Berita Bisnis teknologi

Keuntungan Cryptocurrency yang perlu di pertimbangkan

Cryptocurrency adalah jenis mata uang digital yang sedang populer, setelah muncul sebagai alternatif digital untuk metode pertukaran yang lebih tradisional seperti uang tunai atau kartu kredit, kriptografi atau cryptocurrency juga telah menghasilkan sudut pandang alternatif.

Di satu sisi, ada aliran pemikiran yang melihat cryptocurrency sebagai media keuangan untuk penipu, teroris, dan penjahat terutama mengingat keterlibatan mereka dalam penipuan ransomware, dan dalam perdagangan di Dark Web.

Di sisi lain, kenaikan nilai Bitcoin baru-baru ini telah menetapkan cryptocurrency sebagai investasi yang layak yang dengan hype positif seputar teknologi blockchain yang mendukungnya dapat berdampak positif pada dompet dan praktik perdagangan investor arus utama, di seluruh dunia.

Dalam artikel ini, kita akan melihat aspek dan keuntungan yang lebih positif dari cryptocurrency, dan mempertimbangkan poin plus yang menjadikannya alternatif yang bisa diterapkan untuk bentuk perdagangan keuangan yang lebih mapan.

Keuntungan dari Cryptocurrency

Selain Harga Crypto hari ini yang semakin tinggi, Cryptocurrency juga menawarkan beberapa keuntungan dari Cryptocurrency itu sendiri, berikut ulasannya:

1. Transaksi

Dalam transaksi bisnis tradisional, pialang, agen, dan perwakilan hukum dapat menambah kerumitan dan biaya yang signifikan pada apa yang seharusnya menjadi transaksi langsung. Ada dokumen, biaya perantara, komisi, dan sejumlah ketentuan khusus lainnya yang mungkin berlaku.

Salah satu keuntungan dari transaksi cryptocurrency adalah bahwa mereka adalah urusan peer-to-peer, terjadi pada struktur jaringan peer-to-peer yang menjadikan “memotong perantara” sebagai praktik standar. Ini mengarah pada kejelasan yang lebih besar dalam menetapkan jejak audit, lebih sedikit kebingungan tentang siapa yang harus membayar apa kepada siapa, dan akuntabilitas yang lebih besar, karena kedua pihak yang terlibat dalam transaksi masing-masing tahu siapa mereka.

2. Transfer Aset

Seorang analis keuangan menggambarkan blockchain cryptocurrency sebagai “basis data hak properti besar,” yang pada satu tingkat dapat digunakan untuk mengeksekusi dan menegakkan kontrak dua pihak pada komoditas seperti mobil atau real estat. Tetapi ekosistem cryptocurrency blockchain juga dapat digunakan untuk memfasilitasi mode transfer khusus.

Misalnya, kontrak cryptocurrency dapat dirancang untuk menambahkan persetujuan pihak ketiga, mengacu pada fakta eksternal, atau diselesaikan pada tanggal atau waktu tertentu di masa mendatang. Dan karena Anda sebagai pemegang cryptocurrency memiliki tata kelola eksklusif akun Anda, ini meminimalkan waktu dan biaya yang terlibat dalam melakukan transfer aset.

3. Lebih Banyak Transaksi Rahasia

Di bawah sistem tunai/kredit, seluruh riwayat transaksi Anda dapat menjadi dokumen referensi bagi bank atau agen kredit yang terlibat, setiap kali Anda melakukan transaksi. Pada tingkat yang paling sederhana, ini mungkin melibatkan pemeriksaan saldo akun Anda, untuk memastikan bahwa dana yang cukup tersedia. Untuk transaksi yang lebih kompleks atau bisnis penting, pemeriksaan yang lebih menyeluruh dari sejarah keuangan Anda.

Salah satu keuntungan besar lainnya dari cryptocurrency adalah bahwa setiap transaksi yang Anda lakukan adalah pertukaran unik antara dua pihak, yang persyaratannya dapat dinegosiasikan dan disepakati dalam setiap kasus. Terlebih lagi, pertukaran informasi dilakukan atas dasar “dorongan”, di mana Anda dapat mengirimkan dengan tepat apa yang ingin Anda kirim ke penerima – dan tidak ada selain itu.

Menjaga privasi riwayat keuangan Anda dan melindungi Anda dari ancaman pencurian akun atau identitas yang lebih besar di bawah sistem tradisional, di mana informasi Anda dapat diekspos kapan saja dalam rantai transaksi.

