Berita

Cara Mempersiapkan Biaya Homeschooling

Biaya homeschooling memang sering dikatakan mahal, sehingga program ini hanya cocok bagi anak orang kaya saja. Padahal, tidak selalu demikian karena sebenarnya terdapat banyak faktor yang mempengaruhi orang tua saat memutuskan pendidikan terbaik sang anak. 

Namun, mitos mahalnya biaya pendidikan homeschooling ini sudah melekat di orang-orang. Sehingga para kalangan menengah ke bawah seringkali lebih memilih untuk terjebak di sekolah formal daripada homeschooling. 

Cara Mempersiapkan Biaya Homeschooling 

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan jika Anda ingin mempersiapkan biaya sekolah homeschooling untuk anak, diantaranya sebagai berikut. 

  1. Tentukan Program Homeschooling yang Akan Diikuti 

Hal ini bertujuan agar Anda dapat menentukan kisaran dana yang harus siapkan untuk pendidikan homeschooling anak. Misalnya saja, homeschooling dengan kurikulum internasional, atau mungkin metode belajar yang dipakai, hal tersebut penting untuk diketahui karena dapat membantu untuk persiapan dana. 

Hal ini juga dapat ditentukan berdasarkan minat, bakat, kebutuhan dan juga potensi anak agar sesuai. Selain itu, dengan program homeschooling ini juga diharapkan agar Anak juga bisa mengembangkan potensi dirinya agar lebih maksimal. 

  1. Hitunglah Kisaran Dana yang Harus Dipersiapkan 

Menghitung kisaran dana pendidikan ini bertujuan agar diketahui berapa dana yang dibutuhkan untuk mengikuti program homeschooling. Tentu saja, hal tersebut sudah mencakup biaya perlengkapan untuk sekolah, dan lain sebagainya. 

Kisaran dana pendidikan homeschooling tentunya dapat ditentukan dengan kelas apakah yang ingin diikuti Anak. Seperti kelas privat, komunitas, maupun mandiri. Hal ini karena setiap kelas memiliki rentang kisaran dana yang lumayan dan benar-benar harus dipikirkan dan disiapkan terlebih dahulu. 

  1. Memasukkan Anak ke Homeschooling 

Jika Anda terlalu sibuk dan memiliki banyak kegiatan, terdapat beberapa lembaga homeschooling di Indonesia yang dapat Anda percaya untuk Anak Anda. Dengan memasukkan anak ke Homeschooling, Anda bisa langsung mengetahui kisaran biayanya. 

Memasukkan anak ke lembaga ini tentunya dapat menjadi alternatif jika Anda memiliki alasan tersendiri untuk anak tidak ingin disekolahkan di lembaga formal. Tentunya dengan berbagai pertimbangan tersebut juga harus dipikirkan matang-matang, agar orang tua maupun anak dapat menjalaninya dengan senang dan tidak terpaksa. 

Merencanakan Pendidikan Anak 

Baik memilih menggunakan sistem homeschooling, ataupun mengirimkan anak ke sekolah formal, hal tersebut penting untuk direncanakan matang-matang. Pendidikan terbaik anak adalah sesuatu yang harus dipikirkan dan direncanakan, apalagi juga dengan dananya. 

Hal ini karena pendidikan formal maupun non formal yang ditempuh anak akan berpengaruh kepada diri Anak di masa depan. Selain dari sekolah, tentunya pendidikan paling utama seorang Anak adalah berasal dari keluarganya terlebih dahulu. 

Jadi, jika Anda ingin mengambil dan memiliki peran lebih daripada orang tua lainnya, Anda dapat memilih homeschooling sebagai pelengkap pendidikan non formal anak Anda. Namun jika Anda memutuskan menitipkannya pada sebuah lembaga, maka hal tersebut bukanlah pilihan yang salah. 

Demikian informasi mengenai cara mempersiapkan biaya homeschooling dan bagaimana merencanakan pendidikan yang baik untuk Anak. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menjadi referensi tersendiri bagi Anda. Flexi.sch.id/serba-serbi-dan-biaya-homeschooling-di-indonesia

 

 

Similar Posts