Berita

Crypto Halal atau Haram, Simak Ulasannya Berikut ini

Masih menjadi perdebatan dalam bitcoin investment platform  bagaimana status penggunaan mata uang digital crypto ketika akan digunakan dalam lalu lintas ekonomi di Indonesia. Apakah juga termasuk di dalamnya? Simak ulasannya berikut.

Perdebatan Crypto Halal atau Haram

Tepat pada tahun 2021, akhirnya MUI menyatakan dengan jelas apakah crypto halal atau haram dalam fatwanya. Lembaga ini menyatakan bahwa mata uang ini haram jika digunakan sebagai alat pembayaran untuk melaksanakan transaksi jual beli.

Tetapi, MUI menyatakan bahwa mata uang crypto dapat digunakan sebagai mata uang dalam salah satu produk investasi bukan sebagai alat pembayaran.

Menurut MUI, penggunaan crypto sebagai komoditi atau aset instrumen investasi masih memenuhi syarat sebagai sil’ah. Deskripsi yang menyatakan bahwa sesuatu yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan memiliki manfaat yang baik, sah untuk dimiliki dan diperjualbelikan.

Dengan keputusan tersebut, maka umat Islam masih dapat menyimpan mata uang crypto sebagai aset investasi dan bukan sebagai pengganti uang fiat. Sementara, pemberian label haram pada Bitcoin. Ethereum, Dogecoin dan lain sebagainya sebagai mata uang untuk transaksi jual beli, karena mata uang digital tersebut mengandung gharar dan dharar.

Gharar adalah ketidakpastian dalam transaksi apapun akibat tidak memenuhi ketentuan syariah. Sedangkan gharar adalah transaksi yang menimbulkan potensi kerugian atas pemindahan hak kepemilikan.

Untuk lebih jelasnya tentang pemanfaatan cryptocurrency dalam ekonomi, silahkan bergabung dalam  crypto investment platform sehingga mendapatkan kesempatan berdiskusi dengan profesional.

Demikianlah ulasan yang cukup menarik mengenai mata uang crypto yakni Bitcoin yang sudah jelas hukumnya dalam agama Islam. Jangan lupa untuk selalu cermat dan teliti dalam memilih jenis investasi digital yang ada saat ini. Karena tidak sedikit oknum nakal yang bisa mengelabui pemain crypto.

Selain itu juga selalu pastikan kalau diri Anda sudah yakin dengan investasi ini, jangan hanya ikut-ikutan tren yang mudah berganti kapan saja. Tidak sedikit orang yang sukses karena mau bersabar di investasi atau bisnis yang mereka pilih. Karena bagaimana juga kunci kesuksesan berasal dari keteguhan dan kesabaran. Semoga bermanfaat yah!

 

Similar Posts