Menu

Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta, Sahabat Menuju Sehat Pilihan Masyarakat

Leave a comment

Bagi Anda warga Yogyakarta, pasti tak asing dengan rumah sakit Sardjito  yang berlokasi di Sinduadi, Mlati, Sleman Yogyakarta atau tepatnya di dekat fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Rumah sakit Dr. Sardjito ini merupakan rumah sakit pendidikan sekaligus sebagai rujukan nasional. Para mahasiswa kedokteran, keperawatan dan kesehatan masyarakat dari universitas Gajah Mada menimba pengalaman di rumah sakit Dr. Sardjito hingga mereka dinyatakan lulus dan berperan langsung terhadap pelayanan kesehatan. Sebagai rumah sakit yang besar sekarang ini, rs Sardjito tak lepas dari sejarah di masa lalu yang membesarkannya hingga sekarang.

RS DR Sardjito dimulai dari sebuah ide yang dicetuskan oleh Dr. Sardjito untuk membangun sebuah rumah sakit umum sekaligus rumah sakit pendidikan di Yogyakarta pada tahun 1954. Barulah pada tahun 1971 hingga 1974 gagasan ini direalisasikan oleh pemerintah dengan membangun RSUP Dr. Sardjito di Sekip. Di tahun 1974 tersebut status RS DR Sardjito adalah sebuah rumah sakit umum tipe B pendidikan yang digunakan untuk memberikan pengalaman pada calon dokter dan tenaga ahli kesehatan dari universitas Gajah Mada. Kemudian pada tahun 1981, RS UGM digabung menjadi satu dengan RS DR Sardjito sehingga lebih luas dan lengkap dan kembali diresmikan sebagai RSUP Dr. Sardjito di tahun 1982 oleh Presiden Soeharto.

Hingga saat ini, RS DR Sardjito telah menjadi rumah sakit umum rujukan nasional yang besar dan lengkap di Yogyakarta. Rumah sakit selalu ramai dengan para pasien di poli rawat jalan, dan juga pasien yang berada di poli rawat inap beserta tenaga ahli dan kesehatan yang merawatnya. Sebagai rumah sakit pendidikan, RS DR Sardjito tidak kekurangan personel untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pasien.

Ada beberapa alur pelayanan yang diberikan oleh RS DR Sardjito pada masyarakat salah satunya adalah pelayanan di rawat jalan. Di poliklinik, RS DR Sardjito memiliki beberapa poli dokter spesialis yang siap memberikan pemeriksaan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa contoh spesialis yang bisa Anda temukan di RS DR Sardjito:

  • Spesialis kebidanan dan kandungan.
  • Spesialis anak.
  • Spesialis mata.
  • Spesialis bedah mulut.
  • Spesialis jantung.
  • Spesialis penyakit dalam.
  • Spesialis onkologi.
  • Spesialis saraf.
  • Dsb.

Selain poliklinik rawat jalan, RS DR Sardjito juga memiliki instalasi gawat darurat yang bisa Anda akses 24 jam sehari untuk memberikan pertolongan pada kondisi darurat. Untuk menunjang pelayanan di IGD, RS DR Sardjito juga memiliki layanan ambulance yang bisa diakses melalui nomor telepon (0274) 583613.

Sedangkan untuk pasien rawat inap, dapat masuk ke rumah sakit melalui beberapa alur seperti instalasi gawat darurat, poli rawat jalan atau melalui pendaftaran mandiri seperti pada kasus persalinan, operasi sederhana dan sebagainya. Rumah sakit Dr Sardjito memiliki layanan rawat inap yang lengkap termasuk untuk gangguan kesehatan jiwa.

Bagi masyarakat Yogyakarta, rumah sakit Sardjito merupakan rumah sakit yang menjadi sahabat dikala sakit hingga sembuh kembali. Selain perawatan di rumah sakit, DR Sardjito juga memiliki layanan home care yang dapat Anda manfaatkan untuk memberikan perawatan profesional dari tenaga medis di rumah. Dengan begitu pasien akan lebih leluasa dan senang karena tetap dekat dengan keluarga namun juga mendapatkan perawatan yang sama seperti di rumah sakit. Pelayanan ini terutama ditujukan untuk pasien anak-anak, pasien fisioterapi dan pasien pasca stroke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *