Uncategorized

5 Baju Adat Jawa Tengah Terbaik

Pakaian Tradisional Jawa Tengah yang Elegan! | Popmama.com

Salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang memiliki berbagai macam kebudayaan adalah Jawa Tengah. Pada jaman dahulu jawa  tengan ini masuk dalam Kerajaan Mataram Islam dan jadi pusat peradaban di jawa pada masa lalu. Gambar baju adat jawa tengah menjadi salah satu bukti nyata akan keanekaragaman tersebut. ini dia beberapa baju adat dari Jawa Tengah:

  • Baju Surjan

Pertama ada baju surjanm baju yang satu ini merupakan sebuah baju yang di pakai oleh pria di jaman dulu. Baju ini dipakai oleh para bangsawan untuk menghadiri berbagai acara resmi. Baju adat ini memiliki motif lurik ynag warnanya coklat dan juga hitam. Pada bagian depannya ada sebuah saku dab di bagian lehernya menggunakan pola shanghai. Baju ini saat dipakai sering dipadukan dengan kain jarik yang memiliki motif batik yang dililitkan di pingang yang panjangnya mencapai mata kaki. Di bagian belakang nanti akan di selipkan sebuah senjata berupa keris yang menjadi salah satu symbol untuk ksatria.

  • Baju Jawi Jangkep

Baju yang kedua ini sama dengan baju yang pertama, biasa di pakai oleh kaum pria. Baju jawi ini tidak memiliki motif dan punya warna yang gelap. Warna tersebut biasanya merah bata, biru tua, hitam, dan warna gelap lainnya.

Baju yang satu ini terdiri dari motif bunga pada bagian tengahnya dan beskap untuk bagian dalamnya. Tapi saat ini penggunaan beskap ini di pakai secara terpisah. Kebanyakan bawahan untuk baju jawi ini adalah kain jarik yang panjangnya hingga mata kaki, pada bagian belakangnya juga sama- sama di selipkan keris. Para pria yang menggunakan baju ini juga biasanya menggunakan penutup kepala atau blagkon.

  • Kebaya

Baju yang di pakai oleh kaum wanita adalah kebaya. Baju kebayanya ini memiliki bentuk yang sangat sederhana yaitu blus yang memiliki tangan panjang. Beda dengan kebaya yang ada di daerah lain, kebaya yang satu ini menyimpan sebuah kesan yang cukup misteris. Kain kebaya dari jawa tengah ini di buat dengan bahan kain sutera atau beludru. Biasanya kebaya dari jawa tengah ini memiliki warna hitam. Saat menggunakan kebaya, para wanita akan menggunakan kemben di bagian dalam bajunya. Bagian bawahnya bisanya menggunakan kain jarik panjang yang memiliki motif batik. Supaya terlihat lebih anggun saat memakai kebaya para wanita ini akan di sangul.

  • Kanigaran

Baju yang satu ini merupakan baju yang dipakai oleh para raja di jaman dulu, tapi saat ini baju yang satu ini sering sekali di pakai oleh pengantin pria dalam acara pernikahan. Pengantin prianya ini akan menggunakan baju beskap yang memiliki kerah yang terbuat dari bahan beludru halus. Pada bagian dada dan lengan terdapat hiasan yang warnanya emas untuk menambah kesan mewah. Lalu untuk mempelai wanita memakai baju yang warnanya senada tapi tidak memiliki kerah. Pada bagian bawahnya pengantin pria akan memakai kain kapuh atau kain dodoean ynag beda dengan kain jarik yang biasanya. Tidak lupa akan diselipkan keris pada bagian belakangnya.

  • Basahan

Baju yang selanjutnya juga adalah baju yang cukup sering di pakai untuk acara pernikahan, yang membedakan baju ini dengan baju yang sebelumnya adalah pada bagian atas tidak memakai atasan, jadi bagian dada pria terbuka. Untuk menutupi bagian tubuh atasnya mempelai pria ini akan memakai sebuah  kalung sebagai tanda kemewahan. Sedangkan untuk mempelai wanita hanya akan memakai kain yang menutupi bagian dadanya, jadi bagian atas dada juga terbuka. Bagian yang terbuka juga sama di hias dengan kalung yang sana dengan mempelai lelaki.

Similar Posts