General

Alat Buat Kopi Yang Paling Mendasar

Alat Buat Kopi Yang Paling Mendasar

Kopi sudah dianggap sebagai minuman sehari-hari bagi sebagian orang. Bahkan bagi para penikmat kopi, mereka bukan hanya mengetahui menu-menu kopi saja namun ada juga yang mengetahui alat buat kopi yang dibutuhkan.

Alat Untuk Membuat Kopi

Bagi yang ingin membuka kedai kopi atau membuat kopi sendiri di rumah juga tidak ada salahnya memahami alat dasar yang dibutuhkan untuk membuat kopi. Dengan ini untuk menikmati secangkir kopi tidak lagi harus ke kedai kopi.

Demi menunjang proses pembuatan kopi di rumah agar menghasilkan kopi yang nikmat tentu membutuhkan perlengkapan kopi. Umumnya orang-orang hanya memahami mesinnya saja seperti V60, french press, vietnam drip, moka pot, rok presso, dan lainnya. namun selain itu, masih terdapat perlengkapan lainnya yang seringkali diabaikan.

Perlengkapan Membuat Kopi

Tentu saja membuat kopi bukan hanya membutuhkan mesinnya saja. Jika anda mengunjungi kedai kopi, anda akan melihat aneka ragam peralatan untuk membuat secangkir kopi yang nikmat. Beberapa perlengkapannya yaitu :

  1. Grinder Kopi

Menyimpan seluruh biji kopi adalah cara terbaik untuk menjaganya tetap segar. Agar menghasilkan cita rasa yang enak, biji kopi perlu digiling sebelum diseduh. Ada dua jenis penggiling kopi, manual dan otomatis. Penggiling manual membutuhkan tangan untuk memutar tuas. Pada saat yang sama, mesin gerinda otomatis membutuhkan listrik untuk menggiling.

Pilih alat penggiling dengan hasil penggilingan yang cukup konsisten. Jika Anda berencana menggunakannya di kedai kopi, disarankan untuk menggunakan penggiling listrik agar tidak kewalahan saat penuh dengan pelanggan.

  1. Cerek

Untuk menuangkan air panas ke dalam secangkir kopi, tentunya kita membutuhkan ketel. Jika memungkinkan, pilih ketel leher angs karena ini adalah model yang paling direkomendasikan. Apalagi jika ingin menyeduh secara manual, Anda membutuhkan alat ini untuk akurasi. Ketel leher angsa dan lubang kecil dapat membuat air mengalir perlahan dan bertahap.

  1. Timbangan

Untuk menjaga akurasi dan konsistensi rasa, diperlukan keseimbangan. Timbangan memudahkan barista dan pembuat kopi rumahan untuk mempersiapkan proses pembuatan kopi. Alat ini dapat memberikan hasil pengukuran yang lebih akurat daripada menebak-nebak. Anda dapat dengan cepat mengukur berapa banyak kopi yang Anda butuhkan untuk setiap minuman.

  1. Termometer

Untuk mendapatkan efek brewing yang maksimal, suhu air yang digunakan harus tepat.  Suhu ideal air panas selama proses pembuatan kopi adalah sekitar 90°C. Periksa suhu air dengan termometer.

  1. Timer

Selain termometer, timer juga dibutuhkan untuk memperhatikan lama waktu ekstraksi kopi. Ekstraksi yang terlalu lama dapat membuat kopi terlalu pahit dan juga jika terlalu cepat membuat kopi menjadi hambar.

Biasanya alat buat kopi ini dibutuhkan bagi mereka yang membuat kopi secara manual. Memang sebenarnya membuat kopi secara manual tidak sulit namun dibutuhkan pemahaman yang tepat. Jika tidak ingin repot, anda bisa mencoba mesin kopi Nescafe Dolce Gusto dengan penggunaan yang sangat praktis.

Deskripsi : alat buat kopi terdiri dari beberapa perlengkapan dasar yang dibutuhkan apalagi jika membuat kopi secara manual.

Similar Posts