Uncategorized

Panduan Membeli Kabel VS DSL Internet

garudacyber – Jika Anda berencana untuk berganti penyedia atau meningkatkan koneksi internet yang ada, Anda pasti bingung memilih antara DSL (Digital Subscriber Line) dan internet kabel – jadi, mana yang lebih baik? Apakah memang ada perbedaan di antara keduanya? Sangat jelas bahwa membuat pilihan di antara keduanya akan sulit jika Anda tidak menyadari perbedaan di antara keduanya dan ini juga merupakan pilihan yang rumit karena ada beberapa kesamaan di antara keduanya.

Apa Kesamaan Kabel dan DSL Internet?

Beberapa kesamaan antara kabel dan DSL adalah:

Dapat mendengarkan atau melihat musik, film, dan video
Bisa ngobrol menggunakan layanan VoIP
Keduanya lebih cepat daripada dialup dengan internet berkecepatan tinggi
Dapat memanfaatkan TV atau koneksi telepon atau layanan yang ada
Keduanya bekerja di komputer Macintosh dan Windows Anda
Sebagian besar Penyedia Layanan Internet (ISP) menawarkan kedua layanan ini
Tapi, di sinilah kesamaan berakhir dan perbandingan sebenarnya dimulai; baca terus panduan pembelian internet kabel vs. DSL ini untuk membuat proses pengambilan keputusan Anda lebih sederhana.

Apa yang Harus Anda Pilih: Kabel vs. Internet DSL?

Jika Anda mencoba menemukan jawaban yang kredibel dan sederhana untuk pertanyaan ini, Anda perlu memahami bahwa kecepatan bukan satu-satunya masalah krusial, tetapi Anda harus mempertimbangkan aspek-aspek seperti keandalan, kemudahan instalasi, ketersediaan, keamanan, dan harga. Berikut perbandingan singkat aspek-aspek ini di kedua opsi.

Kecepatan dan Keandalan

Sejauh menyangkut layanan internet, kecepatan itu relatif. Internet kabel dikenal memiliki kecepatan keseluruhan yang lebih baik dalam teori karena tingkat transmisinya 10 kali lebih tinggi daripada internet DSL. Tetapi secara praktis, karena koneksi internet kabel dibagikan, data yang masuk ke komputer Anda harus berjuang melalui unduhan internet dan transmisi televisi dari konsumen kabel lain di sekitar Anda, yang berarti akses kemungkinan akan sangat lambat ketika lalu lintas tinggi.

Di sisi lain, kecepatan Internet DSL jauh lebih rendah daripada internet kabel karena koneksi datang langsung dari perusahaan telepon. Faktor penentu kecepatan di sini adalah jarak antara pusat penyedia dan rumah Anda. Namun, keunggulan koneksi internet DSL adalah konsistensinya. Kecepatan tidak berubah secara signifikan setelah koneksi diatur karena ini adalah koneksi internet khusus yang hanya tersedia untuk rumah Anda. Jadi, dari segi kehandalan, DSL memiliki keunggulan tersendiri.

Untuk penggunaan Internet secara umum, kecepatan kabel akan berhasil, tetapi untuk penggunaan yang lebih maju, konsistensi menjadi lebih penting, dalam hal ini, DSL menjadi pilihan yang lebih baik.

Ketersediaan

Tidak mungkin untuk menggunakan layanan internet di tempat-tempat yang tidak ada aksesnya. Jadi, ketersediaan adalah salah satu faktor utama dalam menentukan pilihan Anda. Sehubungan dengan aspek ini, kabel memiliki keunggulan tertentu karena jangkauan DSL dibatasi hingga beberapa mil dari sumbernya.

Keamanan

Jika keamanan adalah faktor penentu utama Anda, DSL memiliki keunggulan atas internet kabel. Karena kabel adalah koneksi bersama, Anda akan berada di jaringan area lokal dengan pelanggan lain di wilayah Anda. Ini dapat menimbulkan masalah keamanan jika tidak ada langkah-langkah keamanan yang disediakan oleh ISP Anda. Namun, sebagian besar penyedia layanan kabel biasanya menyediakan modem kabel dengan fitur keamanan terintegrasi. Koneksi DSL lebih aman dan keamanan selanjutnya dapat ditingkatkan dengan membeli perangkat lunak atau perangkat keras tambahan karena penyedia layanan mungkin hanya menawarkan dasar-dasar dengan penginstalan.

Harga

Harga merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi pilihan pengguna internet. Harga layanan internet kabel dan DSL juga bergantung pada beberapa variabel, termasuk ISP, tempat tinggal Anda, dan apa yang tersedia di wilayah Anda (permintaan dan penawaran), untuk beberapa nama. Jika Anda merasa DSL tidak memiliki batasan kecepatan yang sama seperti kabel, mungkin Anda akan merasa seperti membandingkan jeruk dan apel ketika membahas tentang harga.

Selain itu, jika Anda membandingkan kecepatan unggah keduanya, harganya tidak terlalu jauh. Anda mungkin menemukan perbedaan harga sekitar $ 10 atau lebih, harga tertinggi di sini adalah untuk kabel. Jadi, teliti dan temukan harga keduanya di daerah Anda sebelum membuat pilihan.

Jadi, memperoleh pengetahuan tentang faktor-faktor ini akan membantu Anda dalam membuat keputusan yang lebih baik. Itu semua tergantung pada kebutuhan Anda dan cara Anda ingin menggunakan internet.

Similar Posts