Menu

Kenali penyebab dan gejala rubella

Leave a comment

Rubella atau biasa disebut campak jerman merupakan penyakit menular yang disebabkan virus rubella . Gejala rubella yang paling sering adalah ruam merah berbentuk bitnik bitnik . Rubella ini sering terjadi pada anak yang belum mendapatkan vaksin campak , gondok dan rubella . Namun , rubella berbeda dengan cacar air walaupun memang dua penyakit ini sama sama menyebabkan ruam merah namun perbedaanya adalah rubella disebablan virus yang berbeda dengan cacar air dan rubella tidak terlalu menular dan serius seperti cacar air .

Dilansir dari hellosehat tanda tanda dan gejala rubella atau campak jerman pada umumnya muncul 2-3 minggu setelah terpapar virus  jika anaka anak terinfeksi rubella munngkin tidak muncul gejala . gejala rubella yang sering terjadi yaitu :

  • Pada wanita usia muda biasanya terjadi sendi bengkak dan nyeri
  • Kelenjar getah bening leher dan tiba tiba belakang telinga membengkak
  • Menghilangnya nafu makan
  • Hidung tersumbat
  • Ruam kulit pada kepala menyebar ke tubuh
  • Merasakan sakit kepala serta demam ringan
  • Dan infeksi kelopak mata dan bola mata atau disebut konjungtivitas

Mungkin saja ada gejala gejala lain yang disebabkan oleh rubella selain diatas segera periksakan ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut . Penyakit rubella inin disebabkan oleh virus ruella yang iasanya virus ini ditularkan dari orang ke orang melalui kontak dengan cairan dari hidung dan tenggorokan penderita rubella . Selain penyakit ini juga menular , penyakit ini juga mudah ditularkan kepada orang lain . seseorang dapat menularkan vitus ke orang lain seminggu bahkan sbelum ruam kulit muncul hingga 1 minggu setelah ruam pun sembuh .

Bahkan waspadalah berhati hati karena seorang wanita hamil dapat menularkan rubella pada bayinya lewat aliran darah . dilansir dari hellosehat ada factor yang dapat meningkatan resiko terjankit penyakit rubella ini seperti berpergian ke negara lain atau tempat epidemic rubella , pernah menderita rubella sebelumnya dan tidak pernah mendapat vaksin gondok , cacat air dan campak . iniah yang menyebabkan resiko tinggi terkena penyakit rubella ini tetapi tidak memiliki factor factor resiko diatas bukan berarti tidak dapat terjangkit penyakit rubella ini . ana harus konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih rinsi karena tanda diatas hanya referensi saja .

Jangan khawatir ada cara dilansir dari hellosehat pengobatan rubella yang bisa dilakukan dirumah seperti :

  1. Memgonsumsi aspirin rubella jika anak kecil yang terjangkit rubella
  2. Jangan menggaruk karena dapat meninggalkan bekas . anda juga dapat menggunakan krim pengurang rasa gatal yang tersedia di apotek
  3. Bisa juga dengan menghindari kontak dengan orang lain hingga membaik dan khususnya jangan berdiri dekat atau berkontak dengan orang hamil karena bisa menular
  4. Mengonsumsi obat yang sudah diresepkan dengan dokter .
  5. Konsultasikan dengan dokter jika gejala rubella sudah mulai parah

Sedangkan selain pengobatan diatas itu . proses penyakit autoimun dan rubella dianggap berkaitan . saat terinfeksi rubella , tubuh anak anda akan secara otomatis kebal dan biasanya memiliki umun pada penyakit ini secara permanen . jika anak mulai merasa tidak nyaman maka menggunakan obat penurun panas dan antinyeri seperti paracetamol dan juga dapat bertanya pada apoteker untuk rekomendasi krim pengurang rasa gatal .

Sumbergambar : sehatq.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *