Uncategorized

Contoh Serat Dari Bahan Tumbuhan dan Manfaatnya

Beberapa macam tipe serat dari tumbuhan dan contoh dan faedahnya. Tipe dan karakter serat alam dikelompokkan jadi dua yaitu tumbuhan dan hewan. Serat berbahan tumbuhan dikelompokkan jadi 4, dan serat hewan 2.

Serat yang dari tumbuhan bisa disaksikan berdasar beberapa bagian tumbuhan. Tidak seluruhnya tumbuhan mempunyai kandungan yang bisa dibuat jadi serat alam.

Ini karena serat yang diharapkan sebagai bahan baku produk tesktil mempunyai syarat.Antara syarat itu ialah kuat, bertahan lama, memiliki bentuk masih tetap (tidak susut), permukaan yang lembut atau memiliki tekstur sama sesuai syarat produk.

Tipe Serat dari Tumbuhan dan Faedahnya

Adapun serat yang dari tumbuhan bisa dikelompokkan jadi empat seperti berikut.

1. Serat dari Biji

Contoh Serat Dari Bahan Tumbuhan dan Manfaatnya
https://oriflameid.com/

Tipe Serat dari Tumbuhan
Biji Kapuk
Tumbuhan mempunyai biji yang beragam macam. Beberapa biji sudah penuhi syarat untuk diproses sebagai bahan serat. Misalnya biji dari pohon kapas dan kapuk. Walau demikian, sekarang ini kapas dan kapuk telah jarang-jarang dipakai untuk bahan baku produk tekstil.

Ini karena pecinta kapas dan kapuk mulai menyusut. Kapas semakin banyak dipakai orang sebagai bahan kosmetik dibandingkan untuk produk tekstil atau kerajinan yang lain.

2. Serat dari Tangkai

Tipe Serat dari Tumbuhan dan Faedahnya
tangkai melinjo
Tiap tumbuhan mempunyai tangkai. Susunan tangkai yang dibuat tumbuhan tentu saja berbeda satu sama yang lain. Tipe tangkai yang hasilkan serat alam bisa berbentuk tipe tangkai yang berkambium atau tidak berkambium.

Misalnya tangkai pohon anggrek, melinjo/ganemon, mahkota dewa, beringin, yonkori, flax, jute, rosella, henep, rami, urena, kenaf, dan sunn.

3. Serat dari Daun

Macam-Macam Serat dari Tumbuhan
Eceng Gondok
Tumbuhan yang bisa diproses sebagai bahan serat dari daunnya tidak banyak. Tetapi, beberapa orang manfaatkan serat dari daun sebagai bahan baku produk tekstil.

Misalnya serat daun mendong (purun tikus), daun nanas, daun pandan berduri, daun eceng gondok, daun abaka, daun sisal, dan daun henequen.

4. Serat Datang dari Buah

Contoh Serat dari Tumbuhan
Tumbuhan yang mempunyai buah banyak dan bermacam. Tetapi yang hasilkan buah yang bisa dibuat jadi bahan serat alam tidak banyak. Buah yang telah digunakan sebagai bahan serat ialah kelapa. Buah kelapa mempunyai sabut yang melapis buah. Sabut itu sudah sering dipakai sebagai bahan serat.

Sabut buah kelapa banyak memiliki faedah. Semua tipe sabut, dimulai dari sabut yang mempunyai serat panjang, serat pendek, sampai debu sabut bisa digunakan semua. Tetapi yang dipakai sebagai serat hanya yang mempunyai beberapa potongan panjang. Seterusnya, serat ini diproses menjadi lagi bahan baku.

Nach tersebut 4 tipe dan karakter serat dari tumbuhan dan contoh serat tumbuhan. Lantas bagaimana dengan serat dari hewan?

Similar Posts