General

Info Seputar Pendaftaran Fakultas Kedokteran UI

Fakultas kedokteran UI merupakan salah satu sekolah kedokteran terkemuka di Indonesia. Fakultas yang kerap disingkat bersama dengan FK UI ini membawa dua kampus utama yakni Kampus Salemba dan Kampus Depok yang mana terdapat di Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK). Fakultas Kedokteran UI sendiri adalah anggota dari group fakultas yang tersedia di rumpun ilmu kesehatan.

FK UI disebut-sebut sebagai fakultas kedokteran tertua yang tersedia di Indonesia. Kini, FK UI dipimpin oleh Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP. FK UI menyelenggarakan pendidikan dokter di tingkat Profesi Dokter, Sarjana, Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) (Sp-1), Magister (S2), serta Doktor (S3).

 

Alamat Fakultas Kedokteran UI

Adapun alamat FK UI ada dua, yakni yang ada di Salemba dan Depok. Alamat lengkapnya adalah:

  • Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jalan Salemba Raya No 6, Jakarta Pusat, Kampus UI Salemba.
  • Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan, Jalan Prof. Dr. Bahder Djohan, Kampus UI Depok.

Baca rekomendasi : bimbel masuk kedokteran ui utbk ptn terbaik

Mata Kuliah Kedokteran UI

Fakultas Kedokteran adalah unit tertua dalam lintas sejarah Universitas Indonesia. Saat ini, FKUI melakukan pengembangan diri melalui pendidikan yang disesuaikan dengan Program Standar Internasional, yang ditetapkan Federasi Pendidikan Kedokteran Dunia.

Di FK UI, Mahasiswa perlu mengikuti sistem modul yang telah ditetapkan secara sistematis. Kurikulum di FK UI sendiri terdiri dari tiga tahap yakni, tahap pertama, general education yang didapatkan mahasiswa di semester satu.

Tahap kedua, medical sciences yang akan dijalani pada semester 2-6, lantas yang terakhir adalah tahap ketiga yang merupakan clinical practice di semester 7-10. Tahap pendidikan ini dilengkapi dengan masa internship selama satu tahun.

Sedangkan pada program Kelas Khusus Internasional (KKI) dirancang sesuai dengan kompetensi ber-standar internasional. Hal ini dilakukan untuk mencetak dokter yang bisa berkompetisi dengan lulusan negara lain serta memiliki kemampuan untuk melanjutkan pendidikan pascasarjananya di berbagai institusi pendidikan kedokteran berskala internasional.

Program KKI menggunakan strategi berupa pelibatan kolaborasi internasional, yakni University of Melbourne, Monash University, serta University of Newcastle Upon Tyne. Maka dari itu, program KKI FKUI mempunyai nilai tambah berupa double degree, yakni gelar dokter (Universitas Indonesia) sekaligus Bachelor of Medical Science dari University of Melbourne atau Monash University maupun Master of Research dari University of Newcastle Upon Tyne.

Program yang dilaksanakan pada tiga universitas di atas berupa coursework atau research project. Mahasiswa berkesempatan mempelajari tentang seluk beluk penelitian dan mengaplikasikannya dalam proyek riset lebih mendalam. Kegiatan akademisnya pun dilaksanakan dalam Bahasa Inggris, baik dalam perkuliahan, praktikum, tugas, diskusi, ataupun ujian.

Passing Grade Kedokteran UI

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih fakultas Kedokteran di UI, ada baiknya mengetahui perkiraan passing grade-nya terlebih dahulu. Berikut adalah daftar passing grade Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi UI:

Program Studi Passing Grade
Pendidikan Dokter 62.78%
Pendidikan Dokter Gigi 49.65%

Jalur Masuk Kedokteran UI

FK UI merupakan salah satu institusi pendidikan kedokteran favorit di Indonesia. FK UI sudah banyak menarik minat para lulusan SMA/sederajat dari seluruh Indonesia. Hal ini disebabkan karena FKUI merupakan salah satu pilar utama pendidikan tinggi kedokteran yang menyediakan pembelajaran yang berkualitas, dan telah memiliki lulusan yang terbukti dapat berperan aktif menyehatkan bangsa. Sehingga, bergabung bersama keluarga besar FKUI adalah idaman banyak anak bangsa.

Program studi kedokteran yang dibuka pada program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50% dari jalur undangan yakni SNMPTN, 50% dari jalur ujian tulis atau SBMPTN serta SIMAK-UI. Sedangkan sarjana Kelas Khusus Internasional Kedokteran ditempuh melalui jalur Talent Scouting (undangan) dan SIMAK KKI UI (ujian tertulis).

Dapat disimpulkan ada 4 jalur untuk masuk ke Kedokteran UI yakni:

  • Jalur Undangan

Untuk masuk ke FK UI dapat melalui jalur undangan yang mana merupakan seleksi masuk yang berdasar pada nilai raport. Serta memperhitungkan indeks prestasi sekolah dan menyesuaikan daya tampung yang ada. Jalur undangan hanya berlaku bagi siswa yang akan lulus di tahun yang sama ketika mendaftar.

  • SNMPTN

Jalur undangan bagi program pendidikan S1 Reguler, termasuk Kedokteran Reguler. Siswa yang tidak bisa mengikuti SNMPTN, masih berkesempatan mendaftar S1 Kedokteran Reguler melalui SBMPTN dan SIMAK UI.

  • SIMAK UI

SiMAK UI merupakan seleksi masuk UI terpadu untuk pelbagai jenjang dan program pendidikan termasuk Kedokteran dan Kedokteran Gigi yang ada di UI. Ujian ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Sedangkan SIMAK untuk sarjana Kelas Internasional dan Sarjana Ekstensi diselenggarakan di waktu yang berbeda.

  • Talentscouting

Jalur undangan bagi program pendidikan S1 Kelas Internasional. Siswa yang tidak dapat mengikuti Talentscouting, masih dapat berkesempatan untuk mendaftar S1 Kelas Internasional melalui ujian tulis SIMAK UI – Kelas Internasional.

Similar Posts