Kesehatan

5 Manfaat Senam Hamil untuk Bayi di dalam Kandungan

5 Manfaat Senam Hamil untuk Bayi di dalam Kandungan

 Hamil membuat perempuan mengalami perubahan baik mental maupun fisik. Kesehatan ibu dan juga bayi di dalam kandungan harus selalu terjaga. Upaya tersebut salah satunya adalah dengan senam hamil. Senam hamil adalah salah satu cara mencegah bayi sungsang. Selain itu, makanan dan suplemen kehamilan juga sangat membantu. Bacalah review atau bertanya pada dokter kandungan Anda sebelum memilih suplemen yang tepat.

Manfaat Senam Hamil

Senam hamil memiliki berbagai manfaat kesehatan untuk ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan. Beberapa manfaatnya antara lain:

1.     Meningkatkan Mood dan Mengurangi Stres

Saat hamil, mood atau suasana hati berubah sewaktu-waktu. Hal ini karena dipicu perubahan hormon. Perubahan ini juga memunculkan stress, rasa mual, serta muntah. Olahraga mampu mengatasi ketidakstabilan hormon.

Olahraga membantu menyeimbangkan hormon yang mengatur kebahagiaan di otak, yaitu dopamine, serotonin dan norepinefrin. Dengan keseimbangan hormon ini, mood swing atau perubahan suasana hati dan juga stres akan terkendali.

2.     Persiapan Persalinan

Senam hamil sangat penting pada ibu hamil, terutama pada trimester ketiga ketika akan menghadapi persalinan. Senam yang Anda lakukan secara rutin melatih dan menguatkan otot-otot di sekitar panggul dan pinggang.

3.     Membantu Posisi Bayi

Bayi dengan posisi sungsang, yaitu kaki berada di jalan lahir atau bahkan kepala dan kaki melintang, akan mempersulit proses kelahiran. Posisi bayi saat akan lahir seharusnya adalah kepala berada di bawah atau di jalan lahir.

Bayi di dalam perut ibu masih sering berganti posisi hingga akan memasuki masa kelahiran. Olahraga merupakan salah satu upaya atau cara mencegah bayi sungsang. Bergeraklah setiap hari dengan berolahraga yang teratur dan terukur.

Ketika memasuki trimester kedua dan ketiga, seringlah berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan olahraga ibu hamil di rumah. Anda juga perlu rutin memeriksakan posisi bayi agar mengetahui bagaimana keadaan bayi di dalam perut.

Anda juga bisa membaca dari review atau testimoni mengenai manfaat senam kehamilan untuk membangkitkan motivasi dalam berolahraga. Apabila ketika memasuki masa kelahiran bayi tetap dalam posisi sungsang setelah melakukan olahraga rutin, Anda sebaiknya segera menghubungi dokter kandungan agar segera ditangani.

4.     Mengurangi Pegal dan Rasa Tidak Nyaman

Saat hamil, badan perempuan sering merasa tidak nyaman dan pegal-pegal. Untuk mengatasi ini, pijatan untuk ibu hamil dan juga olahraga adalah kombinasi yang pas memanjakan tubuh. Olahraga membantu meregangkan otot yang tegang.

Olahraga juga melatih pernapasan. Dengan demikian, ketika mengalami rasa sakit, Anda bisa segera mengatur napas dan tetap tenang.

5.    Tidur lebih Nyenyak

Olahraga membantu tubuh terasa rileks karena otot yang tegang berkurang. Senam hamil memang sebaiknya dimulai dari trimester pertama agar perubahan pada tubuh bisa dirasakan. Namun, tidak masalah juga jika Anda memulainya pada trimester kedua atau ketiga. Olahraga sebaiknya rutin dilakukan tidak hanya oleh ibu hamil tetapi juga seluruh anggota keluarga.

Berolahraga saat hamil dapat menjadi salah satu cara mencegah bayi sungsang. Bacalah beberapa tips, review, atau keterangan mengenai senam hamil. Anda juga bisa bergabung dengan komunitas senam maupun melalui media sosial.

Similar Posts