Bisnis

Cara Membangun Situs Web Perusahaan yang Efektif

Cara Membangun Situs Web Perusahaan yang Efektif

Di Blue Fountain Media, kami memiliki pengalaman membangun situs web dan strategi digital untuk klien dari semua ukuran dan kami mengetahui secara langsung jumlah pekerjaan yang dilakukan untuk setiap proyek. Meskipun setiap proyek hadir dengan keunikan dan tantangannya sendiri, merancang dan membuat website perusahaan adalah proses yang sangat terlibat yang membutuhkan investasi di muka dalam perencanaan dan strategi.

Situs web perusahaan yang ada sering kali dapat terdiri dari ribuan halaman konten, atau bahkan ratusan microsites yang berbeda, dan merombak desain dan arsitektur informasi dari situs tersebut dapat dengan cepat membuat kewalahan. Membangun lokasi perusahaan dari bawah ke atas juga menantang karena memerlukan pandangan ke depan untuk merencanakan berbagai situasi dan kasus penggunaan yang mungkin belum benar-benar terjadi.

Bekerja dengan klien perusahaan kami selama bertahun-tahun telah memberi kami wawasan mendalam tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak saat merancang pengalaman digital di level ini. Di bawah ini kami membagikan beberapa strategi yang kami tahu membuat perbedaan.

Fokus pada pengguna tanpa henti

Saat mendekati desain ulang, atau bahkan membangun situs baru, biasanya perusahaan jatuh ke dalam perangkap memprioritaskan cerita yang ingin mereka sampaikan daripada menyampaikan informasi yang perlu didengar pengguna mereka.

Meskipun situs web harus dianggap sebagai wajah perusahaan Anda secara online, ia harus melakukan lebih dari sekadar terlihat bagus. Ingatlah bahwa ketika Anda meringkasnya, situs web ada untuk satu tujuan: untuk melayani pengguna Anda. Setiap keputusan yang dibuat tentang situs web harus didasarkan pada apakah hasil akhirnya akan menguntungkan pengguna atau tidak.

Sangat membantu untuk kembali ke pertanyaan ini secara rutin sepanjang fase strategi dan perencanaan, menanyakan apa lagi yang dapat Anda lakukan untuk melebihi harapan pengguna, membuat pengalaman mereka lebih menyenangkan, dan memastikan mereka meninggalkan situs dengan kesan positif tentang perusahaan Anda, setelah mencapai apa mereka datang ke situs web untuk melakukannya.

Pahami persona pengguna dan pemangku kepentingan internal

Untuk terus berfokus pada pengguna , Anda harus terlebih dahulu memahami audiens pengguna Anda. Pada tingkat perusahaan, audiens ini mungkin sangat luas, termasuk orang-orang dari seluruh negara atau di seluruh dunia, dalam peran dan fungsi yang berbeda, dan dengan berbagai tugas yang mereka harapkan untuk dicapai di situs. Meskipun Anda mungkin tidak dapat menemukan cara untuk berbicara secara efektif dengan mereka semua, dengan sedikit usaha Anda dapat mengidentifikasi dan memisahkan segmen yang paling penting dari audiens Anda sehingga Anda dapat merancang situs untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Dalam melakukan optimasi SEO Website, anda juga memperhatikan search intent keyword yang ditarget. Agar saat mereka berkunjung ke website konversinya jauh lebih tinggi.

Pemangku kepentingan internal juga akan memainkan peran besar dalam menentukan arsitektur situs dan arah desain. Pemangku kepentingan dari berbagai departemen membawa pengetahuan berharga tentang apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan dari pengalaman situs. Pandangan pemasaran dibandingkan dengan penjualan, atau operasi dibandingkan dengan sumber daya manusia, misalnya, akan berbeda. Visibilitas ke dalam perbedaan ini akan memberi Anda pemahaman yang lebih menyeluruh tentang di mana letak peluang terbesar.

Langkah Membangun Strategi Periklanan Digital

Fokus pada keluasan, kedalaman, dan tata letak konten

Di tingkat perusahaan, kebutuhan konten biasanya kompleks. Seperti yang dijelaskan di atas, ada sejumlah grup pengguna berbeda yang perlu Anda jangkau dan aliran konten harus disesuaikan dengan masing-masing grup.

Dalam hal konten apa yang perlu Anda sediakan, bertujuan untuk mencapai keseimbangan antara luas dan dalamnya. Konten yang terlalu luas akan kekurangan fokus yang berarti, sementara strategi yang terlalu sempit akan berisiko mengasingkan pengguna yang tidak melihat pertanyaan atau kebutuhan mereka tercermin. Pergi terlalu dalam dan audiens Anda tersesat dalam gulma. Tidak cukup dalam dan Anda gagal memberikan nilai.

Jenis konten yang Anda buat hampir sama pentingnya dengan cara Anda memilih untuk menyajikannya kepada pengguna. Ingatlah bahwa rentang perhatian online semakin pendek sepanjang waktu, jadi asumsikan bahwa kebanyakan orang tidak membaca atau menonton konten Anda sepenuhnya. Rancang tata letak konten yang membuat teks mudah dibaca sekilas dan menyoroti hal-hal yang paling menonjol sehingga sulit untuk dilewatkan.

Selalu utamakan seluler

Sekarang, setiap bisnis dengan situs web memahami bahwa pengalaman seluler sama pentingnya bagi pengguna, jika tidak lebih, daripada pengalaman desktop. Kegunaan seluler juga merupakan inti dari visibilitas merek Anda dalam penelusuran.

Dari perspektif pengguna, kegunaan seluler yang buruk diartikan sebagai indikasi bahwa merek tidak peduli apa pengalamannya, atau terjebak di masa lalu di mana desktop adalah satu-satunya hal yang penting. Kedua asumsi ini mengikis kepercayaan pengguna dan dapat menekan konversi situs serta menodai citra merek Anda jika tidak dicentang.

Tentu saja, merancang pengalaman seluler – dan terutama menyesuaikan pengalaman desktop yang ada untuk bekerja di perangkat seluler – hanya menjadi lebih kompleks di tingkat perusahaan dengan konten yang kuat dan mungkin terdapat banyak lapisan navigasi. Namun memprioritaskan seluler sepadan dengan upaya untuk menjaga kepuasan pengguna, dan terbukti berdampak positif pada penjualan. Ini sama benarnya di kedua pengaturan B2B dan B2C.

Membangun pengalaman perusahaan yang lebih baik
Meskipun merancang pengalaman digital yang efektif untuk perusahaan menghadirkan tantangan unik dalam hal skala dan kompleksitas, dengan sedikit perencanaan strategis dan proses yang dijalankan dengan benar, tujuan ini pasti dapat dicapai.

Dengan berfokus pada kebutuhan pengguna, secara teratur kembali ke pertanyaan tentang apa yang akan membuat pengalaman lebih cepat, lebih efisien, dan lebih memuaskan, Anda dapat memastikan bahwa apa pun skalanya, Anda akan membangun sesuatu yang akan menarik dan menyenangkan.

Similar Posts