Berita Website

Mengenal Jenis Burung Jenday Conure Beserta Perawatannya

Jenis-Burung-Jenday-Conure

Burung beo kecil yang pintar, dinamis, dan pengasih, jenday conures jadi hewan piaraan yang bagus untuk pemilik yang bisa habiskan waktu bergaul dengan mereka.

Berwarna-warni dan pintar, burung-burung ini sudah jadi hewan piaraan terkenal sepanjang bertahun-tahun. Pas untuk keluarga dengan anak-anak. Bila Anda cari personalitas burung besar dalam ukuran solid, spesies yang penuh warna dan ramah ini kemungkinan cocok.

Kisah Umum Spesies

Nama Umum: Jenday conure, parkit jandaya, conure berkepala kuning, flaming parkit
Nama Ilmiah: Aratinga jandaya
Ukuran Dewasa: 12 inch
Keinginan Hidup: Lebih dari 30 tahun

Asal dan Riwayat

Jenday Conure berawal dari rimba, rumpun pohon palem, dan perkembangan padat di timur laut Brasil. Dia mempunyai opsi untuk bersarang tinggi di cengkungan pohon dan biasanya melancong dalam temanan kecil yang terbagi dalam 30 lebih atau burung.

Kata “jenday” berawal dari bahasa Tupi Kuno, bahasa asli dari Brazil. Maknanya “burung beo kecil.” Burung itu ialah spesies yang diproteksi; perdagangannya dilarang dan penangkapan.

Perangai

Karena karakternya yang cerah dan pengasih, jenday conures menjadi burung teman dekat setia. Beberapa jenday kemungkinan terlilit pada seseorang, tapi sebagian besar harus bekerja secara baik dengan unit keluarga dan terima tiap orang sebagai anggota temanannya.

Jendays dapat benar-benar senang diemong, kerap nikmati tumpangan di pundak pawangnya atau dalam baju mereka. Anda akan mendapati jika mereka biasanya senang dielus dan akan tundukkan kepala saat datang waktunya untuk memperoleh kasih sayang.

Banyak orang kagum pada keelokan dan personalitas burung ini yang menarik. Jenday conures ialah burung sosial yang tumbuh subur dalam interaksi. Mereka kemungkinan bukan opsi terbaik untuk mereka yang mempunyai waktu kurang dari beberapa saat satu hari untuk habiskan waktu dengannya.

Conure Jenday sama cerdasnya dengan bagian keluarga burung beo yang lain dan bisa pelajari trick mengikuti suara dan simpel.

ciri-ciri-jenis-kelamin-burung-sun-conure

Pidato dan Vokalisasi

Conure mengikuti perkataan manusia seperti burung beo yang semakin besar, tapi umumnya jenday umumnya tidak “bicara “.Itu tidak memiliki arti mereka tidak melipur. Banyak hewan piaraan jenday belajar mengulang-ulang beberapa suara rumah tangga setiap hari seperti microwave dan telephone.

Sekawanan burung jenday conures bernada keras; mereka condong berteriak sepanjang penerbangan. Banyak Conure jadi berteriak bila berasa diacuhkan. Bila Anda mempunyai tetangga dekat, satu ekor Conure bisa dipandang seperti masalah yang bising.

Warna dan Tanda Jenday Conure

Jenday Conure mempunyai bulu berwarna-warni dengan badan warna merah jingga dan sayap dan punggung warna hijau. Ekornya mempunyai bulu biru, dan sayapnya dikitari warna biru cerah. disebutkan conure berkepala kuning, dia mempunyai kepala kuning dengan bintik oranye di mukanya.

Paruh burung jenday warna hitam, kaki dan tungkainya warna abu-abu. Ini ialah spesies monomorfik, yang memiliki arti jika DNA atau pembandinghan sexing ialah salah satu langkah tepat untuk membandingkan jantan dari betina. Betina mempunyai irislah warna coklat muda dan cincin mata keabu-abuan, sedang jantan mempunyai selaput mata coklat yang lebih gelap dan cincin mata warna putih. Ketidaksamaan kecil ini tidak cukup buat sexing.

