Parenting

Apa Saja yang Diperiksa Dokter Saat USG Pertama Kali ?

Apa Saja yang Diperiksa Dokter Saat USG Pertama Kali ?

Singakatnya ketika sudah melakukan tespek kemudian ada garis dua maka selamat ya kamu sudah hamil positif sebentar lagi bakalan jadi ibu muda dan tentu saja ini moment yang sangat membahagiakan bagi kalian dengan pasangan.

Namun jawaban paling pasti dan akan semakin meyakinkan tentu saja kalian harus cepat cepat ke dokter untuk melakukan pemeriksaan atau usg kandungan.

Nah yang perlu kalian pahami juga, pada waktu periksa kandungan pertama kali ini bagian apa saja yang umumnya dokter akan priksa ? kita akan bahas lengkap dalam artikel ini.

Intinya bunda jangan tegang ya, dibawa santai saja karena memang sudah kodrat seorang wanita harus melahirkan.

  1. Yang pertama kali dilakukan adalah pemeriksaan tekanan darah

Yang melakukan pengecekan tekanan darah biasanya adalah bidan atau perawat dibagian recepsionist, dimana pada awal anda registrasi maka akan langsung di cek tekanan darahnya.

Jangan heran karena anda akan sering sekali melakukan pengecekan tekanan darah ini, hampir setiap anda akan USG wajib ini dilakukan sebagai laporan nanti kepada sang dokter yang akan memeriksa kandunga anda.

  1. Yang kedua biasanya akan di cek berapa berat dan tinggi badan

Biasanya yang dicek sebenarnya berat badan bunda saja. Sama saja prosedurnya dengan yang bagian pertama ini dilakukan pada bagian awal sekali sebelum bunda menunggu masuk giliran priksa di ruangan dokter.

Berat badan juga sama saja akan dicek secara berkala setiap anda USG. Tujanya adalah untuk memantau perkembangan bunda dan janin apakah ada perubahan atau tidak mesikpun nantinya pad USG hasilnya akan lebih jelas sekali.

  1. Pengecekan usia kehamilan bunda dilakukan oleh dokter

Kemudian setelah itu sekarang bagian dokter yang akan melakukan pengecekan pada kandungan bunda.

Yang pertama kali dilakukan adalah pengecekan berapa kira kira usia janin di dalam perut bunda saat ini.

Dari alat Usg sendiri akan muncul semuanya berapa usia janin, kondisi kandungan kemudian berat janin dan lain sebagainya anda kaan dijelaskan dengan detail oleh dokter kandungan tempat anda usg.

Disini juga dokter sudah bisa memberikan anda rincian perkiraan kapan anda akan melahirkan yang lebih dikenal dengan waktu HPL bunda.

  1. Kemudian akan dilakukan pengecekan darah

Tahap selanjutnya adalah dokter akan mengambil darah anda untuk dicek di laboratorium.

Ini sangat penting sekali karena dalam tahap ini dokter akan memastikan ulang golongan darah anda, kemudian mengecek apakah ada penyakit dalam tubuh bunda, karena dokter khawatir jika bunda ada penyakit yang akan membhayakan janin seperti penyakit hepatitis, kemudian toksoplasma dan amenia serta jenis penyakit lain yang intinya akan bisa membuat bayi  dalam kandungan tumbuh tidak normal.

Kemudian bisa juga bunda akan diminta tes urin untuk memastikan kadar protein apakah normal atau tidak sampai dengan pemeriksaan bagian dalam seperti rahim ini bisa saja dilakukan.

Jadi bunda harus siap ya dan jalani dengan senyuman.

Similar Posts