Bisnis

Pakai Uang untuk 5 Aktivitas Ini Dijamin Nggak Bakal Sia-sia!

Buat kita yang sudah punya penghasilan sendiri, setiap bulan pasti ada pengeluaran rutin yang harus dibayarkan. Mulai dari kebutuhan primer sampai asuransi dan tabungan untuk dana darurat. 

Kadang-kadang kita berhasil disiplin mengikuti anggaran keuangan, kadang-kadang juga ada masa di mana kita impulsif, boros, dan menggunakan uang semaunya. Hal yang wajar terjadi dalam penggunaan dan pengaturan keuangan pribadi. 

Namun, supaya setiap uang yang kita keluarkan bisa bermanfaat dan sia-sia, kita perlu memiliki tujuan. Baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang yang ingin diraih dalam hidup. Dengan begitu, kita bisa makin bijak dalam membelanjakan uang setiap bulannya. 

Di luar daripada kebutuhan primer yang harus dipenuhi, ada 5 hal atau aktivitas yang kalau kamu investasi atau menggunakan uang untuk memenuhinya, dijamin anti sia-sia. Justru akan membawa banyak manfaat untuk dirimu sendiri di masa depan. Yuk, simak!

Investasi dari leher ke atas: pendidikan, kursus, atau baca buku

Istilah yang populer di kalangan pebisnis ini secara sederhana artinya adalah memberikan bujet khusus untuk belajar dan mengasah otak. Mulai dari pendidikan formal, kursus, belajar bahasa asing, baca buku, belajar musik, dan lain-lainnya yang bisa membuat kamu makin berilmu. Memang tidak murah, tapi mengeluarkan uang untuk hal ini akan sangat bermanfaat bagi masa depanmu sekaligus membantu kamu untuk mengasah dan mengembangkan berbagai keahlian. 

Pergi liburan untuk cari pengalaman

Liburan tidak hanya berarti cuma senang-senang dan menghambur-hamburkan uang. Pergi liburan, baik ke luar kota maupun ke luar negeri, juga bisa menjadi sarana belajar bagi kita untuk mengenal tempat baru, budaya baru, dan orang-orang baru. Liburan juga bisa memberikan kita pengalaman berharga yang tidak ternilai dengan uang. Terlebih, jika kamu suka solo traveling. Akan makin banyak manfaat yang didapat dari liburan/traveling yang kamu jalani mulai dari lebih mengenal diri sendiri, mengetahui batas kemampuan diri, belajar berani dan survive, dan masih banyak lagi. 

Membangun bisnis sendiri

Baik yang berasal dari tabungan pribadi maupun pinjaman, selagi masih muda dan punya kesempatan, kita bisa coba bangun bisnis sendiri. Manfaat dari berbisnis akan banyak sekali. Bukan hanya perkara profit atau pundi-pundi cuan, berbisnis juga akan membuat kita lebih percaya diri, melatih komunikasi dan sosialisasi, menumbuhkan kreativitas, serta menambah pengalaman dan wawasan kita. 

Di jaman sekarang, mendapatkan modal untuk bisnis bisa dibilang cukup mudah. Kalo mau pinjam, ada aplikasi pinjaman uang online cepat yang berbunga rendah dan terpercaya seperti Kredivo. Kredivo adalah aplikasi pinjaman uang online cepat sekaligus cicilan tanpa kartu kredit yang sudah terdaftar di OJK. Daftar jadi pengguna Premium Kredivo, kita berpeluang dapat limit s.d Rp 30 juta lho!

Khusus untuk pinjaman tunai online, minimum pengajuan pinjaman di Kredivo berlaku mulai 500 ribu. Opsi tenor yang tersedia adalah 1/3/6 bulan dengan suku bunga hanya 2,6% per bulannya. Pinjaman di Kredivo bisa cair dalam waktu minimal 1 hari kerja jika pengajuan sudah disetujui. Sementara layanan kredit online dengan Kredivo bisa digunakan di 1000+ merchant ternama di Indonesia seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli, dll. Tertarik coba?

Bersosialisasi & berdonasi

Selain memberi asupan pada otak, kita juga perlu bersosialisasi dan menjalin koneksi dengan banyak orang. Bukan hanya bisa menambah ilmu, informasi, dan wawasan, membangun koneksi juga bisa memberi kesempatan bagi kita untuk berkembang. Salah satunya dalam hal karir. Maka dari itu, tidak ada salahnya menganggarkan dana khusus setiap bulan untuk bersosialisasi misalnya dua kali dalam sebulan untuk bertemu teman atau relasi. Ngobrol, diskusi, bertukar pikiran, dan lain-lain. Bakal banyak deh manfaatnya!

Tidak hanya bersosialisasi, menyisihkan sebagian rezeki yang kita punya juga sangat diperlukan. Hitung-hitung berbagi kebahagiaan untuk orang-orang terdekat ataupun yang membutuhkan. Sesekali, kamu juga bisa ikut program volunteer untuk membantu mereka yang membutuhkan sekaligus melatih soft skills. 

Belajar investasi

Banyak orang masih takut memulai investasi karena berbagai macam dogma yang muncul. Mulai dari butuh modal besar, banyak uang yang akan loss, rumit dan harus punya ilmu khusus, hingga butuh advisor yang biayanya mahal. Padahal, investasi ada banyak sekali jenisnya. Ada yang risikonya rendah hingga yang tinggi. Buat pemula, kamu bisa coba investasi yang berisiko minim seperti reksadana pasar uang atau obligasi milik pemerintah. Pelan-pelan, kalau kamu sudah tau cara main dan mendapat imbal hasil, kamu bisa belajar ke jenis investasi yang risikonya menengah hingga tinggi seperti reksadana saham, saham, atau P2P lending. Tentunya dibarengi juga dengan belajar, banyak baca buku tentang investasi/saham, dan rajin berdiskusi ya. 

Similar Posts