Keseluruhannya, jenday conures benar-benar serupa dalam ukuran dan performa dengan sun conures. Langkah paling mudah untuk membandingkannya ialah jenday mempunyai sayap hijau, sedang sayap matahari khususnya warna kuning.

Menjaga Jenday Conures

Supaya burung Anda masih berbahagia dan tenang, targetkan untuk habiskan beberapa waktu dengan burung Anda. Penting supaya burung tidak jemu atau kesepian; ini bisa mengakibatkan sikap kunyah yang nakal dan menghancurkan.

Walau ini ialah burung kecil yang terlihat muat dalam kandang cockatiel, https://kacer.co.id/ dia memerlukan semakin banyak ruangan dari itu. Minimal harus lumayan besar untuk burung untuk mengemaskan bergerak bebas dan sayapnya. Akan lebih bagus bila mempunyai kekuatan terbang dalam sangkarnya.

usia-produktif-sun-conure

Burung-burung ini benar-benar aktif dan dikenali senang ngambek di ruangan kecil. Ruangan minimal absolut harus mempunyai panjang 3 kaki dan lebar 2 tinggi dan kaki. Kandang harus memiliki ukuran 2x lipat bila Anda memutuskan untuk memiara sepasang.

Pasangan Jenday Conure biasanya jaga karakter hewan piaraan mereka yang penuh kasih sayang dan terbiasa bila ke-2 burung memperoleh perhatian yang tepat. Mereka dapat ditaruh dengan tipe Conure lain, khususnya conure berjemur, berlapis bermahkota biru, dan emas.

Dua spesies Conure bisa kawin silang, tetapi hibridisasi mencemarkan kelompok gen yang telah terbatas; itu tidak disarankan. Bila kombinasi di antara sun conure dan jenday terjadi, hibrida itu disebutkan “minggu “.

Permasalahan Kesehatan Umum

Jenday conures ialah burung kuat yang bisa secara cepat menyesuaikan dengan kehidupan rumah. Tetapi burung-burung ini masih rawan pada beberapa penyakit:

Penyakit dilatasi proventrikel (keadaan virus yang memengaruhi mekanisme pencernaan). Penyakit paruh dan bulu Psittacine (penyakit virus yang fatal yang memengaruhi paruh, bulu, dan mekanisme kebal).

Psittacosis (penyakit aliran pernapasan bakteri), Paruh maloklusi (paruh tumbuh terlampau banyak), Aspergillosis (infeksi jamur).

Pertanda yang memperlihatkan burung ini kemungkinan sakit terhitung lemas, kehilangan selera makan, kesusahan bernapas, dan bulu mengambil atau rontok. Beberapa dari keadaan ini gampang diobati. Jumpai dokter hewan unggas bila ada pertanda yang mengusik.

Diet dan Gizi

Burung piaraan akan mempunyai kesempatan lebih bagus untuk penuhi keperluan nutrisinya bila mereka memperoleh banyak macam dalam makanannya.

Di alam liar, jenday conure umumnya mengonsumsi buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Di penangkaran, mereka memerlukan makanan pelet yang imbang yang diperlengkapi dengan kacang-kacangan, beberapa bijian, dan sayur fresh dan buah.

Anda dapat memberikan mereka makanan pelet dengan jumlah yang tidak terbatas; mereka cuman akan makan apa yang mereka butuhkan. Sedang untuk buah dan sayur fresh, pasarkan seputar 1/8 sampai 1/4 cangkir di malam hari dan pagi. Beberapa bijian dan kacang-kacangan harus jadi sajian kadang-kadang.

Bersihkan mangkok dan kandang makanannya dengan teratur untuk menahan penyebaran infeksi parasit. Disamping itu, Conure benar-benar aktif hingga kegemukan umumnya tidak jadi permasalahan besar sama dalam burung beo piaraan lainnya.

Similar Posts