Kesehatan Uncategorized

Makanan yang dapat memperparah jerawat.

memperparah jerawat

Makanan yang dapat memperparah jerawat – Tak di pungkiri lagi bahwa jerawat merupakan masalah kulit yang menyusahkan bagi sebagian orang, setiap orang baik pria maupun perempuan pastilah pernah mengalami yang namanya jerawatan khusunya pada bagian wajah di semasa hidupnya.

Jerawat yang muncul pada kulit wajah mampu membuat seseorang merasa malu dan menurunkan tingkat percaya diri di hadapan semua orang, terutama wanita yang selalu memperhatikan tampilanya. Jerawat merupakan suatu masalah kulit dimana tersumbatnya pori-pori kulit dan membuat penumpukan minyak pada area lapisan bawah kulit. Dampaknya akan terjadi yaitu pembengkakan kecil, kemerahan, bintik putih dan meradang.
Penyebab jerawat.

Beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat pada seseorang dapat di akibatkan oleh :

1. Faktor Genetik atau keturunan.
2. Polusi, kotoran dan debu yang berterbangan menempel pada kulit.
3. Bakteri Propionibacterium acnes yang hidup pada lapisan kulit.
4. Gaya hidup seperti merokok, alkohol dan jarang olahraga.
5. Penyumbatan pori-pori akibat sel kulit mati yang menumpuk.
6. Pengunaan kosmetik, pengunaan kosmetik mampu menutup pernapasan kulit.
7. Pengaruh hormon, masa pubertas dan remaja.
8. Stess dan perubahan mood.
9. Gesekan benda yang membuat iritasi.
10. Pengaruh obat.
11. Dan yang terakhir makanan.

Umunya setiap orang akan mengalami jerawat terutama pada masa remaja dimana jerawat timbul akibat pengaruh perubahan hormon seseorang. Namun beberapa makanan dan minuman mampu menimbulkan jerawat sekaligus memperparahnya.

Makanan yang dapat memperparah jerawat.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang mampu menimbulkan jerawat buat kamu yang sensitif sebaiknya dihindari.

1. Makanan dan minuman yang manis.

Makanan dan minuman yang mengandung tinggi gula membuat tubuh memproduksi lebih banyak insulin untuk mengatur kadar gula dalam tubuh. Dalam hal ini jika di lakukan secara terus menerus dapat mempengaruhi hormon lain dalam tubuh yang memicu timbulnya jerawat.

Beberapa makanan sederhana yang mengandung tinggi gula:

1. Nasi putih.
2. Minuman kemasan, soda dan lainya.
3. Alkohol.
4. Sereal.
5. Kue.
6. Makanan siap saji.
7. Permen.
8. Semua jenis Coklat.
9. Dan manisan lainya.

Hindari penggunaan gula berlebih dan batasi asupan kalori dalam tubuh agar tidak menimbulkan masalah penyakit lainya yang akan menyerang kamu di kemudian hari.

2. Susu dan segala olahanya.

Susu terbukti dapat memicu seseorang untuk lebih mudah untuk terkena jerawat, bukan hanya susu murni akan tetapi segala jenis olanya seperti keju, yogurt dan es krim.

Salah satu teori yang mengatakan bahwa susu dapat meningkatkan kadar insulin sekaligus memperburuk keparahan jerawat.

Dalam susu sapi murni juga mengandung asam amino yang dapat merangsang hati untuk menghasilkan lebih banyak IGF-1. Hormon IGF-1 adalah hormon yang terkait dengan pembentukan jerawat. Sehingga dapat memungkinkan seseorang untuk terkena jerawat 4x lebih besar.

Hal ini akan tetapi perlu pembuktian lebih karena berapa banyak dan batasan terhadap konsumsi susu yang berlebihan untuk tubuh.

3. Makanan siap saji.

Makanan siap saji atau junk food dapat berupa, gorengan, burgger, kentang goreng, soda, hot dog dan lainya. Namun bukan hanya junk food saja makanan yang mengandung santan dan minyak berlebih juga dapat memicu seseorang untuk jerawatan.

Mengapa bisa terjadi. Hal ini dapat disebabkan beberapa hal seperti pengolahan, bahan baku dan terdapatnya kandungan lemak jahat yang pada makanan. Menumpuknya lemak jahat dalam tubuh mampu menggangu keseimbangan hormon lainya dalam tubuh.

Sebuah hasil penelitian menemukan bahwa makan makanan yang mengandung lemak tinggi meningkatkan risiko kemunculan jerawat sebesar 17-43 persen.

4. Makanan yang mengandung lemak trans.

Lemak trans dapat berasal dari minyak sayur yang digunakan untuk memasak, jika pengunaaan minyak secara berulang maka bahaya dari lemak trans juga meningkat.

Lemak trasn atau lemak sayur juga umumnya terdapat ditemui dalam makanan olahan mulai dari kue, keripik, biskuit, dan mentega, gorengan dan masih banyak lagi.

Selain meningkatkan kadar kolesterol jahat lemak trasn juga dapat menyumbat pembuluh arteri pada jantung, lemak trans bisa menyumbat pembuluh darah kecil di kulit. Di waktu yang bersamaan, lemak trans juga memicu peradangan yang bisa menumbuhkan jerawat di wajah dan minyak berlebih.

Oleh karena itu, kurangi makan makanan olahan dan kemasan dan siap saji karena merupakan sumber lemak trans yang cukup banyak. Sebaiknya, konsumsilah berbagai sumber lemak sehat seperti yang terdapat dalam minyak zaitun, alpukat, wijen, kacang kenari dan jenis kacang-kacangan lainya.

Baca juga : tanaman obat yang mudah ditanam

5. Whey protein.

Whey protein umunya di konsumsi untuk seseorang yang ingin membentuk masa otot dan tubuh sebagai asupan gizi yang besar.

Sebenarnya whey protein merupakan salah satu kandungan protein utama dalam susu yang telah di olah. Didalam whey protein mengandung leusin, yakni asam amino yang berperan dalam pertumbuhan otot. Selain itu juga mengandung sistein yang membantu meningkatkan glutathione sebagai antioksidan penting dalam tubuh, untuk memerangi radikal bebas.

Disisi lain protein yang di konsumsi secara berlebihan dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Beberapa penelitian bahkan menemukan hubungan antara konsumsi whey protein dan jerawat pada pria yang mengonsumsinya.

6. Jenis makanan tertentu.

Jenis makanan di sini ialah yang di maksud beberapa olahan panganan yang dapat menimbulkan reaksi seperti jerawatan dan alergi pada umumya, namun tidak berefek pada orang lain jika mengkonsumsinya.

Biasa di sebut dengan reaksi alergi, di sebabkan karena sistem kekebalan tubuh salah mengidentifikasi alergen. Dimana Alergen di anggap membahayakan tubuh yang padahal sebenarnya tidak.

Rangsangan alergi dapat berasal dari lingkungan, makanan, obat dan beberapa faktor lainya. Dalam makanan contohnya seperti olahan seafood, telur, susu dan protein, dimana ada sebagian orang tidak bisa mengkonsumsi makanan tersebut karena reaksi alergi.

Dampak alergi dapat berupa bintik pada kulit seperti jerawat, ruam merah, gatal dan pembengkakan pada area tubuh. Itulah beberapa makanan dan minuman yang dapat memicu sekaligus memperparah jerawat.

Nah itulah beberapa makanan yang dapat memperparah jerawat kamu.

Sc : https://www.healty99.com/

Similar Posts