Uncategorized

Mengenali Emotional Numbness, Mati Rasa Menurut Psikologi

Emosi ialah sisi penting yang menolong kita agar bisa berperan dalam kehidupan. Dari riset Alexander (2012) mengatakan seorang memberikan laporan alami minimal satu emosi 90% setiap saat, dengan emosi positif disampaikan lebih dari 2,5x seringkali dibanding dengan emosi negatif.

Mengenali Emotional Numbness, Mati Rasa Menurut Psikologi

Tetapi, ada juga keadaan saat seorang tidak bisa rasakan apa saja secara emosional atau mati rasa secara emosional. Ini juga dikenal dengan istilah emotional numbness dalam psikologi. Yok, kita ketahui selanjutnya!

Table of Contents

– Mengenali Mati Rasa Secara Emosional (Emotional Numbness)
– Langkah Menangani Mati Rasa
– 1. Kerjakan kegiatan yang bergerak
– 2. Menceritakanlah!
– 3. Kerjakan latihan pernapasan enteng dan grounding

– Kontak Professional Bila Kamu Alami Mati Rasa

Mengenali Mati Rasa Secara Emosional (Emotional Numbness)

Mati rasa (emosional numbness) ialah keadaan saat seorang alami minus tanggapan atau reaktivitas emosional (Lindberg, 2021). Kerap kali, mati rasa emosional hasilkan limitasi sementara dalam kemampuan untuk rasakan atau ekspresikan emosi. Adapun banyak hal sebagai ciri-ciri dari emotional numbness adalah:

– Lenyapnya ketertarikan untuk lakukan beberapa hal yang umumnya dirasakan membahagiakan
– Alami kesusahan untuk ekspresikan diri hingga berasa ‘datar’ jalani hidup, baik fisik atau emosional
– Berasa tidak bisa tersambung atau jauh dengan sekitar lingkungan
– Susah berasa berbahagia, suka, atau hati positif

Mati rasa emosional bisa terjadi saat mekanisme limbik banjir dengan hormon depresi (Goodwin, 2017). Keadaan depresi yang tinggi bisa memberatkan emosi terlalu berlebih hingga mengakibatkan kecapekan dalam tubuh. Gabungan dari ke-2 nya bisa mengakibatkan hati terkuras dan, mengakibatkan, mati rasa.

Mati rasa dapat menjadi proses coping membuat perlindungan diri dan menahan semakin banyak merasa sakit masuk jiwa yang terkait dengan trauma. Keadaan mati rasa atau emotional numbness kerap dihubungkan sebagai wujud ciri-ciri dari beragam masalah kesehatan psikis seperti stres, kekhawatiran, sampai masalah depresi pasca-trauma (PTSD).

Langkah Menangani Mati Rasa

Keadaan mati rasa secara emosional sebagai hal yang bisa terjadi pada siapa saja dan bukan keadaan yang karakternya tinggal, kamu bisa lakukan beberapa panduan berikut agar bisa hadapi dan lewat mati rasa yang kamu alami secara emosional.

1. Kerjakan kegiatan yang bergerak

Move your bodi! Salah satunya langkah agar bisa latih rasa emosi adalah dengan beraktivitas yang karakternya bergerak. Centers for Disease Kontrol and Prevention (2020) mereferensikan untuk lakukan minimal 30 menit latihan fisik minimal 5 hari pada sebuah minggu. Olahraga akan membuat kamu berkeringat dan tingkatkan performa jantung. Ini menggerakkan endorfin agar bisa mengucur secara lancar dan membuat kamu lebih berasa nyaman dan berbahagia.

Kegiatan pergerakan enteng seperti jalan kaki, bermain sepeda, sampai lakukan aktivitas indoor seperti aerobik dengan siaran, menjadi beberapa opsi buat kamu kerjakan!

2. Menceritakanlah!

Timbunan emosi yang didesak dan dikubur dalam waktu lama bisa mengakibatkan mati rasa secara emosional atau emotional numbness. Bila kamu berasa telah ketidaktahuan berkenaan apa yang kamu pikir, tidak ada kelirunya agar bisa buka diri dan cari figur dukungan sistem, baik dari rekan, keluarga, dan yang lain sebagai tempat ekspresikan dan share emosi yang kamu alami.

Terhubungnya komunikasi dan ikatan sepanjang prosesmu share narasi akan melepas neurotransmitter yang disebutkan oksitosin, yang juga dikenal sebagai hormon dekapan (cuddle hormone). Hati tersambung ini kemungkinan melegakanmu dari hati mati rasa yang kamu alami!

3. Kerjakan latihan pernapasan enteng dan grounding

Agar bisa latih ‘rasa’, praktek latihan pernapasan enteng dan grounding bisa menjadi satu diantara jalan keluar yang membimbingmu. Ini bisa dilaksanakan dengan ambil interval sesaat dari aktivitas untuk menolongmu ke arah pada kesadaran dan bisa tersambung secara baik dengan lingkungan sekelilingmu.

Latihan tehnik pernapasan enteng dan grounding dapat dilaksanakan dengan menarik napas dalam-dalam dan memerhatikan tiap napas yang masuk dan keluar pada tubuh. Seterusnya kamu bisa rasakan tiap komponen yang berada di sekelilingmu dengan memakai panca indramu, seperti sentuh object disekitaran, rasakan dengan cermat berat, struktur, atau udara yang dibuat dari object itu. Kerjakan dengan berulang-ulang sampai kamu dapat berasa lebih tenang dibanding dengan awalnya!

Kontak Professional Bila Kamu Alami Mati Rasa

Untuk pengecekan selanjutnya, kamu dapat selekasnya mengontak professional, baik psikiater atau psikolog paling dekat di lokasimu atau memakai telekonseling dari beragam basis psikologi paling dipercaya. Dengan konsultasi dengan professional kamu bisa menghindar self diagnose dan memperoleh kontribusi yang pas untuk menanganinya!

 

kunjungi juga konsultan hipnoterapi

Similar Posts