Travelling

Oleh – Oleh Khas Magelang

Setiap kota memiliki buah tangan khasnya masing-masing, tidak terkecuali Magelang. Oleh-oleh khas Magelang sendiri cukup beragam mulai dari jajanan tradisional hingga kerajinan tangan semua bisa Anda dapatkan.

Contohnya saja miniatur candi yang menggambarkan berbagai macam candi yang ada di Magelang. Selain itu masih banyak barang lain yang bisa Anda bawa pulang dan berikut ini beberapa di antaranya:

Rekomendasi : Tempat Makan Dekat Candi Borobudur

Daftar Oleh-oleh Khas Magelang yang Terkenal

Wayang Kulit

 

Sebagai salah satu kota yang kaya akan budaya, wayang kulit jadi souvenir yang wajib Anda beli di Magelang. Tokoh-tokoh pewayangan terkenal seperti Arjuna, Rama, atau Sinta bisa Anda bawa pulang sebagai pajangan.

Berbeda dengan wayang oleh-oleh khas Klaten, wayang dari Magelang ini terbuat dari kulit sapi asli. Proses pembuatannya pun masih sangat tradisional, tergantung kemampuan pengrajin.

Sayangnya sekarang pengrajin wayang kulit Magelang sudah sangat jarang. Sehingga sulit sekali menemukannya di toko-toko atau pasar tradisional Magelang.

Namun Anda bisa mengunjungi langsung salah satu pengrajinnya di Kampung Jago daerah Magelang Selatan. Di pengrajin bernama Jatmiko Anda bisa membeli dan memesan berbagai jenis wayang.

Tentunya harga yang harus Anda bayarkan cukup mahal. Untuk wayang jenis gunungan bisa dipatok sekitar Rp2.000.000,00 sedangkan tokoh pewayangan sekitar 1.5 hingga 2 juta. Semua tergantung ukuran dan kerumitannya.

Wajik Khas Magelang

Anda yang berkunjung ke Magelang wajib mencoba wajik khas kota ini. Terbuat dari ketan, santan, dan gula kelapa, jajanan tradisional sejak zaman kerajaan lampau ini punya rasa yang sulit terlupakan.

Teksturnya lembut, kenyal, serta pulen dan memiliki rasa legit yang pas. Warnanya yang cokelat mengkilap sangat menggugah selera dan membuat Anda penasaran ingin mencoba.

Rekomendasi : Svargabumi

Salah satu merek terkenal dari Magelang yang menjual panganan ini adalah Wajik Week yang sudah ada sejak tahun 1939. Saking tenarnya, tempat ini selalu jadi langganan sopir rental mobil Innova Reborn Jogja untuk mampir membeli buah tangan dari Magelang.

Terdapat dua varian rasa wajik yang bisa Anda dapatkan di sini. Pertama rasa cokelat kemudian rasa pandan yang keduanya mampu bertahan hingga 5 hari tanpa lemari pendingin.

Satu kotak berukuran kecil bisa Anda beli dengan harga Rp18.000,00 saja. Harga ini bisa Anda dapatkan di setiap cabang Wajik Week yang tersebar di sekitar Magelang.

 

Similar Posts