Uncategorized

Definisi dan Cara Kerja Pitot Tube Flow Meter

Pitot Tube Flow Meter adalah alat untuk mengukur kecepatan (kecepatan) fluida yang mengalir. Tabung pitot digunakan di didalam anemometer untuk menghitung kecepatan hawa di terowongan angin dan pesawat di didalam penerbangan. Mereka juga mengukur aliran cairan. Mari kami pelajari lebih lanjut perihal definisi, komitmen kerja, dan aplikasi pitot tube flow meter.

 

Definisi Pitot Tube Flow Meter

Tabung pitot atau probe pitot adalah alat pengukur aliran yang digunakan untuk menghitung kecepatan aliran fluida. Insinyur Perancis Henri Pitot mendapatkan tabung pitot pada awal abad ke-18. Pada pertengahan abad ke-19, ilmuwan Prancis Henry Darcy mengubahnya jadi wujud modern.

Tabung pitot banyak digunakan untuk menentukan kecepatan air kapal, kecepatan hawa pesawat terbang, dan mengukur kecepatan aliran udara, cairan dan gas di didalam banyak variasi aplikasi industri. Sebuah probe dengan open tip (pitot tube) dimasukkan ke di didalam suatu bidang aliran (flow), di mana tip selanjutnya sebagai titik stationary (zero velocity) berasal dari flow. Tekanan nya, dibandingkan dengan tekanan statis dan digunakan untuk menghitung kecepatan aliran (flow velocity) Pitot tabung dapat mengukur flow velocity pada titik pengukuran.

 

Prinsip Kerja Pitot Tube Flow Meter

Pitot mtr. terdiri berasal dari tabung yang diarahkan ke aliran. Cairan menembus lewat lubang tumbukan, dan tak cuman itu, dapat saja tersedia dua lubang ulang di tabung pitot yang melakukan tindakan sebagai sumber tekanan statis.

Komponen penginderaan tekanan lainnya perlu dipasang pada meteran untuk mengukur tekanan statis. Sumbu tabung yang mengukur tekanan statis perlu bebas berasal dari gerinda sehingga batasnya halus, dan perlu tegak lurus pada batas. ‚Äč‚ÄčTabung pitot-statis yang mempunyai saluran masuk tekanan statis ditunjukkan di bawah ini.
Tabung pitot adalah tabung yang salah satu ujungnya terbuka dan ujung yang lain tertutup. Cairan yang mengalir lewat pipa memasuki tabung pitot dan berhenti di sana. Bagian lain di di didalam tabung pitot diisi dengan cairan dengan tekanan statis. Diafragma menanggulangi ke-2 ruang.

Ukuran tekanan dinamis diberikan oleh perbedaan tingkat pada cairan di didalam tabung dan permukaan bebas. Mengukur efek dan tekanan statis yang membuka ke pengukur tekanan diferensial yang pas menentukan kecepatan aliran dan dengan demikianlah laju aliran. Laju aliran dihitung berasal dari akar kuadrat tekanan. Dalam memperkirakan laju aliran berasal dari tekanan, perhitungan tergantung pada faktor-faktor seperti wilayah keran statis dan desain tabung. Probe Pitot-statis juga lubang statis di didalam sistem tabung untuk menyingkirkan parameter ini.

Ketika laju aliran lewat pipa berubah, tekanan pada tabung tekanan total dan tabung tekanan statis banyak variasi sehubungan dengan kecepatan aliran. Perbedaan pada tekanan total dan tekanan statis digunakan untuk mengukur laju aliran sebanding yang melalui pipa.

Similar Posts