teknologi

3 Tahapan Cara Kerja Panel Surya, Lihat Apa Saja

Panel Tenaga Surya atau sumber listrik panas matahari saat ini sudah mulai banyak digunakan di Indonesia karena memberi manfaat hemat dalam pemakaian listrik. Sumber listrik alternatif dari matahari ini memang terbukti efisien dalam memproduksi listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik. Yuk kenali apa itu solar panel melalui 3 tahapan cara kerjanya berikut ini.

Sekilas Tentang Cara Kerja Solar Panel

1. Konversi energi matahari ke listrik

Solar panel adalah sumber energi listrik yang berasal dari panas matahari. Penggunaan solar panel ini banyak dipilih karena lebih efisien dan juga lebih hemat. Penggunaan solar panel akan menghemat tarif dasar listrik yang dibayarkan per bulannya hingga 30 persen. Proses konversi energinya juga mudah dan tidak membutuhkan ruang yang lebih luas.

Tahap pertama yang akan dilakukan untuk membuat Panel Surya adalah melakukan proses konversi. Konversi dari panas matahari ke dalam panel ini bisa dilakukan dengan mudah. Pemasangan panel akan bisa dilakukan dengan praktis di bagian atap bangunan. Sehingga proses mendapatkan panas matahari akan bisa berjalan dengan baik tanpa halangan.

2. Proses mengubah arus listrik

Setelah proses konversi energi matahari ke energi listrik yang sudah dilakukan, maka tahapan proses berikutnya adalah dengan mengubah arus listrik sehingga bisa digunakan. Arus listrik yang dihasilkan oleh solar panel pada awalnya masih berupa arus listrik yang searah atau arus listrik DC yang mana masih belum bisa digunakan.

Sehingga akan diperlukan proses tahapan selanjutnya yaitu dengan merubah arus listrik DC yang serakah tersebut ke arus listrik bolak balik atau AC. Sehingga arus listrik ini akan bisa digunakan untuk kebutuhan listrik berbagai macam alat elektronik. Pada dasarnya penggunaan Panel Surya akan sama seperti listrik konvensional lainnya saat dialirkan.

3. Menyalurkan listrik ke dalam bangunan

Seperti yang disinggung di poin sebelumnya, bahwa cara penggunaan solar panel pada dasarnya akan sama dengan pemakaian listrik pada umumnya. Setelah melakukan konversi energi listrik kemudian mengubahnya menjadi listrik DC, maka cara penyalurannya akan sama yaitu menggunakan stop kontak yang dipasang di berbagai sudut rumah.

Aliran listrik akan dimasukkan ke stop kontak yang ada di dalam bangunan. Sehingga bila anda ingin menggunakan listrik Panel Surya ini bisa menggunakannya seperti listrik konvensional pada umumnya. Anda bisa menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan listrik berbagai macam peralatan di rumah dengan maksimal dan sama praktisnya.

SUN Energy adalah perusahaan produsen solar panel yang sudah terpercaya dengan pilihan penggunaan bahan berkualitasnya. Produk solar panel ini mempunyai banyak manfaat tak hanya untuk memasok listrik namun juga untuk menjaga lingkungan. Ingin memasang solar panel berkualitas? Segera kunjungi website resmi SUN Energy dan dapatkan manfaatnya.

Similar Posts