Bisnis

Nikmatnya Kue Puthu Lanang Malang

Kue putu atau puthu bikinan Puthu Lanang ini benar-benar legendaris di Malang. Populer dengan rasa legit dengan taburan kelapa parut fresh.

Menyebutkan kue putu masyarakat Malang akan terpikir Kue Puthu Lanang. Sesuai namanya kue putu ini sebagai adonan tepung beras, kelapa dan gula merah yang diciptakan dalam bumbung atau potongan bambu imut.

Nikmatnya Kue Puthu Lanang Malang

Selanjutnya dikukus dalam kukusan panas sampai masak. Baru selanjutnya dihidangkan dengan taburan kelapa parut. Salah satunya penjual kue putu legendaris di Malang ialah Puthu Lanang.

Selainnya jual kue putu yang dibikin fresh dan dikukus pada tempat, Puthu Lanang jual kue lupis, cenil dan klepon. Usaha ini ada semenjak 1935 yang dirintis oleh Bu Supiah. Sekarang ini usaha ini dilanjutkan oleh angkatan penerusnya, Rini.

Uniknya kue putu ini dipasarkan di atas gerobak dorong dalam sebuah gang buntet. Kamu bisa menemui kue putu ini di Jalan Beskal Agung Suprapto, Klojen, Malang.

Ke detikcom (17/03) Rini mengutarakan jika argumennya masih tetap menjaga jualan di gang buntet itu. Dia ingin supaya semua kelompok bisa nikmati kue putu bikinannya.

Adonan kue putu dibuat dari tepung beras yang diselep atau ditumbuk sendiri oleh Rini dan pegawainya. Bila penjual putu biasanya tidak mewarnai, putu bikinan Kue Puthu Lanang berwarna hijau elok.

Ini karena mereka menggunakan daun pandan sebagai bahan warna alami. Ini membuat wewangian dari kue putu saat dikukus menguar benar-benar wangi nikmat.

Adonan kue putu ditempatkan dalam potongan bambu dengan isian parutan gula merah yang manis. Selanjutnya dikukus sepanjang 3 sampai 5 menit. Wewangian wangi dari daun pandan menguap pada udara disertai bunyi tuuut… yang unik.

Yang memikat sauce gula merah atau juruh yang digunakan Rini untuk kue lupis dan cenil ini benar-benar kental, serupa karamel. Mulur mengucur kental karena dibuat dari gula aren yang harum. Sauce ini membuat lupis jadi legit nikmat.

Berikut yang membuat konsumen ikhlas berbaris dan semenjak 86 tahun kemarin tidak pernah kering dibeli dari angkatan ke angkatan. Tidak sabar maunya pengin cepat rasakan kesan empuk legit kue ini.

Hangat, manis legit, lumer saat digigit, sangat nikmat. Ditambahkan taburan parutan kelapa fresh yang renyah gurih. bisa saja penghangat di tengah-tengah dinginnya Malang pada malam hari.

Selainnya kue putu, di sini sediakan jajan lupis, cenil, dan klepon yang dapat kamu coba. Semua menu jajan tradisionil di sini dipasarkan pada harga Rp 10.000 setiap jatahnya.

Lupis dibuat dari beras ketan dibuntel dalam daun pisang seperti lontong. Menurut Rini kue lupis ini direbus sepanjang 10 jam, hingga lupis ini sanggup bertahan sampai 4-5 hari hingga bisa dikirimkan ke luar kota juga. Dalam satu hari Rini sanggup habiskan 25 kg beras ketan.

Dan, cenil sebagai olahan dari tepung tapioka yang dikasih bahan warna merah berupa uliran yang kenyal saat digigit. Dalam satu hari Rini sanggup habiskan 15 kg tepung tapioka untuk adonan cenil.

Selain itu ada juga klepon, jajan dibuat dari tepung beras ketan, berupa bundar dengan isian parutan gula merah, diberi parutan kelapa. Manis legit gula merah muncrat saat digigit dalam mulut.

Didampingi dengan 3 pegawainya, tangan Rini benar-benar cekatan dalam layani customernya. Jajan legendaris ini dibuntel dalam sebuah daun pisang hingga membuat wewangian kue makin lezat.

Dalam satu hari Kue Puthu Lanang sanggup jual 700 sampai 800 jatah. Di tempat tinggalnya, Rini terima pesanan untuk beberapa acara, Rini batasi untuk terima pesanan cuman 15-20 tampah kue dalam satu hari. Umumnya kue dibuat jadi sebuah tumpeng, ada tiwul dan gatot juga.

Kualitas bahan dan cita-rasa yang dipertahankan hingga jajan ini disukai oleh beberapa kelompok. Kue Puthu Lanang biasa diminta untuk acara pemerintahan, universitas, dan aktivitas lain. Bahkan juga Kue Puthu punya Rini ini pernah dicicip oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Jika kamu ingin rasakan kue putu yang legendaris ini, seharusnya tiba pada sore hari. Jam 16.00 antrean telah padat mengular mengincar jajan legit manis ini. Umumnya kue habis habis sekitaran jam 20.00 . Maka janganlah sampai kekurangan ya!

Similar Posts