General

Fungsi kode OTP yang perlu kamu ketahui

Kode OTP adalah kode pengaman yang diberikan kepada pengguna waktu akan laksanakan login terhadap pelaksanaan keuangan, pelaksanaan chatting, atau login terhadap akun platform eksklusif.

Singkatnya, kode OTP ini digunakan untuk mengamankan suatu akun pengguna supaya pemilik kode yang sebatas dapat jalankan login/masuk kes platform.

Mampu dibilang, kode OTP ini amat signifikan untuk menghindari berasal dari penyalahgunaan dan peretasan knowledge milik pengguna.

Semata-mata saja masih tersedia pengguna yang belum terlampau paham sesungguhnya apa tersebut kode Otp, dan bagaimana kode OTP ini bisa membahayakan mereka.

Artikel ini akan membahas tuntas mengenai kode OTP untuk Kamu, pastikan Kamu membacanya sampai selesai ya, Gudpeople.

Apa itu Kode Otp?

Kode OTP adalah singkatan berasal dari one time password/pin yang memuat 4-6 digit nomor dan dikirimkan lewat SMS atau email yang terdaftar untuk proses autentikasi.

Gara-gara bersifat one time, maka kode OTP sebatas dapat digunakan didalam satu sesi saja, biasanya untuk memasukkan kode ini akan diberikan pas didalam hitungan detik sampai lebih dari satu menit.

Di dalam memasukkan kode OTP ini, terkecuali pengguna tidak benar memasukkannya maka bukan akan sanggup lanjut ke termin berikutnya/login.

Umumnya, kode OTP akan dikirimkan untuk mengautentikasi pengguna yang laksanakan pergantian password, transaksi eksklusif, atau login terhadap suatu platform/pelaksanaan yang menyimpan knowledge berarti pengguna.

Maka berasal dari tersebut, terlalu dilarang untuk menyebarkan kode OTP yang sudah dikirimkan kepada orang lain, terlebih orang bukan dikenal.

Bersama adanya kode Otp, sebatas pengguna yang sahih-sahih punyai izin yang mampu memasuki platform dikarenakan sudah berhasil memverifikasi kode OTP yang diberikan.

 

Cara Kerja Kode OTP

Secara umum, jasa OTP dapat bekerja karena terdapat dua komponen yang menunjangnya, yaitu OTP generator dan authentication server.

Untuk lebih jelasnya, silakan pahami penjelasannya di bawah ini.

  • OTP Generator

OTP generator akan mengirimkan kode OTP unik kepada pengguna yang ingin masuk ke akun digital atau sistem tertentu.

Kode yang dikirimkan berisi empat hingga enam digit angka yang berlaku hanya dalam hitungan detik atau menit.

Kemudian pengguna diminta untuk memasukkan kode OTP yang sudah dikirimkan agar segera diverifikasi oleh server.

  • Authentication Server

Tahap kedua yaitu authentication server atau server autentikasi yang bertugas untuk memverifikasi kode OTP yang sudah diberikan oleh OTP generator kepada pengguna.

Authentication server akan menerima permintaan verifikasi dari pengguna yang telah memasukkan kode OTP.

Kemudian server meresponnya dengan memverifikasi apabila kode OTP dimasukkan dengan benar.

Fungsi Kode OTP

Kode OTP adalah salah satu metode untuk mengamankan privasi dengan baik, tidak heran apabila sebagian besar aplikasi mobile banyak yang menggunakan OTP untuk autentikasi.

Secara umum, kode OTP berfungsi untuk menghindari akses pengguna yang tidak resmi yang mencoba masuk sistem.

Selain itu, OTP juga melindungi pengguna yang sedang melakukan aktivitas penting seperti transaksi online.

Jika hanya menggunakan password statis, maka besar kemungkinan Anda akan diserang menggunakan teknikĀ brute force attack.

Namun, jika menggunakan kode OTP akan memberikan perlindungan lebih kepada pengguna karena menggunakan autentikasi dua faktor dengan mengirimkan kode OTP ini.

Lagipula, kode OTP hanya dapat digunakan dalam satu sesi saja, setelah melewati beberapa menit, maka kode akan hangus

Similar Posts