Fashion

Inilah Alasan Kenapa Cincin Tunangan Dipasang Di Jari Manis

Inilah Alasan Kenapa Cincin Tunangan Dipasang Di Jari Manis

Setiap orang yang ingin menikah pasti melakukan pertunangan terlebih dahulu. Banyak orang sekarang menggunakan cincin tunangan sebagai simbol pengikat. Lalu sudahkah kamu tahu cincin tunangan di jari mana yang lebih baik?

Sebenarnya tidak ada hal mutlak yang mengatakan bahwa meletakkan cincin tunangan di jari mana. Hal ini hanya dilakukan senyamannya oleh si pemakai saja.

Tetapi setiap jari memiliki arti tersendiri untuk letak cincin tunangan. Seperti halnya jari manis yang banyak dipilih orang untuk disematkan cincin tunangan. Setiap jari tangan pastinya memiliki arti yang berbeda masing-masingnya.

Arti Dari Setiap Jari Untuk Disematkan Cincin

Inilah Alasan Kenapa Cincin Tunangan Dipasang Di Jari Manis

Simak artinya berikut ini:

Ibu Jari/ Jempol

Dalam mitologi, dipercaya bahwa ibu jari sebagai simbol ketekunan serta tekad yang kuat dan penonjolan diri. 

Jika dikenakan di ibu jari maka bahan material juga harus lebih besar dan membuat harganya lebih mahal.

Jari Telunjuk

Ambisi, kepemimpinan dan kepercayaan diri adalah ciri khas pengguna cincin di jari telunjuk. Jari telunjuk biasanya dipasangkan cincin dengan desain unik serta lucu.

Jari Tengah

Merujuk kepada mitologi Yunani, jari tengah memiliki simbol sebagai tanggung jawab dan keseimbangan. Tetapi banyak orang yang biasanya menggunakan cincin di jari ini hanya untuk menarik perhatian.

Jari Manis

Dalam budaya Inggris, bagi yang sudah disematkan cincin di jari manis kiri wanita menandakan sudah terikat pertunangan. Maka dari itu banyak sekali wanita yang memilih untuk menyematkan cincin pada jari manisnya.

Jari Kelingking

Dalam mitologi Yunani, jari kelingking dapat disimbolkan sebagai intuisi, intelegensi dan persuasi. Abad 19-an kalangan pria yang sudah menikah gemar menggunakan cincin di jari kelingkingnya. Namun, sekarang hal tersebut sudah jarang sekali dipergunakan.

Makna Antara Jari Tangan Kanan Dan Kiri

Setiap tangan tentunya akan memiliki arti yang berbeda.

Jari Manis Tangan Kiri

Umumnya orang menggunakan cincin, di jari manis kiri artinya dia sudah terikat sebuah pertunangan. Hal ini juga diyakini oleh kepercayaan bahwa satu-satunya jari yang nadinya mengalir ke jantung adalah jari manis.

Hal inilah yang menyebabkan banyak orang menyematkan cincinnya di jari manis. Sebagai simbol keterikatan dan melambangkan cinta yang abadi.

Dalam bahasa latin, vena pada jari manis disebut dengan ‘vena amoris’ yang berarti ‘vena cinta’.

Jari Manis Tangan Kanan

Kalau di jari manis kanan, banyak orang yang mengenakannya setelah menikah. Wanita yang sudah menikah biasanya mengenakan cincinnya di jari manis sebelah kanan.

Namun, beberapa negara terdapat perbedaan tentang hal tersebut. Seperti Rusia dan Kolombia yang mengenakan cincin tunangan di jari manis sebelah kanan.

Sebenarnya tidak ada keharusan mutlak cincin tunangan di jari mana. Hanya saja semua tergantung kenyamanan si pemakai itu sendiri, baik yang kanan maupun kiri.

Similar Posts