Uncategorized

Ingin Tahu Gunung Tertinggi di Indonesia? Yuk, Kita Kepoin

Taman Nasional Gunung Rinjani - Alam, Wisata, Flora & Fauna

Sebagaimana yang diketahui bahwa kekayaan dan keindahan alam Indonesia sudah terkenal ke berbagai belahan negara. Hal itu terbukti, dimana Indonesia dikelilingi oleh gunung-gunung yang menjulang tinggi.

Itu sebabnya, mengapa Indonesia menjadi surganya bagi para pendaki lokal maupun mancanegara. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas daftar gunung tertinggi di Indonesia. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

  1. Gunung Rinjani

Siapa sih yang tidak kenal dengan keindahan Gunung Rinjani? Tentu saja keindahan gunung yang berada di Pulau Lombok, NTB ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain terkenal dengan keindahannya, ternyata Gunung Rinjani juga termasuk salah satu gunung yang tertinggi di Indonesia lho.

Menurut informasi yang didapat, ketinggian Gunung Rinjani ini mencapai 3.726 mdpl. Terdapat topografi unik dari Gunung Rinjani, yakni kaldera yang berupa campuran laut dan danau seluas 11.000.000 meter persegi dengan kedalaman mencapai 230 meter.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika Gunung Rinjani menjadi incaran bagi para pendaki lokal maupun mancanegara. Adapun mengenai beberapa jalur yang bisa kamu lalui untuk mencapai Gunung Rinjani, seperti jalur Timbanuh (Lombok Timur), jalur Sembalun (Lombok Timur), jalur Aik Berik (Lombok Tengah), dan jalur Senaru (Lombok Utara).

  1. Gunung Semeru

Selain Rinjani, Gunung Semeru juga termasuk kedalam daftar salah satu gunung yang paling tinggi di Indonesia. Gunung setinggi 3.676 mdpl ini berlokasi diperbatasan Kab. Malang dan Kab. Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Dikawasan Gunung Semeru terdapat area kawah bernama “Jonggring Saloko” yang di bagian puncaknya terdapat gas beracun. Maka dari itu, kamu harus menggunakan masker yang ketat saat berada di Kawasan Jonggring Saloko.

Kendati demikian, Gunung Semeru dikelilingi oleh 4 kawasan hutan yang menyuguhkan panorama menakjubkan lho. Ya, masing-masing hutan tersebut memiliki nama yang diantaranya adalah Dipterokarp Bukit, Dipterokarp Atas, Montane, dan hutan Gunung.

Ketika berada disana, kamu pun akan menemui beragam flora unik khas Semeru seperti cemara, pinus, akasia, edelwis putih, hingga anggrek endemic. Bukan hanya itu, bahkan terdapat juga beragam fauna eksotik seperti kijang, luwak, kacnil, kumbang, dan budeng.

  1. Gunung Rantemario

Gunung Rantemario merupakan salah satu gunung tertinggi di Sulawesi Selatan sekaligus juga yang tertinggi di Indonesia. Namun, ada spot paling menarik di bagian puncak Gunung Rantemario yang akan kamu temui.

Pasalnya, bagian puncak Gunung Rantemario memiliki permukaan yang datar. Nah, keunikan inilah yang menjadi pembeda antara Gunung Rantemario dengan semua gunung Merapi di Indonesia. Untuk bisa mencapai ke puncak Gunung Rantemario, maka kamu harus melewati medan yang terbilang cukup sulit.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena Gunung Rantemario memiliki 8 post pendakian yang masing-masingnya terdapat tanda dan area terbuka untuk memasang tenda.

  1. Gunung Rantekambola

Masih di Kawasan Sulawesi Selatan, yang mana Gunung Rantekambola juga layak dinobatkan sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ketinggian Gunung Rantekambola ini mencapai 3.455 mdpl.

Tak hanya tinggi, bahkan Gunung Rantekambola menyuguhkan pemandangan alam yang begitu memanjakan mata lho. Bagaimana tidak? Sebab kamu akan merasakan sensasi seolah-olah sedang berada di negeri di atas awan.

Sehingga tak heran jika Gunung Rantekambola menjadi tempat favoritnya bagi pada pendaki yang ingin berburu spot indah.

Similar Posts