Fashion

Asal Usul dan Fungsi Busana

/laotrahija.com

Pakaian adalah pakaian yang terbuat dari berbagai macam bahan dan memiliki beberapa bentuk yang digunakan oleh pria dan wanita untuk menutupi tubuhnya. Pakaian ini dapat dibuat dari bahan tenun (sutra, poliester), kulit binatang (kulit dan bulu) atau dari bahan sintetis (spandeks). Beberapa potongan pakaian yang biasa dikenakan adalah celana panjang, jeans, rok, celana pendek, kemeja, blus, rompi, mantel,Hijab

Asal usul pakaian Bulu, kulit, rumput atau daun diyakini sebagai beberapa bahan paling awal yang digunakan untuk membuat pakaian. Bahan-bahan ini diikatkan di sekitar tubuh, disampirkan atau dibungkus. Para arkeolog dan antropolog memperdebatkan tanggal pasti asal usul pakaian karena pakaian yang terbuat dari bulu, kulit, daun, dan rumput cepat rusak dibandingkan dengan bahan lain. Di Kostensi, Rusia, jarum jahit prasejarah yang terbuat dari tulang dan gading diidentifikasi berasal dari 30.000 SM. Ada juga penemuan serat rami yang diwarnai di gua prasejarah di Republik Georgia yang diyakini berusia 36.000 tahun.

Fungsi pakaian Fungsi utama pakaian adalah penutup tubuh sebagai pelindung terhadap unsur-unsur. Di daerah dingin, itu untuk menjaga tubuh tetap hangat. Di daerah yang hangat, pakaian berfungsi sebagai pelindung dari sengatan matahari atau kerusakan akibat angin. Manusia purba mungkin telah menyelamatkan kulit binatang yang mereka buru dan menggunakannya sebagai pakaian untuk menghangatkan tubuh atau mengumpulkan dedaunan dan rumput untuk menutupi tubuh mereka.

Aspek sosial dari pemakaian pakaian adalah fungsi lain. Pakaian digunakan sebagai pembeda kelas. Di suku Indian Amerika, kepala atau pemimpin mereka mengenakan tutup kepala yang rumit. Di Roma Kuno, pakaian yang diwarnai dengan Syria Purple terbatas pada senator.

Fungsi lain dari pakaian adalah pemeliharaan kesusilaan. Hijab, Adam dan Hawa menutupi tubuh mereka ketika mereka menyadari bahwa mereka telanjang setelah memakan buah dari pohon terlarang. Di beberapa negara Islam, wanita diwajibkan untuk menutupi seluruh tubuh mereka kecuali wajah. Di sebagian besar masyarakat, tidak sopan bagi pria dan wanita untuk berbaur dengan orang lain tanpa mengenakan pakaian. Dengan standar yang lebih santai di zaman modern, fungsi ini diremehkan karena beberapa pakaian cenderung provokatif sehingga perbedaan kesopanan menjadi kabur.

Penggunaan lain untuk pakaian adalah untuk seragam untuk pekerjaan, afiliasi, dll. Hakim dan hakim mengenakan jubah di pengadilan. Anggota olahraga tim mengenakan kaus yang identik untuk membedakan diri mereka dari tim lain. Bahkan di militer, setiap unit (tentara, angkatan laut, angkatan udara) memiliki seragam yang berbeda.

Ekspresi diri adalah fungsi lain dari pakaian. Pada umumnya, mengenakan pakaian dengan warna hitam merupakan tanda berkabung. Juga, zaman modern telah melihat pengaruh mode terhadap budaya pop. Pakaian yang rumit dan artistik untuk setiap kesempatan dan suasana hati hampir selalu tersedia untuk sebagian besar orang.

Similar Posts