Tips Trik

Mengenal Apa Itu Ajudikasi

Ajudikasi: Pengertian, Tujuan dan Contohnya

 

            Dalam isitilah penyelesaian masalah terdapat istilah yang disebut ajudikasi, tapi apakah anda tahu ap aitu ajudikasi ? Ajudikasi adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan sesuai dengan aturan hukum tapi tanpa melibatkan ranah pengadilan.

Jadi Ajudikasi ini adalah prose dimana sang Ajudikator yang menjadi pihak ketiga atau penengah dari dua pihak yang bersengketa memberikan putusan penyelesaian terhadap permasalhan yang sedang terjadi. Hasil putusan dari proses ajudikasi ini merupakan hasil putusan final yang harus disepakati dan dipatuhi oleh kedua pihak yang sedang bersengketa dan diharapkan bisa mengehentikan konflik yang terjadi.

Ajudikasi sendiri merupakan proses penyelesaian masalah yang melibatkan orang ketiga sebagai pihak yang netral dan tidak akan memberikan penilaian yang terlalu condong kepada sebelah pihak. Ajudikasi dianggap sebagai salah satu metode penyelesaian masalah terbaik untuk menyelesaikan permasalahan.

Banyak orang lebih memeilih menggunakan metode ajudikasi sebagai cara untuk menyelesaikan masalah yaitu karena proses dan juga hasil putusan yang dikeluarkan jauh lebih cepat. Tetapi meskipun hasil putusannya cepat putusan tersebut merupakan putusan yang kuat secara hukum karena dikeluarkan oleh orang – orang yang ahli dalam hukum,

Tahap ajudikasi sendiri biasanya baru dilakukan jika kedua belah pihak yang saling bersengketa tetap tidak dapat mendapat titik tengah pada saat proses mediasi. Atau bisa juga salah satu pihak ada yang tidak menghadiri proses mediasi dan ingin langsung ke tahap putusan hukum dari permasalahan yang terjadi.

Proses penyelesaian masalah dengan cara ajudikasi ini sendiri tetap mengacu pada hukum yang berlaku untuk menyelesaikan masalah. Biasanya sebelum membuat putusan pihak ajidikator akan mengumulkan bukti atau data – data yang dapat menentukan putusan. Bukti tersebut bisa berupa bukti fisik ataupun bukti yuridis yang bisa digunakan untuk pengambilan keputusan nantinya.

Nanti setelah semua tuntutan dari kedua belah pihak diajukan, maka pengadilan akan mengidentifikasi hak – hak dan kewajiban antara kedua belah pihak lalu menganalisis menurut hukum tentang kesalahan dan juga sengketa apa yang menjadi titik permasalahan dan  tuntutan tersebut.

Jadi sebenarnya ajudikasi itu termasuk kedalam akomodasi yang berbentuk sebuah penyelesaian perkara atau sengketa didalam pengadilan. Akomodasi ini merupakan suatu kondisi yang masih berjalan tentang bagaimana serangkaian hubungan yang terjadi antara pihak yang satu dengan pihak yang lain dipandang.

Sementara itu sebagai suatu proses yang masih berjalan, akomodasi ini mengacu kepada penyesuaian dengan konflik yang terbuka kemudia diselesaikan dalam batas batas yang sudah ditetapkan. Nantinya hasil dari proses akomodasi ini akan memberikan keseimbangan dan kestabilan dalam perseteruan tersebut.

Intinya dari penggunaan ajudikasi ini sebenarnya sama dengan penyelesaian permasalhan lain yaitu menemukan titik temu yang sama – sama menjawab dan menguntungkan kedua belah pihak yang berseteru. Selain itu juga penerapan ajudikadi ini juga dilakukan agar cenderung mengurangi pertentangan atau ketegangan selama proses mediasi sebelumnya.

Ajudikasi juga menciptakan Kerjasama antara orang – orang yang berkaitan dalam satu pihak, karena orang yang berada pada pihak yang sama akan mengumpulkan bukti sekuat tenaga untuk memenangkan tuntutannya, tetapi tentu tetap dengan cara yang sehat. Ajudikasi juga mencegah terjadinya ledakan atau amarah yang memuncak yang mungkin terjadi jika kedua pihak tersebut dipertemukan.

Sebenarnya masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah, tetapi ajudiaksi ini dianggap sebagai salah satu yang paling ampuh untuk menyelesaikan permasalahan baik skala kecil maupun besar.

Similar Posts