teknologi

Crypto Investment Platform, Bagaimana Aturannya di Indonesia?

Potensi aset crypto berkembang semakin pesat di Indonesia. Oleh karena itu crypto investment platform harus memiliki regulasi yang jelas. Asosiasi Blockchain Indonesia melihat potensi ini dari beberapa indikator industri crypto mulai tahun 2021.

Urgensi Aturan Crypto Investment Platform

Data dari bursa Efek Indonesia menyatakan jumlah kepemilikan crypto investment platform lebih banyak daripada kepemilikan saham. Berdasarkan hal tersebut, ABI mengemukakan pendapat bahwa potensi dari perkembangan industri crypto sangat besar.

Oleh sebab itu, bursa crypto akan memiliki peranan lebih optimal dalam menjaring para pelaku industri crypto. Sebagai dampak yang positif, maka harus disertai regulasi yang dibuat oleh otoritas terkait.

Perkembangan dunia crypto yang signifikan ini, pemerintah berupaya untuk mengawasi dan menciptakan regulasi yang relevan. Badan Pengawas Perdagangan Berjangka komoditi menjadi otoritas yang memiliki kewenangan mengawasi Bitcoin investment platform.

Peraturan tertulis yang memberikan kepastian hukum, yaitu Peraturan Menteri Perdagangan nomor 99 tahun 2018. Aturan tersebut mengatur mengenai kebijakan umum penyelenggaraan perdagangan berjangka aset crypto.

Selain itu, ada Peraturan dari Bappebti nomor 7 tahun 2020. Aturan tersebut mengatur mengenai penetapan daftar aset crypto yang diperdagangkan pada pasar fisik aset crypto.

Aturan-aturan tersebut juga akan menunjukkan bagaimana pemerintah memfasilitasi industri crypto dalam melakukan inovasi. Sehingga bisa terus berkembang dan bersaing, namun tetap bisa mengurangi resikonya.

Bursa Aset Crypto

Hadirnya bursa akan lebih accountable. Untuk kliring, kustodian serta pencatatan akan lebih terintegrasi antara pedagang dan konsumen. Hal ini menjadi penting dalam memberikan keamanan serta untuk melakukan perlindungan terhadap konsumen.

Selain itu, bursa akan membentuk ekosistem dalam cryptocurrency. Sehingga transaksi akan lebih terjamin. Pada tingkat internasional, cryptocurrency telah mendapatkan pengawasan dari Financial Action Task Force. FATF juga mendesak negara-negara agar mengambil langkah untuk meningkatkan penerapan standar.

Penerapan standar juga mencakup regulasi dan travel rule. Di indonesia sendiri regulasi sudah ada dalam aturan Bappebti.

Ketika Bitcoin investment platform sudah memiliki regulasi yang jelas, maka perkembangan industri crypto akan lebih terarah. Selain itu, pertumbuhan pada industri akan lebih baik lagi karena crypto berlaku secara internasional.

Similar Posts