Uncategorized

Ciri Morfologi Tanaman Anggrek

Ciri Morfologi Tanaman Anggrek – Orchidaceae atau dalam bahasa Indonesia disebut suku Anggrekan merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki varietas paling banyak di antara jenis tanaman hias lainnya. Tanaman hias ini umumnya disukai banyak orang karena mempunyai bentuk bunga yang indah dengan berbagai warna.

Anggrek dengan berbagai jenis dapat kita temui yang tersebar di daerah tropis atau garis ekuator. Namun, anggrek juga terlihat tumbuh dengan indah di kawasan Antartika. Berikut ciri morfologi Tanaman Anggrek.

Bagaimana Ciri Morfologi Tanaman Anggrek?

Akar

Tanaman anggrek memiliki tipe akar yaitu akar lengket dan akar udara dengan lapisan velamen berongga dan berfungsi untuk menyerap air dan udara. Uniknya, akar ini juga bisa berfotosintesis, karena mengandung butiran hijau daun atau klorofil.

Batang

Di areal tanaman anggrek terdapat batang bagian. Batang anggrek yang hidup di atas tanah cenderung lebih pendek dengan struktur yang menyerupai umbi. Tetapi batang anggrek epifit tumbuh menebal dan dilindungi oleh lapisan lilin.

Daun

Daun anggrek biasanya berbentuk bulat telur memanjang dan menebal seperti suku sekulen lainnya ulangan daun memanjang, khas daun monokotil. Daun yang menebal berfungsi sebagai tempat penyimpanan air.

Buah

Buah anggrek berbentuk seperti kapsul hijau dan bila sudah matang mengering dan membuka dari samping. Sedangkan bibit anggrek berukuran sangat kecil dan ringan sehingga mudah terbawa angin. Bibit anggrek tidak memiliki jaringan untuk menyimpan cadangan makanan. Perkecambahan hanya terjadi ketika benih jatuh pada media yang sesuai.

Bunga

Bunga anggrek memiliki bentuk morfologi yang khas dan itulah yang membedakannya dengan anggota suku lainnya. Bunga anggrek merupakan bunga majemuk, muncul dari tangkai bunga yang memanjang dari ketiak. Demikian ulasan tentang ciri morfologi Tanaman Anggrek semoga bermanfaat.

Beli Anggrek di Angphotorion

Sumber: Angphotorion

Similar Posts