teknologi

ELEKTRONIKA DASAR DAN KOMPONEN UTAMANYA

Dasar Elektronika – Sekarang ini elektronika alami perubahan yang paling cepat ikuti perubahan tehnologi. Beragam piranti elektronika sudah dipakai disegala sektor industri dan kehidupan setiap hari manusia. Karena itu begitu keutamaan kita pahami apa sebetulnya pemahaman dari elektronika. Berikut ialah keterangan komplet dasar dasar elektronika komplet dengan komponennya.

Apa Itu Elektronika

Pada intinya, Elektronika datang dari kombinasi dua kata yakni “Elektron” dan “Mechanika” yang ini berarti gerakan saluran elektron. Beberapa pengertian elektronika yang kami kumpulkan dari web luar negeri diantaranya :

Wikipedia.Org

Elektronika ialah sebuah pengetahuan yang pelajari berkenaan alat listrik arus kurang kuat yang dioperasionalkan dengan mengontrol saluran electron atau partikel memiliki muatan listrik pada suatu piranti atau perlengkapan electronic seperti individual komputer, netbook, smartphone dan lain-lain.

Businessdictionary.com

Elektronika ialah satu piranti atau tehnologi yang berkaitan dengan atau memakai circuit dan elemen arus sama arah tegangan rendah dan padat, umumnya untuk pengangkutan atau pemrosesan data analog/digital.

Thoughtco.com

Elektronika ialah cabang fisika yang erat berkaitan dengan emisi dan dampak elektron dan operasionalisasi piranti electronic.

Dari beberapa pengertian di atas, karena itu bisa diambil kesimpulan jika elektronika ialah satu pengetahuan atau cabang fisika yang pelajari berkenaan pengaturan saluran elektron atau partikel yang memiliki muatan listrik pada elemen elektronika.

Dan piranti electronic ialah alat yang dibikin berdasar konsep kerja elektronika. Atau satu benda yang memakai elemen yang sudah dibuat dan bekerja atas dasar elektronika.

3 Komponen Dasar Elektronika

Piranti Elektronika tersusun dari 3 elemen dasar, diantaranya :

Resistor

Resistor adalah elemen dasar elektronika yang berperan untuk batasi atau menghalangi jumlah arus yang mengucur dalam sebuah serangkaian elektronika. Sesuai namanya, elemen ini memiliki sifat resistif dan umumnya dengan bahan karbon.

Resistansi sebagai nama dari kekuatan kendala yang dibuat resistor dan mempunyai unit Ohm atau disimbolkan dengan lambang omega (Ω). Berdasar hokum Ohms, jika resitansi kebalikannya dengan jumlah arus yang mengucur lewat serangkaian.

Salah satunya langkah untuk ketahui besaran nilai resistansi dengan singkat, bisa disaksikan dari warna gelang yang ada pada tubuh resistor itu.

Kapasitor

Kapasitor sebagai salah satunya elemen dasar elektronika yang berperan sebagai penyimpan muatan eletkron dalam waktu yang tidak pasti. Selain kapasitor berperan untuk tekan bahkan juga hilangkan nois dan menolong membuat tegangan suplai jadi lebih konstan.

Karakter pada elemen ini yakni melanjutkan tegangan AC yang melewatinya dan menampik/meredam tegangan DC.

Jadi pada umumnya kapasitor bisa disimpulkan sebagai sebuah elemen elektronika yang berperan untuk simpan arus dan tegangan listrik pada sebuah unit waktu. Besarnya kapasitansi atau kapasitor meyimpan energi listrik itu dipastikan salam unit Farad.

Induktor

Induktor sebagai bagian utama elektronika yang berperan sebagai beban induktif. Elemen ini berupa serangkaian gulungan kawat dengan memakai pokok logam atau ferit. Dan umumnya dipakai sebagai filter.

Saat arus tegangan listrik lewat induktor, karena itu penyimpanan energi akan dilaksanakan oleh induktor dan hasilkan medan magnet. Panjang, diameter dan jumlah belitan induktor dan bahan yang mengitarinya benar-benar punya pengaruh pada karakter elektrik dari sebuah induktor. Nilai induktansi dari sebuah induktor dipastikan dengan unit Henry.

Induktor mempunyai peranan yang serupa dengan kondensator, karena induktor dapat dipakai sebagai penampang energi listrik.

Refrensi: https://www.kelaselektronika.com/elektronika-dasar

Similar Posts