Uncategorized

Alat Pemadam Api Ringan

Hadirnya APAR dalam hidup ini menjadi sebuah solusi terbaik dalam membantu memadamkan kebakaran skala kecil. Dengan begitu, semua orang harus mengetahui cara penggunaannya. Tetapi, masih banyak yang melakukan kesalahan dalam menggunakan alat pemadam api ringan.

Alat Pemadam Api Ringan

Kesalahan-Kesalahan dalam Menggunakan Alat Pemadam Api Ringan

Prosedur penggunaan alat pemadam api ringan sudah tertulis secara jelas. Maka, setiap orang harus mengetahui cara pemakainnya supaya dapat memadamkan kebakaran pada situasi mendadak. Untuk itu, sebaiknya Anda menghindari sejumlah kesalahan berikut ini.

  1. Membawanya dengan Cara Menenteng

Kesalahan pertama yang sering orang lakukan ketika menggunakan alat pemadam kebakaran adalah membawanya dengan cara menentangnya. Ini justru akan membuat Anda merasa lelah ketika akan menuju ke tempat titik api.

Pada kejadian kebakaran yang tentu saja berlangsung secara cepat, tentu membuat semua orang panik. Maka, ketika hendak mengambil APAR justru malah menentengnya. Cara terbaiknya adalah meletakkan pada bahu. Ini tidak akan membuat Anda lelah dalam perjalanan menuju sumber api.

  1. Memegang Selang Pada Bagian Tengah

Pada kesalahan menggunakan APAR berikutnya adalah memegang APAR pada bagian tengahnya. Mereka melakukan hal tersebut secara asal-asalan sehingga justru membuat arah semprotan selangnya tidak beraturan ke sana ke mari.

Anda bisa membeli pada tempat jual apar dengan tabung serta komponen lain yang berkualitas. Setelah itu, pastikan menggunakannya dengan memegang selang di bagian ujungnya. Ini akan membuat semprotan menjadi terarah serta efektif memadamkan api.

  1. Menekan Tuas Bersama denga Safety Pin

Dalam proses penggunaan alat pemadam api ringan, hal utamanya adalah membuka pin pengaman. Kesalahan yang sering orang lakukan yakni justru ketika melepaskan safety pin bersamaan dengan menekan tuas pemicu tabung APAR.

Jika Anda membuka pin bersamaan dengan menekan tuas pemicu, maka akan menyebabkan pin pengaman tersebut menjadi terjepit sehingga sulit membuka nantinya. Oleh sebab itu, perlu sangat berhati-hati ketika melakukannya.

Demikian informasi tentang sejumlah kesalahan dalam menggunakan alat pemadam api ringan. Hindari hal tersebut sehingga memberikan keefektifan ketika memadamkan kebakaran. Semoga bermanfaat.

Similar Posts