Iblis

Devil’s ivy sangat populer sebagai tanaman hias karena meningkatkan kualitas udara. Dalam bahasa latin, tanaman ini dikenal dengan nama Epipremnum aureum, istilah lain seperti Ceylon creeper.

 

Seperti kebanyakan jenis tanaman ini, ivy setan tumbuh dengan tanaman merambat. Daunnya berbentuk hati, mengkilat, dan warnanya bervariasi, seperti sedikit kuning sebagai rona.

 

hilin brazil

Tanaman gantung seperti kembang sepatu adalah varietas eksotis yang sering digunakan untuk menghias ruangan. Daunnya berwarna hijau tua dengan garis-garis kuning dan dapat tumbuh setinggi beberapa kaki seperti tirai.

 

Jika dirasa terlalu “menggantung”, Anda bisa memangkasnya sesuai selera agar terlihat lebih rapi. Sebagai perawatan, Anda juga bisa menyeka daun kembang sepatu dengan kain lembab untuk menghilangkan debu permukaan.

 

Beberapa pilihan tanaman yang juga bisa Anda gantung adalah anggur ivy, lantana, marigold. wisteria Jepang, dll. Setiap pola tanaman ini sangat khas, menjadikannya ideal untuk dekorasi rumah.

 

Dekorasi rumah berbahan dasar tanaman dari bunga eksotis menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang. Salah satunya adalah dengan menggunakan model tanaman gantung atau biasa disebut juga dengan tanaman gantung, sesuai selera pribadi.

 

Suka topik tanaman kunjungi all about gardening

Similar Posts