Uncategorized

Pantai Wediombo: Mitos, Daya Tarik & Tiket Masuk

Pantai Wediombo

Pantai memang menjadi arah wisata yang memikat buat wisatawan sampai kapan pun, apalagi di Yogyakarta sebagai kota dambaan sebagian orang.

Kota yang disebutkan ‘kota pelajar’ ini banyak memiliki pantai yang menebar di sejumlah daerah, salah satunya berada di Gunungkidul. Sampai sekarang ini pantai yang ada beberapa dicari di kota gudeg ini adalah Pantai Wediombo.

Pantai Wediombo

Wediombo bisa diambil dari Bahasa Jawa ‘wedi’ yang mempunyai makna ‘pasir’ dan ‘ombo’ yang mempunyai makna ‘luas’. Bila diambil kesimpulan, Wediombo mempunyai makna bentang pasir yang luas.

Bukan hanya dari namanya saja, pantai ini memiliki lokasi yang luas dibanding pantai lainnya di satu kawasan.
Pantai ini berada di kawasan Jepitu, Girisubo, kabupaten Gunungkidul dan pantai ini menjadi pantai paling ujung. Anda harus menempuh sekitar 2,5 jam perjalanan dari pusat kota Jogja dengan menggunakan jalur darat.

Harga Ticket Masuk Pantai Wediombo

Supaya bisa tersambung tempat pantai ini dikenakan biaya sebesar Rp 5000 untuk setiap orang.
Bila telah tiba pada tempat parkir, Anda harus bayar parkir Rp 3000 untuk kendaraan sepeda motor , dan Rp 5000 untuk kendaraan mobil.

Anda harus jalan lewat anak tangga bila sudah datang pada tempat parkir, kurang lebih sejauh 15 sampai 20 menit pada jalan santai.

Jalur Ke arah Lokasi Pantai Wediombo

Alamat Pantai Wediombo tepatnya berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Khusus Yogyakarta.
Beberapa opsi lajur perjalanan untuk Anda yang ingin berlibur ke Pantai Wediombo. Walau pantai ini ada di paling barat Kabupaten Gunungkidul, pantai ini sering jadi arah untuk beberapa wisatawan.

Bukan hanya wisatawan lokal saja, tapi Wediombo jadi beberapa opsi wisatawan luar negeri. Ini karena lokasinya yang terkenal dengan bentang batu karang, lokasi yang luas, dan air laut yang paling bening.

Berikut beberapa alternatif perjalanan yang dapat menolong Anda agar bisa sampai ke Pantai Wediombo:

  • Jalur Pertama : Jogja – Wonosari – Desa Mulo mengambil ke kiri – Jepitu mengambil ke kanan- lalu turuti arah ke arah Pantai Wediombo
  • Jalur ke 2 : Jln Wonosari – Mulo lempeng ke arah Pantai Baron – ada pertigaan mengambil arah ke arah pantai kukup – Tepus – Jepitu selanjutnya mengambil kanan turuti arah ke arah Pantai Wediombo
  • Jalur Timur : Praci Wonogiri – selanjutnya Rongkop ke Nglindur – Pasar Ngrancah selanjutnya mengambil ke kanan – lalu Jepitu mengambil ke kiri- dan turuti jalan ke Pantai Wediombo

Beberapa lajur perjalanan itu jadi pilihan untuk Anda yang ingin berlibur dan berwisata di Pantai Wediombo.
Optimis Anda sedang berada di daerah yang paling dekat dengan beberapa lajur itu, jangan sampai justru Anda salah saat tentukan pilihan lajur itu.

Lajur perjalanan melalui jalur alternatif memang cukup membutuhkan saat yang makin banyak, disbanding ketiga lajur lainnya.
Hal Menarik di Pantai Wediombo

Sejauh berada di pantai ini, Anda dapat cicipi object menarik di sekitar kawasan pantai. Kegiatan menarik itu satu diantaranya:

1. Nikmati Panorama Pantai

Sejauh berada di pantai Wediombo ini, Anda dapat sekadar duduk santai sekaligus cicipi pemandangan pantai. Suara deburan ombak dan semilir angin sepoi-sepoi akan menambah nyaman keadaan.

