Menu

Ini 4 Tips Mudah Memilih Pipa HDPE Yang Berkualitas Bagus

Leave a comment

Dalam sistem perpipaan, menggunakan pipa dan fitting pipa berkualitas adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Terutama untuk jalur pipa air yang akan ditanam di dalam tanah, pipa yang digunakan harus yang berkualitas dengan karakter yang kuat, tangguh dan tidak mudah rusak. Dalam hal ini, penggunaan pipa air HDPE bisa menjadi pilihan yang baik mengingat kualitasnya yang bagus dan tahan lama.

Anda tentunya tidak mau jika harus terus bongkar pasang pipa, karena itulah memilih pipa yang berkualitas sangat penting untuk Anda lakukan. Nah, agar Anda tidak salah pilih pipa HDPE berkualitas, perhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Kenali Jenis Pipa

Sekarang ini ada banyak sekali jenis pipa yang bisa dipilih di pasaran, mulai dari pipa PVC, pipa PE hingga pipa HDPE dan lainnya. Setiap pipa tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda, seperti pipa HDPE rucika yang lentur tapi kuat, tidak cepat rusak ataupun berkorosi. Sehingga akan sangat cocok bila digunakan untuk saluran pipa air bersih di rumah.

  • Pahami Spesifikasi Pipa

Selain jenis pipa, pahami juga spesifikasi pipa yang dibutuhkan seperti ukuran, kekuatan hingga tekanan dan masih banyak lainnya. Sebab merk pipa yang ada di pasaran jumlahnya sampai ratusan sehingga Anda perlu mencari dan memilih satu yang paling baik diantaranya untuk digunakan.

Misalnya untuk pipa HDPE, produk yang baik dan berkualitas adalah yang tidak akan terpengaruh dengan benturan tiba-tiba dan tidak mudah pecah. Selain itu, lihat juga diameter pipa yang dibutuhkan, inchi-nya dan lain sebagainya.

  • Proses Penyambungan dan Fitting

Untuk menyambung pipa satu dengan pipa yang lainnya, maka akan dibutuhkan fitting pipa dalam proses penyambungan. Dalam hal ini ada yang memakai bahan perekat biasa atau ada juga yang menggunakan lem sejenis solvent cement dan prosedur pemanasan. Proses penyambungan yang dipilih tergantung jenis fitting dan pipa yang digunakan. Jadi sebelum membeli, perhatikan juga poin ini.

  • Kekuatan dan Ketahanan Pipa

Kedua hal ini sangat menentukan kualitas dari pipa, karena itulah ketahui pasti masalah kekuatan dan ketahanan pipa yang hendak dipilih. Apakah pipa tersebut dapat digunakan dalam waktu lama, mudah terkorosi atau tidak ketika terkena hujan, tahan lama atau tidak saat dipendam di dalam tanah dan hal-hal lainnya. Semua hal tersebut harus diperhatikan saat akan memilih pipa agar Anda tidak perlu gonta-ganti pipa air terus menerus.

Dengan memperhatikan tips di atas, diharapkan Anda bisa memilih pipa yang bagus dan berkualitas serta tepat Anda gunakan. Selain itu, jangan lupa juga perhatikan pemilihan fitting pipa untuk memastikannya sama bagusnya dengan pipa utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *