Kesehatan

5 Manfaat Susu Whey Protein untuk Wanita

5 Manfaat Susu Whey Protein untuk Wanita

Protein merupakan molekul dari asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar bisa berfungsi dengan baik. Setidaknya, setiap orang membutuhkan 46 gram protein setiap hari. Salah satu protein yang sangat baik adalah whey protein. Bagi wanita, ada banyak sekali manfaat susu whey protein baik untuk kesehatan kulit, rambut, maupun kecantikan.

Pengertian Whey Protein

Whey protein merupakan bentuk protein yang paling murni dan bisa didapatkan dari susu sapi. Whey termasuk produk sampingan dari susu yang didapatkan selama proses produksi keju. Selanjutnya, whey ini akan diproses lagi menjadi bentuk yang lebih terkonsentrasi. Ada yang berbentuk susu whey protein, konsentrat whey protein, dan sebagainya.

Manfaat Whey Protein untuk Wanita

  1. Menunda penuaan

Manfaat whey protein yang pertama adalah bisa membantu untuk menunda penuaan. Whey protein memiliki kandungan glutathione. Zat ini adalah antioksidan yang bisa menunda gejala penuaan serta menangkal radikal bebas. Glutathione terbuat dari tiga jenis asam amino, yakni asam glutamat, glisin, dan sistein. Whey protein juga bisa memperlambat degenerasi otot yang membuat seseorang menjadi tetap kuat ketika memasuki usia senja.

  1. Meningkatkan hormon

Selanjutnya, whey protein juga bisa membantu untuk meningkatkan hormon di dalam tubuh. Whey protein tidak akan menyebabkan fluktuasi kadar hormon seperti jenis protein lainnya. Selain itu, whey protein merupakan bentuk protein yang mudah larut dan paling kaya daripada protein jenis lain. Protein ini bahkan jauh lebih bergizi jika dibandingkan dengan kedelai, daging, atau putih telur.

  1. Membantu program penurunan berat badan

Jika Anda sedang menjalani program penurunan berat badan, maka mengonsumsi whey protein bisa menjadi pilihan yang tepat. Dalam sebuah penelitian, wanita yang mengonsumsi whey protein berhasil menghilangkan lemak dalam tubuh lebih banyak. Hal ini karena whey protein rendah karbohidrat sehingga mempercepat proses metabolisme untuk membakar lemak yang berlebih.

  1. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Protein adalah zat yang cukup penting untuk pertumbuhan rambut karena rambut terdiri dari protein. Apabila seseorang kekurangan protein, maka akan muncul berbagai masalah seperti rambut rontok, gatal-gatal, dan lain-lain. Whey protein merupakan cara yang mudah untuk bisa meningkatkan asupan protein di dalam tubuh sehingga bisa mencegah kasus rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambu.

  1. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Terakhir, whey protein bisa membantu wanita untuk terhindar atau menghambat pertumbuhan dari sel kanker. Whey protein memiliki modulasi glutathione yang berfungsi dalam pengobatan kanker. Mengonsumsi whey protein selama masa pemulihan atau kemoterapi bisa membantu pertumbuhan sel kanker. Selain itu, whey protein juga akan memberikan energi tambahan untuk tubuh.

Sebenarnya masih ada banyak sekali manfaat dari whey protein yang sangat baik untuk kesehatan. Jadi, akan lebih baik jika mulai dari sekarang Anda membiasakan diri untuk rutin mengonsumsi whey protein.

Similar Posts