Bisnis

Legalitas dan Perizinan Impor Setiap Jasa Kirim Singapore Indonesia

jasa kirim Singapore Indonesia 1

Setiap penyedia jasa kirim Singapore Indonesia tentunya sudah menentukan masing-masing legalitas dan perizinannya. Sebagai pengirim maupun penerima, Anda perlu mengikutinya sesuai prosedur yang telah diatur oleh pemerintah. Tujuannya agar menghindari masalah dan hambatan lainnya.

5 Hal Perlu Diketahui Mengenai Legalitas dan Perizinan Jasa Kirim Singapore Indonesia

 

jasa kirim Singapore Indonesia 3

Perizinan impor biasanya dikenal dengan istilah lisensi. Surat ini merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah secara resmi guna mengizinkan barang dari negara lain masuk ke wilayah Indonesia. Kebijakan ini pun juga menentukan adanya batasan tertentu pada jumlah maksimalnya.

  1. Siapa yang Membutuhkan Izin Impor?

Jadi izin impor akan dibutuhkan oleh setiap importir dari negara mana saja. Adanya perizinan ini menjadi tanda bukti bahwa barang tersebut sudah aman untuk masuk di Indonesia. Mengingat bahwa banyaknya kasus penyelundupan akibat mengirim produk terlarang seperti narkotika dan senjata api.

Anda mungkin akan membutuhkan izin impor untuk mengimpor barang tertentu. Perizinan ini dikeluarkan oleh pemerintah secara nasional sehingga membutuhkan beberapa persyaratan ketika hendak mengurusnya. Dokumen ini termasuk ke dalam salah satu persyaratan yang harus dilengkapi.

  1. Bagaimana Cara Mengurus Izin Impor?

Pertanyaan ini memang banyak ditanyakan khususnya bagi pelaku UMKM yang belum pernah melakukan impor sebelumnya. Hal ini seringkali menjadi hambatan untuk sebagian besar pengusaha di Indonesia karena menganggap bahwa mengurus izin tersebut cukup rumit saat dilakukan.

Jadi izin impor ini hanya bisa Anda urus melalui Kemendag, namun kini sudah dapat diurus lewat OSS dengan menggunakan sistem Nomor Induk Bersama. Sebagai importir hanya perlu mengikuti prosedur dari awal hingga selesai. Cara ini pun dianggap lebih mudah karena dilakukan secara online.

  1. Apa Saja Persyaratan Mengurus Izin Impor?

Bagi Anda yang hendak mengurus izin impor, tentunya harus melengkapi persyaratannya terlebih dahulu. Hal ini perlu diselesaikan secara lengkap agar dokumen bisa selesai dalam waktu singkat tanpa adanya hambatan sama sekali. Mengingat bahwa perizinan ini berlaku cukup ketat saat dikeluarkan.

Persyaratan mengurus izin impor ini mencakup fotocopy akta pendiriaan dari notaris, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP), NPWP, SKT Badan, KTP dan NPWP pemegang saham serta informasi mengenai pengelompokan bidang usaha yang ingin diubah pada NIB

  1. Berapa Lama Mengurus Izin Impor?

Pertanyaan ini juga sering dilontarkan oleh kebanyakan calon importir di Indonesia. Banyak dari mereka menganggap jika mengurus izin impor memerlukan waktu cukup lama sehingga memilih untuk tidak melakukannya. Hal seperti ini sudah menjadi alasan utama warga tanah air dalam berbagai urusan.

Jadi lama pengurusan izin impor ini akan semakin cepat apabila persyaratan yang Anda bawa sudah terbukti lengkap. Lain halnya jika syarat-syarat masih dinilai kurang, maka input data juga akan terhambat dan memperlambat estimasi waktunya.

  1. Mengapa Harus Mengurus Izin Impor?

Ada banyak alasan mengapa Anda harus memiliki izin impor. Hal ini nyatanya dinilai penting terutama bagi pelaku UMKM untuk memperluas pasar. Adanya perizinan ini menjadi bukti bahwa usaha sudah diizinkan pemerintah dalam melakukan pengiriman barang dari luar negeri seperti Singapore.

Perizinan impor ini juga sudah ditangani oleh konsultan dan para ahli sehingga Anda hanya perlu menunggu diterbitkan secara resmi. Kegiatan perdagangan antar negara tentunya jauh lebih mudah dilakukan daripada sebelumnya.

Kelima hal berikut perlu Anda ketahui mengenai pentingnya memiliki perizinan impor antar negara. Setiap penyedia jasa kirim Singapore Indonesia umumnya sudah menawarkannya kepada tiap pelanggan agar lebih mudah mengurusnya.

Similar Posts