Sejauh di pinggir pantai ini, Anda bisa jalan susuri pantai tanpa alas kaki. Ini supaya Anda terasa nyaman saat jalan pada bentang pasir yang luas di pantai ini.

2. Berenang

Argument yang terpenting untuk wisatawan bertandang ke Pantai Wediombo adalah pantai ini dapat digunakan untuk berenang dan mandi dengan menggunakan air kolam alami.

Satu diantaranya spot di pantai ini memiliki sebuah kolam air yang paling jernih dan dibatasi dengan batu karang, seolah seperti kolam.
Kolam ini menjadi lokasi yang paling dicintai oleh beberapa pengunjung yang tiba ke Pantai karena umumnya mereka sukai berenang atau sekedar hanya berpose di kola mini.

3. Spot untuk Hunting Sunset

Batu karang yang ada pada tempat pantai membuat pantai jadi instagramable yang biasa ditetapkan untuk spot berfoto. Selain itu, keindahan bentang karang yang luas ini menjadi pantai yang cocok untuk hunting sunset atau sunrise.

Batu karang yang luas di pantai ini membuat ombak di pantai ini terasa semakin kuat, jadi untuk Anda yang berfoto pada tempat batu karang tengah pantai harus tetap siaga.

4. Spot yang Pas untuk Camping

Bukan hanya digunakan untuk berenang dan sebagai lokasi hunting sunset saja, tapi pantai ini banyak menjadi pantai favourite wisatawan untuk bercamping dengan kawan-kawan atau sekedar berlibur dengan keluarga.
Tempat tepian pantainya yang cukup luas biasa dipakai untuk camping dan mengadakan acara berapi unggun dengan kawan-kawan.

5.  Surfing

Sejauh berkunjung ke pantai ini, Anda dapat kerjakan surfing untuk cicipi ombak besar yang paling menantang untuk beberapa pecinta surfing.

Ombak di sejumlah pantai yang ada di Gunung Kidul memang cukup besar. Ini karena pantai ini ini masih terhubung dengan Samudera Hindia yang terkenal memiliki ombak yang besar.

Fasilitas di Pantai Wediombo

Bukan hanya pantai yang cocok untuk berenang dan hunting untuk sunset dan berfoto instagramable. Pantai Wediombo memiliki fasilitas yang cukup bagus untuk kenyamanan beberapa pengunjung pantai.

Sarana yang berada di pantai ini yakni seperti berikut :

  • Area Parkir yang Luas
  • Kamar Mandi dan Toilet
  • Mushola
  • Warung Makan
  • Toko Souvenir

Untuk menu makanan di sekitar pantai Wediombi ini memiliki beberapa opsi di warung yang jual berbagai makanan bikinan laut seperti kepiting, bermacam type ikan, sampai udang.

Beberapa warung yang berjajar pada tempat pantai bisa menjadi pilihan untuk Anda menghabiskan waktu selama seharian bersama kawan-kawan dan keluarga untuk menghabiskan waktu akhir pekan.

Bila Anda berkunjung ke kota pelajar dan punyai niat memutari semua pantai di Jogja, sempat-kan berkunjung ke Pantai Wediombo yang akan memberikan cerita perjalanan yang tidak terlewati.

Jika kamu ingin bepergian bersama keluarga, kamu bisa menggunakan layanan sewa bus Jogja milik Genjos Holiday. Sehingga kamu tidak perlu repot lagi memikirkan rute, harga tiket, dan lain-lain.

Demikian ulasan terkait wisata Pantai Wediombo yang berada di Jogja. Anda bisa bertandang pantai lainnya di sekitar Jogja, seperti Pantai kesirat atau Pantai wohkudu.

 

Similar Posts