4. Biaya Transaksi

Anda pasti membaca laporan rekening bulanan Anda dari bank atau perusahaan kartu kredit, dan menolak keras pada tingkat biaya yang dikenakan untuk menulis cek, mentransfer dana, atau bernapas dalam arah umum dari rumah keuangan yang terlibat. Biaya transaksi dapat menghabiskan banyak aset Anda terutama jika Anda melakukan banyak transaksi dalam sebulan.

Karena penambang data (sistem komputer jarak jauh dan terpisah) yang melakukan penghitungan angka yang menghasilkan Bitcoin dan cryptocurrency lainnya menerima kompensasi mereka dari jaringan cryptocurrency yang terlibat, biaya transaksi biasanya tidak berlaku.

Mungkin ada beberapa biaya eksternal yang terlibat jika Anda menggunakan layanan dari layanan manajemen pihak ketiga untuk memelihara dompet cryptocurrency Anda, tetapi salah satu keuntungan dari cryptocurrency adalah bahwa mereka masih cenderung jauh lebih sedikit daripada biaya transaksi yang dikeluarkan oleh tradisional. sistem keuangan.

5. Akses Lebih Besar ke Kredit

Transfer data digital dan internet adalah media yang memfasilitasi pertukaran mata uang kripto. Jadi layanan ini berpotensi tersedia bagi siapa saja yang memiliki koneksi data yang layak, beberapa pengetahuan tentang jaringan cryptocurrency yang ditawarkan, dan akses siap ke situs web dan portal mereka yang relevan.

Diperkirakan saat ini ada 2,2 miliar orang di seluruh dunia yang memiliki akses ke Internet atau ponsel, tetapi saat ini tidak memiliki akses ke sistem perbankan atau pertukaran tradisional. Ekosistem cryptocurrency memiliki potensi untuk membuat transfer aset dan pemrosesan transaksi tersedia untuk pasar konsumen yang luas ini setelah infrastruktur yang diperlukan (digital dan peraturan) diterapkan.

6. Perdagangan Internasional Lebih Mudah

Meskipun sebagian besar tidak diakui sebagai alat pembayaran yang sah di tingkat nasional saat ini, cryptocurrency pada dasarnya tidak tunduk pada nilai tukar, suku bunga, biaya transaksi, atau pungutan lain yang dikenakan oleh negara tertentu.

Dan menggunakan mekanisme peer-to-peer dari teknologi blockchain, transfer dan transaksi lintas batas dapat dilakukan tanpa komplikasi fluktuasi nilai tukar mata uang, dan sejenisnya.

7. Kepemilikan Individu

Dalam sistem perbankan atau kartu kredit tradisional, Anda secara efektif mengalihkan pengelolaan dana Anda ke pihak ketiga yang dapat menjalankan kekuatan hidup atau mati atas aset Anda. Akun dapat ditutup tanpa pemberitahuan karena pelanggaran Persyaratan Layanan lembaga keuangan yang mengharuskan Anda sebagai pemegang akun untuk melewati rintangan agar dapat kembali ke sistem.

Mungkin keuntungan terbesar dari semua cryptocurrency adalah bahwa kecuali Anda telah mendelegasikan pengelolaan dompet Anda ke layanan pihak ketiga, Anda adalah pemilik tunggal dari kunci enkripsi pribadi dan publik yang sesuai yang membentuk identitas atau alamat jaringan cryptocurrency Anda.

8. Kemampuan beradaptasi

Saat ini ada lebih dari 1200 cryptocurrency atau altcoin unik yang beredar di seluruh dunia. Banyak yang cukup singkat, tetapi proporsi yang signifikan telah dibuat untuk kasus penggunaan khusus yang menggambarkan fleksibilitas fenomena cryptocurrency.

Misalnya, ada “koin privasi” yang membantu menutupi identitas Anda di blockchain, dan token rantai pasokan yang dapat memfasilitasi operasi rantai pasokan untuk berbagai jenis industri.

9. Keamanan yang Kuat

Setelah transfer mata uang kripto diotorisasi, itu tidak dapat dibatalkan seperti dalam kasus transaksi “tagihan kembali” yang diizinkan oleh perusahaan kartu kredit. Ini adalah lindung nilai terhadap penipuan yang memerlukan kesepakatan khusus yang harus dibuat antara pembeli dan penjual mengenai pengembalian uang jika terjadi kesalahan atau kebijakan pengembalian.

Teknik enkripsi yang kuat yang digunakan di seluruh buku besar yang didistribusikan (blockchain) dan proses transaksi mata uang kripto adalah perlindungan terhadap penipuan dan gangguan akun, dan penjamin privasi konsumen.

Similar Posts