Berita Bisnis

Ini Loh Arti Kata Emiten

Emiten adalah salah satu istilah yang kerap kita dengar jika berbicara mengenai saham. Perusahaan kebanyakan melaksanakan emisi (pemasaran) saham atau obligasi serta turunannya pada penduduk yang dikatakan emiten. Emiten ini asal muasal terdapatnya effect yang bisia diperdagangkan di bursa effect oleh investor.

Effect dapat disebut yaitu surat mempunyai nilai atau sekuritas punya penjelasan yang paling luas termasuk surat pernyataan hutang, surat mempunyai nilai komersil (commercial paper), saham, obligasi, sekuritas kreditm tandanya bukti hutang, right issue, waran, pilihan atau tiap-tiap turunan dari effect atau tiap-tiap instrument yang lain ditentukan selaku effect oleh Tubuh Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM) yang dapat diperdagangkan.

Sebab begitu banyak variasi effect, jadi tempat memperdagangkan effect di bursa effect. Effect yang diperjual-belikan di Bursa Effect Indonesia termasuk sebagian besar beberapa produk di pasar modal.

Mengambil dari buku ‘Cara Cepat Mulai Investasi Saham Tips buat Pemula’ kreasi Sawidji Widoatmodjo, tidak semuanya perusahaan yaitu emiten. Cuma perusahaan yang menjajakan effect pada penduduk saja yang dapat disebut yaitu emiten.

Disamping emiten saham, ada emiten obligasi, kadangkala ada perusahaan yang membuat lebih satu obligasi yang bisa didapat investor. Gak cuma perusahaan swasta saja yang menjajakan obligasi, namun Badan Usaha Punya Negara (BUMN) serta Badan Usaha Punya Wilayah (BUMD) pun membuat obligasi yang diluncurkan oleh Kementerian Keuangan yang diketahui selaku obligasi pemerintahan.

Ada enam macam obligasi yang diterbutkan pemerintahan ialah :

1. Obligasi dengan bunga masih (fixed Rate),

2. Obligasi dengan bunga mengambang (Variable Rate),

3. Obligasi dengan bunga 0 (Zer0 Kupon),

4. Obligasi pengecer atau Obligasi Republik Indonesia (ORI),

5. Obligasi Syariah yang dipisah dua ialah obligasi dengan bunga masih serta obligasi dengan bunga mengambang, serta

6. Obligasi waktu pendek (Treasurry Bill atau TBill), dikatakan dengan juga Surat Kumpulan Negara (SPN).

Semuanya perusahaan dapat jadi emiten, sejauh perusahaan itu memakai dana dari faksi luar perusahaan lewat cara menjajakan effect pada penduduk luas. Tapi pada skema investasi di bursa, cuma perusahaan yang menjajakan effect di bursa saja yang dapat jadi emiten.

Similar Posts