Kesehatan Tips Trik

5 Tanaman Obat Yang Mudah Ditanam.

Tanaman Obat – Menanam tanaman herbal sebagai salah satu pencegah dalam menghidari masalah kesehatan adalah hal yang harus bisa dilakukan di setiap rumah orang, hal ini tentunya untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan obat dalam mengatasi beberapa penyakit tak harus selalu menggunakan obat-obatan instan. Kamu tinggal memetiknya sendiri di kebun sekuka hati.

Selain itu dengan menanam sendiri tanaman obat bisa membuat kamu tahu lebih terhadap kasiat tanaman dan memberi dampak baik terhadap lingkungan sekitar. Untuk itu berikut beberapa tanaman obat yang bisa kamu tanam di perkarangan rumah.

1. Tanaman Herbal Suku Temu-temuan.

Yang pertama dan paling banyak ditanaman ialah tanaman dari suku temu-temuan atau biasa di sebut dengan empon-empon. Beberapa tanaman tersbut ialah kunyit, jahe, lengkuas, kencur, temulawak, bangle, temu putih, temu giring, temu mangga, temu ireng dan sejenisnya.

Tanaman rempah tersebut sangat berguna dan mempunyai banyak manfaat, selain memberi khasiat dalam mengobati tanaman rempah tersebut juga sering digunakan sebagai bumbu rempah, bahan minuman hingga ramuan tradisional.

2. Kumis Kucing.

Jika kamu mempunyai lingkungan tempat yan sejuk dan tanah yang subur cobalah untuk menanam tanaman kumis kucing. Tanaman satu ini merupakan tanaman obat yang telah dipakai sebagai bahan pembuatan obat tradisional. Khasiat dari kumis kucing sudah tidak diragukan lagi dalam mengatasi masalah sakit pinggang, asam urat serta darah tinggi.

3. Sambung Nyawa.

Tanaman berikunya yang bisa kamu tanaman di perkarangan ialah sambung nyawa. Sambung nyawa pohonya cukup rimbun dengan batang kecil yang panjang, sehingga bisa kamu gunakan sebagai tanaman pagar sekaligus menggunakan manfaatnya untuk kesehatan.

Letak kahsiatnya ada pada daun dan kulitnya, jika sewaktu-waktu kamu mempunyai masalah asam urat, sakit kepala, gula darah, dan darah tinggi tinggal gunakan daunya sebagai obat alternatif.

4. Sambiloto.

Jika kamu ingin sehat tanaman lah sambiloto halaman belakang rumah kamu. Tanaman sambiloto mempunyai rasa yang sangat pahit, walau begitu khasiatnya juga tidak bisa dianggap remeh loh. Tanaman sambiloto diketahui dapat mengobati masalah pencernaan seperti diare dan sakit perut.

Selain itu beberapa khasiat dari tanaman satu ini ialah menurunkan panas demam, mencegah malaria, menurunkan gula darah serta mencegah berbagai infeksi.

5. Daun Sirih.

Tanaman yang mudah selanjutnya ialah sirih. Sirih merupakan tanaman merambat yang bisa kamu tanam dipagar rumah, pemanfaatan tanaman sirih sudah dikenal sejak lama dan sudah tidak diragukan lagi khasiatnya.

Nah itulah beberapa tanaman herbal yang bisa kamu tanam di halaman rumah, jadi jika sewaktu-waktu kamu membutuhkannya tak harus mencari keliling keluar rumah. Sumber Healty99.

Similar Posts