Kesehatan

Manfaat Kalsium serta dosis yang baik bagi tubuh kita

Manfaat Kalsium serta dosis yang baik bagi tubuh kita

Banyak diantara kita pasti sudah mengetahui manfaat kalsium karena zat mineral satu ini memang memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh khususnya untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang serta gigi. Untuk mendapatkan kalsium juga tidak terlalu sulit karena ada banyak sekali makanan dan minuman yang mengandung kalsium seperti susu dan produk olahannya, sayuran hijau, sarden, hingga salmon. Selain itu, kalian juga perlu mengetahui bahwa manfaat dari zat ini tidak hanya untuk perkembangan tulang saja karena kalsium juga memiliki manfaat untuk mendukung kerja sistem saraf, pembekuan darah, serta kontraksi otot.

Dengan begitu besar manfaat kalsium bagi tubuh maka tidak heran jika kita kekurangan mineral satu ini bisa menyebabkan pertumbuhan anak semakin terhambat dan memicu berbagai macam penyakit seperti rakitis, osteomalacia, dan osteoporosis. Jika kalian tidak bisa mendapatkan atau alergi mengkonsumsi kalsium melalui makanan/minuman, kalian bisa mendapatkan suplemen kalsium sesuai kebutuhan tubuh kalian. Dengan begitu, mengkonsumsi kalsium tidak boleh asal-asalan.

Manfaat Kalsium Bagi tubuh seseorang

Banyak sekali manfaat yang bisa kalian dapatkan ketika mendapatkan kalsium sesuai dengan yang tubuh anda butuhkan. Salah satu manfaat yang jarang diketahui banyak orang adalah kalsium mampu membantu dalam proses pembekuan darah. Pada proses rumit ini melibatkan beragam unsur kimia dan salah satu unsur yang bertanggung jawab dalam hal tersebut adalah kalsium. Pada proses ini, kalsium dibantu dengan vitamin K dan protein bernama fibrinogen menutup dan memulihkan luka. Apabila kadar kalsium dan vitamin K tidak terpenuhi maka peredaran yang cukup parah pun bisa terjadi.

Selain itu, kalsium juga memiliki manfaat untuk mencegah kanker usus besar. Pada pria dan wanita memang memiliki resiko besar terkena kanker usus besar. Oleh karena itu, mengkonsumsi lebih banyak kalsium baik itu dalam bentuk suplemen ataupun makanan/minuman bisa menurunkan resiko terserang kanker usus. Dengan demikian, anda wajib memperhatikan kalsium yang anda butuhkan dengan baik.

Dosis aturan pakai kalsium untuk mendapatkan manfaat terbaik

Untuk mendapatkan manfaat kalsium terbaik maka kalian wajib mengetahui takaran atau dosis aturan pakai saat mengkonsumsi kalsium pada tubuh. Untuk itu, ada baiknya kalian memberitahu dokter jika kalian memiliki alergi terhadap kalsoum ataupun salah satu bahan yang terkandung produk suplemen kalsium. Jika anda dalam keadaan hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan, maka perlu meminta saran dokter untuk mendapatkan dosis kalsium yang sesuai.

Selain itu, kalian juga tidak boleh mengkonsumsi suplemen kalsium diluar jangkuan dokter jika anda menderita penyakit ginjal, jantung, sarkoidosis, tumor tulang, kanker prostat, dan lain sebagainya. Dengan memberitahu ke dokter, kalian akan mendapatkan manfaat kalsium dengan sangat baik sehingga kalian tidak akan mendapatkan masalah pada tubuh.

Similar Posts