Kesehatan

Masker Duckbill Ternyata Tidak Bisa Dicuci Dan Dipakai Berulang

main image

Ada banyak sekali jenis masker yang ada sekarang ini dan bisa kita dapatkan dengan sangat mudah termasuk lewat online. Ada salah satu masker yang cukup sering digunakan banyak orang yaitu masker duckbill. Lalu banyak juga bermunculan pertanyaan seputar masker duckbill. Misal apakah masker ini bisa dicuci atau tidak yang masih menjadi sebuah pertanyaan bagi banyak masyarakat awam. Penggunaan masker saat pandemi COVID-19 memang menjadi hal umum, tetapi banyak yang telah mengabaikan penerapan yang tepat dan aturannya. Termasuk seputar masker ini bisa sekali pakai atau tidak. Apakah bisa sekali pakai atau berulang kali digunakan tentu bergantung dari jenis masker tersebut. 

Mengenal Keefektifan Masker Duckbill Jika Dibandingkan Dengan Masker Bedah

Jenis masker duckbill ini merupakan masker yang bagi beberapa orang menganggapnya bisa dicuci sehingga dapat digunakan masker duckbill tersebut berulang kali. Tetapi lebih baik kita mengetahui beberapa hal berikut ini untuk tahu apakah masker satu ini bisa dicuci lalu dipakai kembali atau tidak. Ketua Satgas Penanganan COVID-19 yang sebelumnya pernah mengatakan kalau masker duckbill mempunyai kualitas yang sebenarnya sama dengan penggunaan masker bedah. Produk masker kesehatan ini sendiri mempunyai tingkat keefektifan untuk melawan virus hingga 89 persen. Maka hal ini berarti juga kalau duckbill sama tangguh atau efektifnya dengan pemakaian masker bedah dalam mencegah penularan COVID-19. Maka dari itu juga, diketahui pula masker duckbill tak bisa digunakan untuk berulang kali. Jadi masker duckbill termasuk masker yang sekali pakai karena erat kaitannya dengan masker bedah. Untuk setiap masker yang hanya dapat dipakai sekali saja maka tidak dapat juga kalian cuci dan masker tersebut harus dibuang segera dalam sekali penggunaan. 

Mencuci Kembali Masker Duckbill Dan Dipakai Lagi Bisa Mengurangi Keefektifan 

Memakai masker duckbill dengan secara berulang setelah dicuci kembali dapat mengurangi keefektifan pemakaiannya. Jadi hal satu ini yang perlu diperhatikan. Untuk saat ini, maka kita harus memakai masker yang benar-benar ampuh. Ampuh di sini yaitu masker yang bisa benar-benar bisa menyaring partikel yang sangat kecil dan halus untuk mencegah tertular Covid. Jadi masker yang dipakai jangan yang kurang tingkat keefektifannya. Salah satunya yaitu masker duckbill yang dicuci setelah sudah digunakan dan dipakai kembali. Alangkah baiknya kita memakai masker yang benar-benar dalam keadaan yang maksimal.  

Penggunaan Masker Lain Yang Disarankan

Sekarang ini tentu sudah ada banyak sekali jenis masker yang bisa kita pilih dan gunakan selain masker duckbill. Beberapa masker ada yang disarankan untuk perawat dan lansia. Karena masker tersebut bisa bekerja lebih optimal daripada masker yang lain agar bisa membantu memperlambat virus COVID-19 menyebar. Ada pun jenis masker lain yang disarankan dalam mencegah virus COVID-19 tersebut. Ada misal masker N95 yang dianjurkan untuk mereka para tenaga medis dan lansia. Hal tersebut dikarenakan masker N95 ini memiliki keefektifan yang tinggi untuk mencegah virus . Namun, N95 bisa menjadi masker yang tidak nyaman digunakan dan pengap saat dipakai jangka panjang. Maka dari itu,  masker N95 memang dianjurkan dipakai tenaga medis saja. Lalu jenis masker lain yang lebih dianjurkan pada penggunaan harian yaitu masker yang terbuat dari bahan kain. Masker ini dibuat dengan bahan seperti katun misal yang dapat digunakan secara berulang kali serta tidak mengganggu pernapasan juga. Namun masker ini harus diperhatikan juga ketebalannya, filter internal serta kesesuaiannya dengan wajah dikarenakan berhubungan dengan efektivitas.

 

Similar Posts