Tips Trik

Keunikan Burung Murai

keunikan burung murai

Keunikan Burung Murai

 

Burung Murai Batu termasuk dalam kategori burung langka yang hampir punah keberadannya. Tetapi justru karena angka populasinya yang semakin menurun setiap tahunnya, menyebabkan keberadaannya semakin dicari oleh para “bird lover”.

Sebab lainnya yang menjadikan murai batu menjadi sangat populer adalah beberapa keunikan yang terdapat pada burung ini. Beberapa diantara keunikan tersebut akan diulas dibawah ini.

  • Murai Petarung

Murai batu merupakan jenis burung yang temperamental dan mudah marah, tetapi mempunyai karakter yang tangguh.

Jika mendengar suara kicau burung ataupun melihat burung lain pada daerah teritorinya, tanda tersebut akan dianggap sebagai tantangan dari musuhnya seperti referensi dari https://duniakicau.net/ sebutkan . Hal tersebut akan dengan mudah dapat menyulut emosinya, untuk siap bertarung.

Saat siap bertarung, burung ini akan memberikan tanda perilaku yang unik seperti membusungkan dada dan perut, serta mengangkat ekornya dengan serentak. Perilaku tersebut merupakan petunjuk bahwa murai berkuasa di dalam pertempuran.

  • Memiliki Kemampuan Menirukan Kicauan Burung Lain

Walaupun murai batu merupakan burung yang temperamental, tetapi disisi lainnya burung tersebut merupakan jenis burung yang cukup lucu. Murai mampu menirukan kicau burung lain yang ada di sekitarnya.

Si cantik ini bukan hanya sekedar meniru, tetapi karena karakternya yang tidak suka tantangan dari para musuhnya, dia akan menirukan suara kicau tersebut dengan lebih lantang dari burung yang ditirukannya.

Karena perilaku unik tersebut, murai batu selalu lebih unggul dibanding para lawannya pada setiap pertandingan.

  • Jinak dan Patuh Pada Orang Yang Merawatnya

Murai batu sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru yang berada di luar habitatnya, walaupun lingkungan baru tersebut berupa sangkar burung ataupun tempat tinggal lainnya berupa ruangan khusus.

Selain itu walaupun mempunyai sifat yang mudah marah, tetapi sebagai hewan peliharaan, Murai batu termasuk hewan yang jinak dan sangat patuh terhadap orang yang merawatnya.

Karena perilaku unik tersebut, burung ini menjadi salah satu burung yang dikategorikan setia pada siapapun orang yang memiliki dan merawatnya.

  • Fisik dan Kicau Yang Indah

Murai batu memiliki kelebihan lain yang dapat dilihat dari sisi fisik dan suara kicaunya yang unik dibandingkan dengan burung dari jenis spesies yang lain.

Suara kicau murai batu sangat disukai dan terkenal karena kemerduannya dan memiliki begitu banyak variasi irama-irama yang berbeda pada setiap jenisnya.

Dari segi fisik, burung ini memiliki bentuk yang sangat indah dan unik dengan ekor panjangnya serta warnanya. Selain itu stamina dan ketangguhannya sudah cukup banyak diuji pada setiap kompetisi.

  • Memiliki 3 Jenis Warna Yang Berbeda Pada Bulunya

Kecantikan yang tidak banyak orang tahu pada Burung Murai adalah warna bulunya yang terdiri dari 3 jenis warna indah menawan dengan standar yang berbeda.

Bagian-bagian warna yang berbeda tersebut biasanya terlihat pada tubuh bagian atas, tubuh bagian bawah serta bagian-bagian lain seperti ekor, kepala, sayap dan lehernya.

Perbedaan warna tersebut posisinya dapat berbeda-beda pada setiap jenis burung, Hal tersebut juga dapat menjadi suatu identitas tersendiri bagi masing-masing jenis burung yang berbeda.

Similar Posts