Parenting

Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi Pada Bayi

Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi Pada Bayi

Alergi susu kerap dialami oleh anak-anak. Alergi susu sapi merupakan sebuah kondisi dimana tubuh anak mengalami sensitivitas terhadap beragam produk susu sapi. Sehingga dibutuhkan penanganan terhadap hal tersebut. Terutama apabila terjadi pada bayi. Maka diperlukan tindakan dan perawatan yang serius.

Alergi susu bayi menjadi salah satu hal yang serius. Dimana apabila kondisi alergi susu bayi dilanjutkan dan tidak diambil tindakan maka bayi akan terhambat tumbuh kembangnya. Sehingga penting memeriksakan ke dokter dan juga memberikan penanganan ketika hal tersebut terjadi. Alergi susu sapi pada bayi bisa hilang dengan penanganan dan pemberian susu pengganti susu sapi pada bayi. Meskipun alergi susu sapi merupakan hal lumrah yang terjadi tetapi harus ditangani dengan serius.

Alergi susu sapi terjadi ketika tubuh bayi memberikan kegiatan penolakan terhadap susu tersebut. Hal tersebut menyebabkan reaksi alergi sebagai bentuk penolakan tubuh terhadap nutrisi tersebut. Reaksi penolakan terjadi karena tubuh bayi merespon ragam komponen susu sapi sebagai salah satu zat yang dianggap berbahaya. Sehingga tubuh mengeluarkan histamine untuk menolak komponen tersebut. Kondisi ini yang menjadikan alergi tetapi alergi susu sapi pada bayi bisa hilang.

Alergi susu sapi biasanya dialami oleh bayi yang diberikan susu formula sebagai susu pendamping ASI. Sebaliknya, ketika tidak diberikan susu formula selama masa menyusui maka resiko terkena alergi ini cukup rendah. Meskipun alergi susu sapi pada bayi bisa hilang, tetapi perlu ditangani agar tidak mengganggu perkembangan bayi. Gejala yang dialami oleh bayi yang menerima reaksi penolakan susu bayi adalah batuk, susah bernapas, sakit perut, muntah hingga kulit ruam. Apabila bayi anda mengalami beberapa hal diatas maka segera periksakan ke dokter.

Alergi susu sapi pada bayi bisa hilang dengan memberikan asupan ASI eksklusif kepada bayi. Dimana ASI mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan dan imunitas bayi. Apabila bayi anda mengalami reaksi susu sapi, maka tidak perlu berhenti menyusui bayi. Tetapi apabila anda tidak dapat memberikan ASI yang cukup untuk kebutuhan bayi, terdapat susu yang menawarkan produk anti allergen untuk susu sapi. Seperti misalnya susu Nutrilon.

Alergi susu sapi pada bayi bisa hilang dengan memberikan susu pengganti susu sapi. Susu yang digunakan biasanya merupakan susu soya. Dengan menggunakan soya, akan meminimalisir terjadinya reaksi penolakan pada bayi. Susu soya juga disarankan untuk bayi yang tidak dapat meminum susu sapi. Sehingga bayi tetap dapat minum susu dan memenuhi kebutuhan hariannya.

Nutrilon menghadirkan susu Nutrilon Royal Prosyneo. Dengan kandungan susu terhidrolisis dimana beragam protein dalam susu telah dipecah menjadi sederhana. Sehingga susu ini aman dikonsumsi oleh bayi yang memiliki alergi.

Similar Posts