Menu

Membuat Senyum Lebih Manis Dengan Behel Atau Kawat Gigi Khusus

Leave a comment

Jika Anda merasa kawat gigi adalah solusi terbaik untuk merapikan gigi, jangan pernah ragu untuk melakukannya. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai Anda salah tempat. Sebab jika behel dipasang oleh bukan ahlinya, bisa berakibat sangat berbahaya.

Banyak yang merasa jika behel hanya akan memperburuk senyuman. Sehingga setelah behel selesai dipasang, banyak yang kemudian tiba-tiba enggan untuk menampakkan giginya saat tersenyum.

Padahal jika saat ini Anda mencari informasi seputar behel, banyak model dan behel baru yang didesain secara lebih menarik dan unik. Memang tidak bisa dipungkiri jika kini behel tidak lagi sebatas alat kesehatan saja. Lebih dari itu, behel sudah menjadi bagian dari aksesori.

Artinya jika Anda memilih jenis dan model behel yang tepat, tidak menutup kemungkinan senyuaman Anda akan semakin manis dengan adanya behel yang menempel pada gigi Anda. Jadi Anda tidak perlu merasa minder lagi saat ada behel terpasang pada gigi Anda.

Jenis-jenis Bahan Pembuat Behel

Sebelum memasang behel, sebaiknya kenali terlebih dahulu apa saja jenis-jenis bahan pembuatnya. Sebab berbeda bahan pembuatnya akan berpengaruh dari segi harga. Jauh dari itu tentunya akan berpengaruh juga dari segi kualitas, keamanan, dan keindahannya.

Selain itu, efek yang ditimbulkan juga akan berbeda. Dan untuk permasalahan yang satu ini, ada baiknya jika mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter gigi yang akan menangani pemasangan behel.

Misalnya jenis behel mini yang memiliki ukuran jauh lebih kecil dari behel biasa mungkin bisa menjadi pilihan terbaik untuk beberapa orang dengan kondisi gigi tertentu. Tapi adakalanya justru tidak bagus dipasang pada kondisi gigi lainnya.

Namun yang pasti apapun jenis behel yang ingin dipasang tujuan utamanya adalah untuk memberikan tekanan secara terus-menerus sehinga secara perlahan akan menggerakkan gigi ke arah yang diinginkan.

Kemudian berkaitan dengan bahan material pembuat kawat gigi, ada yang terbuat dari bahan metal, transparan, dan clear. Untuk behel yang dari clear, bahannya bisa dari composite, porseline, dan plastik.

Meskipun demikian alangkah lebih baiknya jika mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter gigi yang sudah dipilih bekaitan dengan kelebihan dan kekurangan material-material tadi.

Pasang Behel Oleh Dokter Non Spesialis

Amankah memasang behel di dokter non spesialis? Idealnya atau alangkah lebih amannya jika behel dipasang oleh orang yang berkompeten di bidangnya. Yang dimaksud kompeten di sini bukan sekedar seorang dokter gigi.

Pemasangan behel sebaiknya dilakukan oleh dokter gigi spesialis ortodonti bukan yang lainnya. Kenapa? Sebab dokter gigi spesialis ortodonti inilah yang memang sudah mendalami ilmu yang berkaitan dengan kelainan pertumbuhan dan perkembangan gigi dan wajah.

Selain itu dokter gigi spesialis ortodonti juga dibekali dengan bagaimana cara penanggulangannya melalui upaya preventif atau pencegahan, interseptif atau pencegahan dan perbaikan, dan kuratif atau perbaikan.

Penanggulangan tersebut bisa dilakukan baik secara bedah maupun non bedah. Tujuan utamanya adalah untuk mengembalikan fungsi sistem stomatognatik dan estetika secara lebih optimal.

Berikutnya kenapa pemasangan behel harus dilakukan oleh dokter gigi spesialis ortodonti adalah karena mereka sudah memperoleh berbagai ilmu dan keterampilan yang mendukung perawatan pasien yang memasang behel.

Artinya proses perawatannya penuh dengan tanggung jawab dan dari hasil akhirnyapun akan lebih baik dalam hal perawatan selama behel terpasang pada gigi. Tidak membahayakan tubuh pasien dan hasilnya pun akan lebih maksimal pada saat kawat gigi dilepas nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *